Cukup Sekian Dan Terima Kasih: Mengucapkan Selamat Tinggal Pada Tahun 2023

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang “Cukup Sekian dan Terima Kasih”

Tahun 2023 sudah berjalan selama 12 bulan dan kini tiba saatnya kita mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang telah berlalu. Di dalam bahasa Indonesia, terdapat sebuah ungkapan yang biasa diucapkan sebagai penutup sebuah acara, yaitu “cukup sekian dan terima kasih”. Ungkapan ini mengandung makna bahwa acara telah selesai dan penutupannya telah dilakukan dengan tuntas. Namun, di balik ungkapan ini, terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah 5 hal tersebut:

1. Ungkapan “Cukup Sekian dan Terima Kasih” Bukanlah Ungkapan yang Asing

Ungkapan ini mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi sebenarnya sangat akrab di telinga kita. Ungkapan ini sering digunakan sebagai penutup dalam berbagai acara, seperti seminar, konferensi, dan pertemuan bisnis. Selain itu, ungkapan ini juga sering diucapkan oleh penyiar televisi ketika sebuah acara telah berakhir.

2. Ungkapan Ini Mengandung Makna yang Dalam

Ungkapan “cukup sekian dan terima kasih” sebenarnya mengandung makna yang cukup dalam. Ungkapan ini bukan hanya sekadar ucapan penutup, tetapi juga menjadi simbol bahwa sebuah acara telah selesai dengan baik dan tuntas. Dalam konteks ini, ungkapan ini juga menjadi simbol bahwa kita harus selalu menghargai waktu dan usaha yang telah dihabiskan untuk menyelesaikan sebuah acara.

3. Ungkapan Ini Bisa Jadi Jalan Keluar dalam Situasi Sulit

Terkadang, kita menghadapi situasi yang sulit dan tidak tahu harus berkata apa. Dalam situasi seperti ini, ungkapan “cukup sekian dan terima kasih” bisa menjadi jalan keluar yang tepat. Ungkapan ini menunjukkan bahwa kita telah melakukan yang terbaik dan tuntas, tanpa harus memperpanjang perdebatan atau situasi yang sulit.

4. Ungkapan Ini Mengajarkan Kita untuk Selalu Menghargai Orang Lain

Ungkapan “cukup sekian dan terima kasih” juga mengajarkan kita untuk selalu menghargai orang lain. Dalam sebuah acara, kita tidak hanya bekerja sendiri, tetapi juga bekerja sama dengan orang lain. Oleh karena itu, ungkapan ini menunjukkan bahwa kita tidak hanya menghargai usaha yang telah kita lakukan, tetapi juga usaha orang lain yang telah bekerja sama dengan kita.

5. Ungkapan Ini Menjadi Simbol untuk Mengakhiri Tahun dengan Baik

Di akhir tahun, kita sering merenungkan segala hal yang telah terjadi selama setahun penuh. Dalam konteks ini, ungkapan “cukup sekian dan terima kasih” bisa menjadi simbol untuk mengakhiri tahun dengan baik. Dengan mengucapkan ungkapan ini, kita menunjukkan bahwa tahun yang telah berlalu telah selesai dengan tuntas dan kita siap untuk menyambut tahun yang baru dengan semangat yang baru pula.

8 Tips untuk Mengucapkan “Cukup Sekian dan Terima Kasih” dengan Baik

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang ungkapan “cukup sekian dan terima kasih”, maka berikut adalah 8 tips untuk mengucapkannya dengan baik:

1. Siapkan Kata-kata yang Tepat

Siapkan kata-kata yang tepat sebelum mengucapkannya. Hal ini akan membantu kamu menghindari pengulangan kata-kata yang tidak perlu dan membuat kata-kata yang kamu ucapkan menjadi lebih jelas dan terstruktur.

2. Ucapkan dengan Nada yang Tepat

Ungkapan “cukup sekian dan terima kasih” harus diucapkan dengan nada yang tepat. Pastikan kamu mengucapkannya dengan nada yang sopan dan terkontrol, tanpa terlalu terburu-buru atau terlalu lambat.

3. Ucapkan dengan Sikap yang Santun

Ungkapan ini juga harus diucapkan dengan sikap yang santun. Pastikan kamu mengucapkannya dengan sikap yang sopan dan berterima kasih, tanpa terkesan acuh tak acuh atau tidak peduli.

4. Sampaikan dengan Tepat

Ungkapan ini harus disampaikan dengan tepat dan jelas. Pastikan kamu tidak salah dalam menyampaikan kata-kata atau makna dari ungkapan ini.

5. Gunakan Bahasa yang Sesuai

Gunakan bahasa yang sesuai dengan konteks acara atau situasi yang sedang dihadapi. Pastikan kamu tidak menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai.

6. Ucapkan dengan Senyum

Ungkapan ini juga harus diucapkan dengan senyum. Pastikan kamu mengucapkannya dengan senyum yang sopan dan ramah, tanpa terkesan terlalu serius atau terlalu santai.

7. Ucapkan dengan Bahasa Tubuh yang Tepat

Ungkapan ini juga bisa disertai dengan bahasa tubuh yang tepat. Pastikan kamu mengucapkannya dengan gerakan yang sopan dan terkontrol, tanpa terlalu banyak gerakan yang tidak perlu.

8. Ucapkan dengan Hati yang Tulus

Ungkapan ini harus diucapkan dengan hati yang tulus. Pastikan kamu mengucapkannya dengan hati yang berterima kasih dan menghargai usaha yang telah dilakukan oleh orang lain.

10 Cara Mengucapkan “Cukup Sekian dan Terima Kasih” dalam Bahasa yang Berbeda

Ungkapan “cukup sekian dan terima kasih” tidak hanya digunakan dalam bahasa Indonesia, tetapi juga dalam bahasa-bahasa lain. Berikut adalah 10 cara mengucapkannya dalam bahasa yang berbeda:

1. Enough Said and Thank You (Bahasa Inggris)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Inggris sebagai “enough said and thank you”.

2. Assez Dit et Merci (Bahasa Prancis)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Prancis sebagai “assez dit et merci”.

3. Genug Gesagt und Danke (Bahasa Jerman)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Jerman sebagai “genug gesagt und danke”.

4. Abbastanza Detto e Grazie (Bahasa Italia)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Italia sebagai “abbastanza detto e grazie”.

5. Достаточно Сказано и Спасибо (Bahasa Rusia)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Rusia sebagai “достаточно сказано и спасибо”.

6. 已足够,感谢 (Bahasa Mandarin)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Mandarin sebagai “已足够,感谢” (yǐ zúgòu, gǎnxiè).

7. 충분히 이야기하고 감사합니다 (Bahasa Korea)

Ungkapan ini bisa diucapkan dalam bahasa Korea sebagai “충분히 이야기하고 감사합니다” (chungbunhi iyagi-hago gamsahabnida).

8. 言い尽くしたら、ありがとう (Bahasa Jepang)

Ungkapan ini bisa