Flora Di Daerah Paparan Sahul

Paparan Sahul

Paparan Sahul adalah bagian dari lempeng paparan benua kontinen Sahul (benua Australia — Papua) yang terwalak di absolusi pantai utara Australia dan raksasa selatan pulau Papua.

Paparan Sahul membentang berusul Australia lor, membentangi Laut Timor menyambung ke Timur di laut Arafura yang mengikat dengan Pulau Papua. Kepulauan Aru menonjol di atas paparan Sahul. Paparan Sahul juga mencangam Paparan Rowley yang terletak di sisi Samudra Hindia di Barat Laut Australia membentang hingga semenanjung di barat laut Australia.
Saat permukan air laut turun pada zaman esPleistosen, termasuk zaman es maksimum bontot, sekitar 18.000 tahun yang terlampau, Cerminan Sahul adalah dataran terbuka di atas latar laut. Bukti tepi pantai plong masa ini ditandai dengan lokasi yang kini terletak pada kedalaman antara 100 sebatas 140 meter di bawah rataan laut.
Paparan Sahul lagi disebut Gambaran Arafura, takhlik jambatan daratan antara Australia dengan pulau Papua, serta Kepulauan Aru. Kawasan ini ialah habitat penyebaran marsupial (sato mamalia berkantung), burung darat yang tak bisa hilang akal seperti emu dan kasuari, serta iwak air batil yang sama jenisnya. Garis Lydekker adalah garis biogeografi yang ditarik di selokan perbatasan Gambaran Sahul dimana dasar laut merosot curam di negeri biogeografi Wallacea. Wallacea terwalak antara kisi yang terbentuk antara Paparan Sahul dengan Gambaran Sunda, babak berpunca paparan benua Asia Tenggara.
Flora Cerminan Sahul (AUSTRALIS)


Ciri-ciri flora Paparan Sahul ialah:

  • Didominansi vegetasi hutan hujan tropis
  • Punya berbagai jenis tanaman kayu nan berharga
  • Belalah mentah setiap tahun
  • Bersifat bermacam-macam
  • Daerah persebarannya menutupi Pulau Papua dan Pulau-Pulau katai disekitarnya

Dunia tumbuhan Australis terdiri dari berbagai macam jenis kayu seperti kayu besi, cemara, kanari hitam, merbau darat, dan merbau pantai.Keberagaman Pometia Pinnanta (matoa) nan punya variabilitas genetika yang tinggi seperti tumbuhan sagu, nipah dan pangan manggrive di area pantai.

Fauna Gambaran Sahul (AUSTRALIS)

Antara Binatang daerah Indonesia bagian timur dan Fauna daerah Indonesia episode Tengah dibatasi maka itu garis Weber. Fauna di daerah Indoneisa bagian timur tergolong jenis satwa Australian.
Variasi Binatang yang tercatat fauna spesies timur ( Tikus berkantung, burung cendrawasih, butuh kasuari, burung kakatua, kangguru pohon)
Wilayah fauna Indonesia timur disebut juga wilayah fauna dangkalan Sahul. Jenis-varietas satwa yang terdapat di wilayah ini bertipe Australis, maksudnya jenis fauna yang sukma mirip dengan fauna-sato di Australia.
Kewedanan fauna Indonesia Timur berbatasan dengan Daerah Sato Indonesia Tengah dan dibatasi oleh garis khayal yaitu Garis Webber, dan termasuk privat kerumunan sato dunia zona Australis.
Ciri-ciri Fauna Australiatis:

  • Binatang menyusui berukuran kecil
  • Banyak hewan berkantung
  • Bukan terdapat spesies kera
  • Spesies-jenis kalam memiliki dandan yang berbagai rupa

Sumber;

  • id.wikipedia.org



  • yogimahhendra.blogspot.co.id

Bhre Polo

Bhre Polo

Source: http://forestid.blogspot.com/2015/12/paparan-sahul.html

Posted by: caribes.net