Diameter Piston Scorpio Oversize 150

Bore Up Yamaha Scorpio, Alternatif Pilihan Piston

Yudi




Paket piston Yamaha YZ250F sekitar Rp 1,8 jutaan

Meski
kapasitas silinder Yamaha Scorpio sudah 225cc, belaka masih banyak yang kurang sreg dengan performa yang ada. Pengin dongkel power agar lebih berdaya.

Paling gampang memang bore up. Tapi, terlalu jauh melangkah. Tahap awal, bisa ditempuh dengan pendirian menaikkan nisbah pemadatan.

Supaya bukan merusak onderdil standar, bisa permohonan piston variasi yang disodorkan FIM (Federal Izumi Manufacturing).

Kepala piston makin jantuk. “Sehingga neraca pemadatan bisa naik. Mencecah 11 : 1,” jelas Junus Budi dari Product Development FIM. N domestik aplikasinya tak repot main korter. Cukup pindahkan gelang-gelang piston standar. Jadi, biayanya cuma beli piston.

Namun karena sudah punya rasio kompresi segara, harus diimbangi pemakaian bahan bakar berkualitas. Wajib pakai bensin beroktan tinggi. Minimal Pertamax atau Pertamax Plus.

Jikalau piutang bumbung cak hendak lebih naik, bisa aplikasi oversize 100 maupun kaliber piston 71mm tiruan FIM. Kapasitas silinder bisa sampai ke 230cc. “Dapat tebus di speedshop terdekat,” ujar Verry Jarwo, mekanik Corner Pencetus di Jl. Bangka 2F, No. 13, Mampang, Jakarta Selatan.

Beda juga seandainya cak hendak naik jadi 300cc. Kapasitas harus didongkrak sekitar 75cc lagi. Sebagaimana yang kawin dilakukan Ari Supriyanto, mekanik Cak membela Technics.

“Lain sampai memarginalkan empat baut torak. Belaka tegar harus tukar boring,” jelas pebengkel di Jl. Kasatriyan No. 22, Mabad, Rempoa, Ciputat, Tangerang itu.

Menurut Ari, eskalasi produktivitas jadi 275cc. Namun boring pasang dari kepunyaan mesin kapal. Baru kemudian dipadu dengan piston Yamaha YZ250F yang berdiameter 77,5mm.

“Boring atau liner mesin kapal selain material bertambah kuat, kembali tahan temperatur hierarki. Tahu sendiri saat ini teko ki alat geseknya makin besar. Sudah serupa itu pemrakarsa juga harus tahan lama jika dipakai. Jadi, bukan gampang aus, tergores apalagi menciut akibat overheat,” lanjutnya.

Enaknya lagi, pengarah piston YZ250F rata, membuat proporsi kompresi rendah. Hanya sekadar detik akan dipasang ke setang piston standar, arah kanan-kidal pinggul piston harus dilebarkan lagi. Sekitar 2mm karena setang piston Scorpio lebih bogok.

Bore Up Yamaha Scorpio, Alternatif Pilihan Piston

Yudi

Bore Up Yamaha Scorpio, Alternatif Pilihan Piston


Tidak ada penyesuain di bumbung jika tidak ada persilihan stroke(kidal). Bisa jugapakai piston LHK diameter 71 s/d 74 mm(kanan).

Dulu piston seharga Rp 1,8 juta satu set berikut ring ini bisa dengan mudah timbrung ke silinder blok tanpa gangguan di kruk as atau ketua silinder. Sekali lagi seperti itu Kandang kuda bersedia dan menerima kalau ubahannya tetap dilakukan perbaikan di bebarapa bagian.

Seperti kepala silinder yang kaliber kubahnya kudu disesuaikan diameter piston. Lalu atur ulang kompresi lewat penambahan ketebalan paking atas dan memapas daging kubah sepatutnya mudah didapat perbandingannya.

“Babak kepala piston asli YZF250 yang ada 4 lubang injap dicustom cak bagi menghindari angkup-angkup entok detik naik-turun atau overlap. Pasti dibikin coakan baru itu mengajuk acuan klep di bos silinder Scorpio nan hanya 2 batang,” imbuh Hipodrom yang mematok harga bore up untuk Scorpio minimal abis Rp 2,5 miliun.

Sedang pada bagian tabung blok, sekadar mengikuti rencana sediakala. Karena tidak ada peralihan pada ancang atau stroke. Namun karena sudah bore up, tetap harus diimbangi penggantian knalpot dengan macam racing. Supaya power dapat disalurkan pola.

Source: https://otomotifnet.gridoto.com/read/231117100/bore-up-yamaha-scorpio-alternatif-pilihan-piston

Posted by: caribes.net