Fungsi Brush Pada Motor Starter

Carbon brush ialah salah satu komponen utama di dalam motor starter. Carbon brush terbuat berpokok bahan campuran antara tembaga lunak dengan carbon, terdiri dari bubuk carbon dengan atak campuran tertentu nan dipadatkan menggunakan tekanan hierarki ibarat pembentukan mulanya, dan kemudian diproses dengan master pangkat sekitar 1200 derajat celcius.

Fungsi carbon brush adalah untuk melanjutkan arus setrum dari Field Coil menuju ke Armature (komponen motor starter yang bergerak) melangkahi komutator, bakal selanjutnya diseminasi listrik tersebut diteruskan kembali menuju agregat/ ground.

Carbon brush sreg pengambil inisiatif starter dipasang mengerubuti komutator, sehingga total carbon brush ini gelojoh lebih dari satu.

Umumnya, lega setiap motor starter terdapat catur (4) biji zakar carbon brush nan dipasangkan puas komponen yang bernama carbon brush holder. Dua buah carbon brush digunakan perumpamaan carbon brush positif sementara itu dua buah carbon brush lainnya digunakan andai carbon brush subversif.

fungsi carbon brush
Carbon brush nan terpasang pada Carbon brush holder

Setiap parasan ujung carbon brush yang dipasang harus selalu terhubung berpasangan dengan komutator meskipun permukaan segmen sreg komutator ikut berputar bersama armature coil.

Oleh karenanya, pada masing-masing carbon brush dipasangkan sebuah pegas / tiap-tiap nan berfungsi bikin mengimpitkan carbon brush tersebut agar selalu berdekatan rapat lega segmen komutator dan tidak mengganggu aliran setrum yang mengalir diantara keduanya.

Saat kondisi carbon brush aus dan pegas /per untuk menindihkan carbon brush ini ruai, maka akan menyebabkan persinggungan nan rendah baik dengan segmen-segmen komutator.

Risikonya ketimbul tahanan listrik yang terlalu tataran pada noktah persinggungan dan akan mengurangi distribusi ke penggagas starter sehingga dapat meletakkan detik puntir yang dibangkitkan. Efeknya jelas, motor starter menjadi abnormal berkapasitas dan bahkan enggak lestari digunakan untuk memutar mesin.

Selain dipasangkan sebuah pegas / saban di belakangnya, pada episode perdua carbon brush terdapat sebuah benang besi listrik maupun tembaga yang berfungsi bak tempat mengalirnya aliran arus lstrik menuju ke carbon brush dan komutator. Perhatikan gambar carbon brush dibawah ini.

fungsi carbon brush 2
Carbon brush nan terpasang lega armature coil

Bahan carbon brush dipilih sebagai penghantar perputaran setrum antara Field Coil dan Armature adalah karena carbon brush ini mampu mengantarkan setrum minus menyebabkan kebinasaan lega penghantar itu sendiri.

Seperti mana diketahui, pada saat persebaran listrik mengalir, rata-rata akan unjuk percikan api diantara kedua permukaan yang bersenggol. Percikan api tersebut lambat laun dapat mengakibakan kedua parasan rusak dan leleh.

Padalah, carbon brush ini kuat, ia tak mencair akibat percikan api detik berputar mengelilingi permukaan listrik yang bersentuhan. Namun karena terbuat semenjak bahan carbon tembaga sabar, carbon brush ini lambat laun akan menjadi aus dan memerlukan persilihan akibat gesekan yang terus menerus terjadi selama motor starter berputar.

Demikianlah kata sandang tentang fungsi carbon brush ini disampaikan hendaknya bisa berfaedah.

Source: https://starter-motor.blogspot.com/2018/10/fungsi-carbon-brush.html

Posted by: caribes.net