Gambar Bunga Dari Kulit Jagung

Contoh Prakarya mulai sejak Limbah Selerang Jagung : Bunga Cempaka

Kulit milu adalah limbah atau sampah yang pelahap kita temukan di jingkir rumah kita. Dan, jika kita meninggalkan ke pasar tradisional di mana terdapat penjual jagung segar, maka selerang milu pelahap kita tatap tindan sejenis itu belaka di sekitar lapak mereka, ataupun dimasukkan ke n domestik karung untuk selanjutnya dibuang begitu namun. Ternyata, dengan sedikit ketelatenan dan daya kreasi, limbah sampah kulit jagung (klobot) dapat dibuat hasta karya nan menarik. Contohnya kerajinan yang berbentuk bunga cempaka ini. Bagaimana? Terseret kerjakan mencoba membuatnya? Mudah kok. Ikuti langkah-ancang kaidah pembuatannya (disertai gambar) berikut.

cara membuat kerajinan tangan prakarya dari sampah limbah kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
bunga cantik ini dibuat berbunga selerang milu, baca caranya membuatnya di sini…

Peranti dan Target

Bikin takhlik prakarya berbentuk anakan cempaka dari kulit milu ini kita memerlukan perabot-alat dan bahan berikut. Ayo dipersiapkan agar bisa kontan praktek.

  • Kulit jagung yang telah direbus dan dikeringkan (bisa juga memakai indra peraba jagung rebus). Penggarapan paling kecil bukan memerlukan waktu satu jam. Ia dapat menambahkan pewarna tekstil untuk mendapatkan variasi bahan kerajinan tangan selerang jagung. Saya sendiri sreg tuntunan ini hanya memperalat sisa sampah dapur mantan kulit milu rebus. Makara warnanya natural.
  • Gunting bikin membentuk babak-bagian anak uang cempaka nan akan dibuat.
  • Benang kuningan halus (saya rebut berusul bagian kerumahtanggaan benang besi alumnus, ukurannya sedikit lebih besar dari surai)
  • Dawai ukuran menengah untuk tangkai bunga
  • Lem kertas yang kuat kiat rekatnya (saya gunakan lem ceria)
  • Gegep, untuk menyusup kabel tangkai rente dan melengkungkannya.

Cara Menciptakan menjadikan

Perhatikan gambar-susuk dan penjelasan berikut lakukan membuat anak uang cempaka dari limbah sampah kulit (klobot) jagung.

  • Cabut sejumlah alat peraba milu yang sudah direbus dan dikeringkan.
  • Gunting dengan panjang sekeliling 6 cm, dan pesek 2 cm. Untuk sebanyak 5 helai. Kemudian gunting juga sehelai jangat jagung ukuran panjang 8 cm dan lebar sekitar 3 cm.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari sampah limbah kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
menyiapkan alat peraba jagung buat takhlik anak uang cempaka
  • Rencana kelima helaian jangat jagung yang berukuran 6 cm x 2 cm menjadi kelopak anak uang cempaka dengan mengguntingnya.
  • Siapkan kabel halus yang diambil dari potongan dawai panggung yang sudah lalu dikupas.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
menggunting kulit jagung menjadi kelopak bunga cempaka
  • Tusuk kawat ukuran madya sepanjang bertambah tekor 25 cm. Bikin lengkungan pada salah satu ujungnya. Gunakan tang untuk mempermudah tiang penghidupan ini.
  • Selanjutnya, lipat helaian selerang milu ukuran 8 cm x 3 cm menjadi 3 bagian beralaskan sebelah panjangnya, lalu gulung ke kawat gagang cangkul (kawat matra menengah). Pilin lengkungan kawat sehingga terpejam alat peraba jagung. Bagian ini akan berfungsi andai bakal buah anak uang cempaka nantinya, bertepatan seumpama basis tempat menyambungkan kelopak-kelopak bunga yang berjumlah lima itu.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
menyiapkan tangkai anak uang dan putik
  • Sekiranya sudah dipilin rapi pada ujung kawat dan menutupi lengkungan, eratkan dengan pertalian benang tembaga halus. Perhatikan gambar untuk kian jelasnya.Kunci koalisi kabel subtil dengan membuat simpul atau melilitkannya ke gagang cangkul kawat.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
ikat putik anakan dengan kawat halus sisa benang besi
  • Sekarang kita akan start merangkai kelopak. Mulailah dengan menempelkan kelopak purwa dan mengikatnya dengan benang kuningan halus.Perhatikan gambar. Lilitkan feses kawat nan terlalu pendek ke kawat batang cangkul.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari limbah kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
start merakit pelupuk atau mahkota anak uang mulai sejak indra peraba jagung
  • Tambahkan kelopak yang kedua. Atur posisinya kalau nanti terletak 5 kelopak, maka jaraknya terbagi sama rata dan sebabat. Perhatikan sekali lagi panjangnya kelopak yang menjulur dari ikatan kabel agar simbang (sekufu).
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari sampah kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
satu demi satu kelopak bunga berpunca indra peraba jagung diikat sreg nanyan
  • Lanjutkan proses ini sebatas kelima kelopak diikat kuat dengan kawat halus pada pentil. Jikalau suka-suka kelopak yang kian panjang dan lebih lebar berusul yang lainnya, anda dapat mengguntingnya untuk menunaikan janji bentuk rente cempaka dari kulit jagung ini.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
selesai memusatkan kelima pelupuk anakan berbunga kulit jagung
  • Sampai disini bentuk bunga cempaka sudah lalu menjadi, tinggal finishing dan sentuhan akhir.
  • Sekarang, guntinglah kulit milu tidak dan buatlah beberapa helaian daun. Bentuknya dapat sebagai halnya saat kita membuat kelopak anakan ramping (lebar 2 cm) dan panjang (6 cm). Ataupun buat dengan variasi ukuran. Lega acuan ini saya membuat 3 helai daun. dengan ukuran dan buram sedikit bermacam rupa.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
menyiapkan daun
  • Daun-patera ini kemudian diikat pada tangkai telegram. Daun yang makin kecil dan ramping saya letakkan di atas, dan yang lebih raksasa dan gempal diletakkan di putaran asal. Atur posisinya puas tangkai kawat agar terlihat natural. Ikat dengan kawat halus kuat-kuat agar bukan mudah lepas. Kerjakan simpul perkariban atau lilitkan hajat kawat halus pada kawat tangkai.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
menghubungkan daun sreg gagang cangkul anakan
  • Berikutnya, pilihlah bilang helaian kulit jagung yang tipis dan variabel. Kulit jagung yang tipis dan lentur terserah plong fragmen sebelah dalam kulit milu. Belah kulit tipis ini dengan bogok bertambah terbatas 2 cm. Lalu lilitkan pada nanyan menginjak bagian asal bunga sampai pangkal tangkai anakan sehingga semua kabel tertutup. Jika ingin kian mudah engkau boleh menggunakan floral tape (selotip) dengan warna senada.
  • Padalah selesai sudah setangkai anak uang cempaka nan cantik berasal sampah limbah indra peraba jagung.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
menyelimuti kayu cangkul bunga dan lilitan-litan kawat dengan alat peraba jagung
  • Buatlah beberapa kayu cangkul, tinggal rangkailah menjadi anak uang cempaka kulit jagung hasil prakarya anda. Tempatkan dalam vas yang sesuai.
cara membuat kerajinan tangan prakarya dari kulit jagung yang berbentuk bunga cempaka
bunga cempaka dari sampah jangat jagung sudah kaprikornus

Demikian prinsip membuat kerajinan tangan rente cempaka dari kulit jagung. Mudah dan sederhana saja menghasilkan komoditas hasta karya yang khas dan eksotik. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
12 Latihan Cara Takhlik Prakarya Bunga bersumber Barang Tamatan
Aneka Prakarya berpunca Sedotan Plastik
Cara Menciptakan menjadikan Anak-anakan Domba dari Kubus Eks
Tempat Pensil berusul Kubus dan Kulit Jagung
Arena Pensil dari Stik Es, Belek Bekas, dan Kulit Milu

Source: http://novehasanah.blogspot.com/2015/08/cara-membuat-bunga-dari-kulit-jagung.html

Posted by: caribes.net