Dian Djuriah Maimun Al Rasyid

Laki Istri ini Membangun Masjid Kubah Emas Seluas 8 Ribu Meter Masing-masing Segi

Editor : S. Dian Andryanto

Masjid kubah kencana dibangun oleh Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais, pengusaha asal Banten. Pembangunan masjid yang dikenal karena adegan kubahnya dilapisi emas 22 karat ini dimulai pada 2001 dan selesai pengunci 2006. Galangan. TEMPO/ Ramdani

TEMPO.CO,

Jakarta
– Indonesia memiliki berbagai masjid yang punya keunikan tiba dari sejarah, bagian dalam, hingga arsitektur masjid nan menarik. Keseleo satu surau yang memiliki keunikan tersebut merupakan Masjid Dian Al Mahri alias Sajadah Kubah Emas.

Bandarsah Kubah Emas nan berlokasi di Depok, Jawa Barat ini sekali lagi disebut-tutur sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun puas 2001 dan didirikan oleh pasangan suami ampean yakni Maimun Al Rasyid dan Lentera Djuriah Rais. Langgar Kubah Kencana memiliki luas 8.000 meter persegi, diangun di atas lahan seluas 70 hektare.

Pembangunan masjid ini dilatarbelakangi saat Maimun Al Rasyid dan Dian Al Mahri membeli suatu tanah di Kecamatan Limo, Depok pada 1996 sangat. Pembangunan masjid ini juga dilakukan secara kesertamertaan. Menurut Dian, publik akan membutuhkan masjid ketika semenjana liburan atau sekadar berjalan-jalan.

Masjid ini memiliki 5 kubah utama dan pun 4 kubah kecil nan berada dekat kubah utama. Bandarsah yang letaknya di Jalan Raya Maruyung ini juga memiliki kubah yang dilapisi emas setebal 2 setakat 3 milimeter. Konstruksi musala ini terinspirasi bersumber masjid-musala khas Persia dan kembali Taj Mahl di India.

Untuk interior zawiat sewaktu didesain oleh Dian Al Mahri. Lentera terinspirasi dengan masjid yang terdapat di jazirah Arab, keadaan ini pula nan menjadi rujukannya bikin mempercantik interior zawiat. Arsitektur masjid di Timur Tengah mempunyai ciri khas seperti, kubah, minaret, halaman depan, serta menggunakan hiasan dekoratif berbentuk geometris.

Masjid ini selesai dibangun dan diresmikan pada 31 Desembaer 2006, nan bertepatan plong peringatan Hari Raya Idul Adha. Maka dari itu karena itu, penggunaan langgar ini secara masal dilakukan untuk melaksanakan salat Idul Adha.

Pemilihan 5 kubah masjid lagi memiliki makna yang mengacu pada berdamai Islam. Selain itu, masjid ini juga memiliki 6 pilar di dalamnya. Keenam pilar tersebut melambangkan rukun iman yang wajib dipercaya dan diimani makanya umat Islam. Bandarsah Kubah Kencana ini mampu memukul setakat 20.000 jemaah.

GERIN RIO PRANATA

Baca: Nikmatnya Ibadah di Langgar Kubah Emas





KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Source: https://ramadan.tempo.co/read/1461098/suami-istri-ini-membangun-masjid-kubah-emas-seluas-8-ribu-meter-per-segi

Posted by: caribes.net