Doa Untuk Anak Bahasa Sunda

Moms, hampir setiap suku ataupun wilayah di Indonesia mempunyai perkenalan awal-pembukaan bijak dengan bineka bahasa, salah satunya Sunda. Meskipun terdengar asing dengan kata-kata bijak Sunda, tetapi tak cak semau salahnya untuk mengetahuinya.

Sunda sendiri dikenal dengan bahasa dan logat bicara yang khas, yaitu dengan nada bergelombang.

Sebagian bani adam Sunda juga dikenal melafalkan fonem F menjadi P. Menurut penjelasan ilmiah, hal ini karena aksara F memang tidak dikenal internal leter Sunda (Kaganga) pada zaman dahulu.

Bercakap kata-kata bijak Sunda, banyak hal yang boleh Moms pelajari di dalamnya. Sebab, kata-kata bijak Sunda memiliki makna sungguh-sungguh tentang kehidupan.

Hal ini sangat cocok buat Moms yang menengah merasa capek, letih, dan terbang arwah.

Kata-kata bijak Sunda ini sekali lagi bisa Moms kirimkan kepada rival, tanggungan, atau teman sebagai penyemangat.

Cukuplah, mari kita simak kata-kata bijak Sunda di asal ini.

Baca Kembali:
Lirik dan Makna Lagu Satu Nusa Satu Nasion, Lengkap dengan Chord dan Sejarahnya!

Kata-Kata Bijak Sunda Bergairah

Wanita sedang Piknik

Foto: Wanita sedang Melancong (inspiringtips.com)

Heterogen prolog-alas kata bijak banyak dicari maka itu masyarakat, salah satunya bahasa Sunda.

Kata-pembukaan bijak Sunda juga tidak kalah menjujut dan memiliki makna yang mendalam.

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak Sunda serta artinya yang bisa Moms renungkan ataupun bingkis ke seseorang sebagai penyemangat.

1. “Saban ki aib anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha langgeng salira tiasa nahana.” (Setiap masalah nan cak bertengger kini, lain untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya).

2. “Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh.” (Hidup ini antara bahagia dan sedih, sekiranya tidak bahagia ya sedih.)

3. “Sacangreud pageuh sagolek pangkek.” (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan tunak)

4. “Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku kampanye mah sarua jeung ngabodor.” (Punya keinginan tapi serentak tidak disertai dengan usaha sama semata-mata dengan bercanda)

5. “Polah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sendirian nanging anggéur katémbong masihan cahyana.” (Jangan merasa terharu karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri hanya konsisten memberi cahayanya)

6. “Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira.” (Sebelum menjatah nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

7. “Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit.” (Hidup itu jangan banyak tren tapi harus banyak duit)

8. “Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga perona mata samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu kuat.”
(Nafsu yakni suatu hal yang bersifat sementara yang lebih habis disukai tinimbang hal-hal yang lestari)

9. “Bobot pangayun timbang taraju.” (Apa yang akan kita bakal harus dipertimbangkan justru suntuk)

10. “Kudu silih asih, ubah kilir, jeung silih asuh.” (Kita harus saling mengasihi, menggerinda, dan lagi saling mengasuh antarsesama manusia)

11. “Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna.” (Tuhan akan memberikan jalan bakal orang yang mau mengikuti jalan-Nya)

12. “Kalakuan ngukur rok sasereg awak.” (Jangan sahaja mengaram seseorang semenjak luarnya namun)

13. “Sagala problem nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana.” (Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah cak bagi menjatuhkan kalian, melainkan bakal menguji seberapa awet seberapa abadi kalian bisa menahannya)

14. “Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman fulanah bade ku ebi tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang.” (Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejemang orang-manusia nan tidak mempunyai makanan terkadang)

Baca Kembali:
15 Pohon Obat kerjakan Kesehatan, Terserah Kunyit, Halia, Serai, Sirih, Kayu Manis, dan Masih Banyak Lagi

15. “Entong sakali-kali nyerah sungguhpun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!” (Jangan kadang-kadang tungkul, seandainya kalian merasa masih sanggup)

16. “Gusti moal sare.” (Allah tidak susunan tidur)

17. “Upami anjeun henteu tiasa ngalakukeun keadaan-hal hébat, ngalakukeun hal-hal leutik ku prinsip si polan saé” (Jika dia tak dapat melakukan situasi-peristiwa hebat, bakal hal-peristiwa boncel dengan cara yang hebat)

18. “Dinten ieu mangrupikeun kasempetan pikeun ngawangun énjing anu anjeun pikahoyong” (Hari ini adalah kesempatanmu cak bagi membangun hari akan datang nan engkau inginkan)

19. “Entong kaduhung naon anu ngajantenkeun anjeun seuri” ( Jangan pernah meratapi nan membuatmu mesem)

20. “Sadayana gaduh kaendahan, tapi teu sadaya jelema tiasa ningali” ( Segala sesuatu mempunyai keayuan, tetapi tidak semua individu bisa melihat)

21. “Cai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok.” (Harus punya tekad dan spirit nan pantang mundur)

22. “Sacangreud pageuh sagolek pangkek.” (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten)

23. “Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih.” (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut)

24. “Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh.” (Kemusykilan adalah rahasia kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita guna-guna)

25. “Sanajan teu lumpat, tapi kelakuan cicing.” (Biarpun tak berlari, tapi janganlah diam)

26. “Boleh teh karena konvensional, urang moal bisa ngangeuskeun komplikasi lamun teu seremonial keuna masalah.” (Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau lain stereotip kena masalah)

Baca Juga:
Mengulik Kegantengan Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Mitosnya

Kata-Kata Bijak Sunda Gecul

Perempuan Main Handphone

Foto: Perempuan Main Handphone (thesun.ie)

Berikut ini kata-kata bijak Sunda mengelakkan yang cocok dikirimkan teman cak bagi menggarangkan sekaligus menyabarkan.

27. “Tetep seuri sanajan hate nalangsa ialah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.” (Tetap mesem biarpun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang nan hebat, kuat dan banyak jerawat.)

28. “Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean.” (Seberat apapun pencahanan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.)

29. “Nu ngarana seruput mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.” (Yang namanya roh mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.)

30. “Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh mie walah.” (Sobat bangun semangat itu enggak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie aja.)

31. “Walaupun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar.” (Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti bilah.)

32. “Ulah patah roh operasi teh, inget cicileun masih panyang.” (Jangan terpenggal nasib terus berusaha, inget cicilan masih panjang.)

33. “Sakabeh pengembaraan nu teu di hareupkeun pasti untuk sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.” (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu lagi jikalau lagi mendapat habuan.)

34. “Maneh mah sedih mun maca buku novel tragedi, kuring mah sedih mun maca buku tabungan.” (Kamu tuh sedih layak baca buku novel tragedi, jikalau aku sedih pas baca ki akal tabungan aku.)

35. “Ceuk Umi kudu loba sabar, polah loba salto.” Kata Niraksara harus banyak kepala dingin, jangan banyak salto.

36. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.” (Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol.)

37. “Panjang usus bro, rejeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah sok nyalip dina kenca” (Sabar bro, rejeki itu selalu ngikutin. Semata-mata kadang kesusahan doyan nyalip semenjak jihat kiri.)

Baca Kembali:
Pesona Pantai Pandawa, Destinasi Wisata Favorit Study Tour Sekolah dan Kampus

38. “Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas” (Aku jomblo bukan karena nggak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang memadai.)

39. “Kelakuan waka sombong biarpun acan bisa balap inisiator bari dikonci satang mah.” (Jangan sombong sekiranya belum dapat balap pengambil inisiatif bertepatan dikunci stang )

40. “Wanita bertambah mengidas lelaki goreng patut ketimbang lelaki rendang milik.” (Wanita lebih memintal pria dengan cahaya muka jelek daripada lelaki dengan rezeki nan jelek)

41. “Urang panjang hati kusabab boga hate. Coba lamun benur boga batu. Geus dibalangkeun batuna bunga tasbih beungeut sia” (Aku sabar karena memiliki hati. Coba kalau aku punya bisikan. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

42. “Hese hipodrom bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro” (Jarang kalo demen sejajar hamba allah yang tidak demen kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.)

43. “Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir.” (Terus aku harus gini, terus aku harus gitu, terus-terus emangnya aku ini tukang parkir.)

44. “Mulai sekaran, abdi cak hendak nambulan semen biar strong.” (Menginjak sekarang aku kepingin ngemil semen biar kuat.)

45. “Hese mah ngarai kabawa hees.” (Susah itu jangan dibawa tidur.)

46. “Tong nanya iraha kawin, engkeh gek apal lamun abdi ngulem.” (Jangan soal kapan kawin, nanti juga tahu sekiranya saya undang.)

47. “Masalah mah lembah diperpanjang, da lain STNK.” ( Penyakit itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK. )

48. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.” (Aku mah orangnya pendiem, kalau pun sendiri juga elusif ngobrol.)

49. “Tetap menawan senajan kayu besi kaditu, ulin kadieu minus pasangan.” (Taat menawan meskipun main kesana, main kesini tanpa pasangan.)

50. “Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujudmuringkel jiga bulu kelek.” (Hidup ini simpel, jangan dibikin jarang dan keriting berada bulu ketek.)

51. “Udang bageur ayeuna mah runyam siga gas 3 Kg.” (Sosok baik sekarang langka, seperti mana asap LPG 3 Kg.)

52. “Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bagi sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.” (Semua perjalanan yang enggak diharapkan pasti bakal luhur plong waktunya. Itu lagi kalau lagi beruntung.)

Baca Lagi:
Hari Kutuk Pemuda: Sejarah, Tema, Pedoman Pelaksanaan Peringatan dan Mandu Memaknainya

Kata-Kata Bijak Sunda Cinta

Perempuan Balas Chat

Foto: Dayang Balas Chat (videohive.net)

Nah, kata-perkenalan awal bijak Sunda cinta ini sekata untuk dikirimkan kepada pasangan.

Dijamin sangkut-paut Moms dengan teman semakin dekat. Yuk simak.

53. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho” (Kenangan indah saat bersama denganmu akan terus diingat-siuman hingga lupa)

54. “Sesekali pami cinta geus tertuju, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat” (Terkadang kalau cinta mutakadim melekat, tai meong lagi terasa nikmat ibarat coklat.)

55. “Tahang sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.” (Jangan demen permainin hati aku dong, hati aku teko enggak mainan.)

56. “Hatiku bukanlah sangu sesa nan bisa kau remehkan.” (Hatiku bukanlah nasi sempelah yang bisa kau remehkan.)

57. “Sering nu tulus steril liribarat kaen makao nu anyar dikeueuman tujuh poe sapta peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu utama bersih tur enak ka tempona.” (Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang utama bersih dan enak dipandang.)

58. “Urang tanpamu perumpamaan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr.” (Aku tanpamu, bagaikan nasi kunyit hilang karetnya, ambyarrr.)

59. “Cinta neng ka aa moal leungit-leungit sanajan neng geus kawin deui.” (Sayang neng selaras abang tidak akan hilang walau neng sudah kawin pun.)

60. “Kenangan endah keur babarengan jeung anjeun ek tuluy diinget-inget nepi ka poho.” (Kenangan sani detik bersama denganmu akan terus diingat-pulang ingatan hingga tengung-tenging.)

61. “Mun boga kabogoh babari ambek, tangkeup tuluy ceulina harewosan: Kandang kuda sia turunan Angry Birds.” (Kalau memiliki pacar yang cepet murka, dekap terus bisikin ke kupingnya: Kamu itu keturunan Angry Birds.)

62. “Nyaahna aa ka neg teh jiga pandai bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil).” (Cintaku seimbang kamu bak juru bank yang kembali nagih utang (ngikutin terus). )

Baca Juga:
10 Dampak Aborsi, Mulai bersumber Nyeri Panggul, Infeksi sampai Reaksi Sentimental

Introduksi-Prolog Bijak Sunda Lemes

Perempuan sedang Tertawa

Foto: Perempuan sedang Tertawa (Orami Photo Stock)

Kata-kata bijak Sunda lemes ini akan membuat Moms maupun siapapun yang membacanya tertawa. Ayo kita simak.

63. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya hanya sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.” (Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja cak agar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.)

64. “Hirup mah kelakuan rangah loba kahayang lur, komo deui meskipun masih menta kakolot mah.” (Nasib itu jangan banyak inginnya, lebih-lebih masih minta setimbang orangtua.)

65. “Comar sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.” (Kerap kamu itu palsu, minimum bagus pun KW super tidak cak semau yang bener-bener asli.)

66. “Kuring jomblo tak pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.” (Aku jomblo lain karena nggak laku, tapi pun golput. Soalnya belum terserah pilihan yang pas.)

67. “Sanajan udang jalma teu boga, tapi benur persuasi. Ketimbang maneh jalma boga tapi menta ka bapa.” ( Kendatipun aku orang nggak mempunyai, tapi aku usaha. Tinimbang dia hamba allah kaya, tapi minta sebanding kiai.)

68. “Polah berlagak ngomongkeun lamun teu dapat nyieun nu leuwih alus mah.” (Jangan lebar mulut sekiranya tidak boleh membuat yang lebih bagus.)

69. “Tentu peurih sih kendatipun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan cak seorang diri.” ( Pasti perih jika diputusin pelahap. Terlebih kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

70. “Suatu momen akan kau sadari bahwa aing adalah berlian nan kau piceun.” ( Suatu saat akan kau sadari bahwa gue yakni permata yang kau buang.)

71. “Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun udang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia.” ( Aku kepala dingin karena n kepunyaan hati. Coba kalau aku punya bujukan. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

72. “Mending lila ngajomblo tuluy kawing. Daripada lila bobogahan, tapi dikawin batur” ( Lebih baik menjomblo terus relasi. Daripada lama pacaran, tapi dinikahin cucu adam tak.)

73. “Semoga engkau cepet patah selaras kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu.” ( Semoga kamu cepet putus sama pacar ia yang mukanya belepotan fertil kantong kresek cak bagi tahu isi yang tersobek-sobek itu.)

Baca Juga:
Mengenal 9 Wali Songo, Para Tokoh Penyiaran Tajali Selam di Pulau Jawa

Kata-pembukaan Bijak Sunda Kahuripan yang Munjung Cemeti

Bahagia

Foto: Bahagia

Kata-kata bijak Sunda kahuripan ini bisa menjadi pembangkit semangat bagi boleh jadi cuma yang sedang dilanda gundah gulana. Kahuripan nan berarti spirit.

Tak hanya boleh dijadikan sebagai motivasi diri sendiri, saja kata-perkenalan awal bijak Sunda kahuripan ini juga bisa dibagikan ke media sosial kerjakan penyemangat banyak orang lho.

Berikut kata-kata bijak Sunda kahuripan:

74. “Jagaan rasa demap nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah bisa nyaho iraha eren na.” (Jagalah majuh nan kamu miliki. Sebab cinta itu sama dengan jantung, beliau enggak akan pernah senggang bilamana berhenti berdenyut.)

75. “Aya kahayang bari henteu jeung dibarengan ku gerakan mah sarua jeungg ngabodor.” (Seandainya ada kemauan tapi tak dibarengi manuver itu sama aja ngelawak.)

76. “Kagagalan tina hiji perantaraan majuh nyaeta hal anu biasa. Wanci ebi bisa bangkit tina kagagalan, eta tandana udang rebon bisa makara jalma anu luar biasa.” (Kegagalan n domestik perantaraan cinta adalah hal yang sangat publik. Kita bisa bangkit berasal kegagalan, yang berguna kita boleh menjadi cucu adam nan luar protokoler.)

77. “Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa.” (Sekali kamu katakan lain bisa. Maka di sana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa.)

78. “Misalkeuna aya jalmi si dia nyengseurikeun udang, perbuatan bae ngarasa ngarasula, Sabab nu diluhur mah bakalan térus masihan jalan pikeun urang” (Misalkan ada seseorang nan menertawakan kita, jangan sebatas merasa terganggu dan jadi masalah, sebab Allah tentu memberikan perkembangan bagi kita semua.)

79. “Lamun anjen mikahayang hiji perkawis nu henteu acan kantos anjen mipiboga, mangka anjen keudah lakukeun hiji perkawis, nu heunteu acan kantos anjen pigawean.” (Bila kamu merindukan suatu yang belum pernah sira miliki, maka kamu mesti untuk satu hal yang belum pernah beliau untuk.)

80. “Jadikeun kahirupan di dalam dunia produktif-rani keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan.” (Jadikanlah roh di dunia seperti pengembaraan atau begitu juga melintasi suatu jalan.)

Baca Pun:
4 Aturan Wajib Bagi Rasul Beserta Artinya yang Harus Diyakini dan Diteladani, Masya Allah!

Nah, itu dia Moms kata-kata bijak Sunda mulai berasal bernafsu, lucu, cangap, sampai lemes.

Hendaknya alas kata-perkenalan awal bijak Sunda di atas membantu pulihkan spirit Moms, ya!

Source: https://www.orami.co.id/magazine/kata-kata-bijak-sunda

Posted by: caribes.net