Fungsi Mikrometer Sekrup, Bagian, dan Cara Membacanya

Manfaat mikrometer sekrup sangat besar dan signifikan untuk memproduksi benda kerja, bangunan, sampai otomotif. Mikrometer sekrup yaitu alat ukur nan n kepunyaan faedah sanding sama dengan jangka sorong. Namun, jika dibandingkan dengan paser sorong, mikrometer sekrup memiliki tingkat presisi 10 mana tahu lebih tinggi.

Mikrometer sekrup bisa mengeti benda dengan ketelitian sebatas 0,01 mm. Peranti ukur ini sering digunakan untuk mengukur samudra atau tangga sebuah benda. Selain itu, mikrometer sekrup juga banyak digunakan untuk mengukur ketebalan dan diameter sebuah benda. Karena memiliki presisi tinggi, banyak orang kian memilih mikrometer sekrup ketimbang jangka dorong.

Pengertian Mikrometer Sekrup

mikrometer sekrup

Mikrometer sekrup dalam bahasa inggris disebut sebagai Micrometer Screw Gauge. Perangkat ini pertama kelihatannya ditemukan sreg abad ke-17 makanya koteng ilmuwan bernama William Gascoigne. Saat pertama kali digunakan, mikrometer sekrup digunakan bagi mengukur benda-benda di luar angkasa dari teleskop dan mengeti jarak sudut antara bintang.

Arti mikrometer sekrup selayaknya memiliki kesamaan dengan radas ukur jangka sorong. Alat ini bisa menghitung panjang, lebat, dan penampang sebuah benda kerja. Ketelitian perlengkapan ukur mikrometer sekrup 10 kelihatannya lipat lebih tinggi dari jangka dorong. Jika dibandingkan, tingkat ketelitian jangka sorong sebesar 0,1 mm, padahal mikrometer sekrup bisa hingga ke 0,01 mm.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Fungsi mikrometer sekrup yang minimal penting adalah kerjakan diameter atau ketebalan sebuah benda. Alat ini punya tingkat presisi 10x lipat semenjak jangka sorong. Makanya karena itu, mikrometer sekrup lewat akurat kerjakan menghitung benda dengan ukuran sangat kecil.

Secara umum fungsi mikrometer sekrup ada empat, yaitu:

  1. Menakar ketebalan suatu benda kerja yang suntuk tipis, sama dengan: lempeng baja, alumunium, dan plano
  2. kaliber luar satu benda yang kecil seperti benang besi, benang besi, dan lainnya
  3. Mengeti kaliber lubang benda yang berukuran kerdil
  4. kedalaman satu korok nan kecil, contohnya gua pipa.

Jenis-Jenis Mikrometer Sekrup

Berlandaskan fungsinya, mikrometer sekrup terdiri dari beberapa tipe:

Mikrometer Sekrup Manual

mikrometer sekrup manual

Ini yakni salah satu varietas mikrometer sekrup yang paling umum digunakan. Harganya pun bertambah tergapai dari jenis lainnya. Skalanya terdiri berbunga skala utama dan nonius. Sesuai dengan namanya, cara membaca pengukuran masih dilakukan secara manual semenjak nubuat pengukuran yang ditulis pada alat.

Mikrometer Sekrup Digital

mikrometer sekrup digital

Farik dari versi manual, mikrometer versi digital memiliki cucur digital. Hasil pengukuran boleh sekaligus Anda tatap di layar tanpa harus dihitung secara manual. Berpangkal harga, barangkali makin mahal dibanding versi manual. Namun varian digital memuluskan Anda menyibuk hasil pengukuran. Sehingga bisa meminimalisir risiko riuk baca ataupun salah hitung.

Mikrometer Luar

mikrometer luar

Mikrometer luar adalah varietas yang digunakan bakal mengukur diameter luar suatu benda kerja. Diversifikasi mikrometer ini belalah digunakan bagi mengeti benda sebagai halnya benang besi, sepuhan benda, atau blok-blok benda.

Mikrometer Dalam

mikrometer dalam

Ini yaitu salah satu jenis mikrometer yang biasa digunakan buat mengukur penampang suatu lubang. Mikrometer ini dapat digunakan buat mengukur sebuah garis tengah maupun diameter suatu lubang benda. Jenis mikrometer dalam pun stereotip digunakan untuk mengukur diameter kedalaman suatu hokah.

Mikrometer Kedalaman

mikrometer kedalaman

Mikrometer jenis ini paling besar perut digunakan untuk mengeti kedalaman dan keagungan dalam satu benda. Apa yang membedakan dengan mikrometer n domestik ? Perbedaannya yakni jenis ini digunakan kerjakan ukur kedalaman suatu liang. Sedangkan, mikrometer kerumahtanggaan hanya mengukur diameternya saja.

Babak-Fragmen Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup terdiri dari sejumlah putaran. Setiap babak punya fungsinya masing-masing. Segala apa semata-mata bagian dan fungsi dari setiap bagian mikrometer sekrup. Berikut penjelasannya:

bagian-bagian mikrometer sekrup

  • Frame.
    Episode ini n kepunyaan bentuk menyerupai fonem U. Frame biasanya terbuat berpangkal bulan-bulanan besi tahan sensual dan lampau lebat. Frame terbuat dari alamat tahan semok untuk meminimalisir sekuritas pemuaian tangga nan bisa menggangu proses pengukuran.
  • Anvil atau Poros Tetap.
    Inden konsisten berfungsi sebagai penahan benda. Kekuatan utama berpangkal adegan ini adalah lakukan mencegah benda bersirkulasi ataupun gelesot saat akan diukur.
  • Spindel atau Poros Gerak.
    Bagian mikrometer ini sah disebut sebagai poros gerak. Penggalan ini punya bentuk tabung dan dapat digerakkan mendatangi poros patuh. Silinder ferum ini bisa digerakan berbudaya-munder, menjauh, ataupun berorientasi paksi tegar.
  • Lock Nut.
    Babak ini berfungsi bak pengunci. Bagian ini boleh menahan poros gerak atau spindel agar tidak bergerak ketika proses pengukuran benda.
  • Sleeve.
    Episode ini berbentuk batang logam dan diletakan pada adegan skala penting pengukuran (dalam runcitruncit mm). Bagian ini berbentuk kalangan yang berfungsi bak penunjuk skala pengukuran. Intern satu biji zakar mikrometer sekrup terdapat skala ganda, yaitu nisbah terdahulu (main scale) dan perbandingan nonius (skala putar).
  • Thimble.
    Merupakan fragmen mikrometer sekrup yang berbentuk batang ferum dan dapat diputar. Ukurannya kian samudra dari sleeve dan jadi tempat diletakannya skala nonius. Bagian ini bisa digerakkan dengan tangan pengguna mikrometer.
  • Ratchet.
    Ialah babak mikrometer sekrup yang berfungsi menggerakan bagian poros gerak. Bagian ini dapat melantangkan inden gerak jika sudah mengaras benda dengan mandu diputar satu bahasa jarum jam sampai terdengar bunyi ketukan ferum (tik). Cak bagi memastikan ujung paksi gerak menempel eksemplar di benda, Ia boleh miring sebanyak 2 setakat 3 bisa jadi.

Kaidah Mendaras Hasil Mikrometer Sekrup

Bagi membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup, ada dua bagian nan perlu diperhatikan, yaitu: skala terdahulu dan skala nonius. Hasil pada proporsi utama bisa dilihat di Sleeve. Sedangkan, skala nonius boleh dilihat pada Thimble. Lakukan bertambah jelasnya, berikut cara membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup:

Hasil ukur Mikrometer sekrup

  • Perhatikan letak garis skala di babak atas sleeve, yaitu
    5 mm
  • Lihat garis neraca di bagian bawah, yaitu:
    0,5 mm
  • Lalu lihat ponten di skala nonius di bagian Thumble yaitu 28 mm
  • Kalikan nilai pada nonius dengan pendirian 28 x 0,01 mm =
    0,28 mm
  • Jumlahkan hasil ketiga pengukuran, tersebut: 5 mm + 0,5 mm + 0,28 mm =
    5,78 mm.

Hasil akhir bersumber pengukuran yang didapat merupakan
5,78 mm.

Itulah denotasi serta kebaikan mikrometer sekrup lakukan kontributif kegiatan Kamu. Kurnia alat ini tentu lewat banyak. Beliau pula bisa membeli jenis mikrometer sekrup yang sesuai dengan kebutuhan. Beli mikrometer sekrup murah dan berkualitas di Bhinneka.