Gambar Hujan Di Depan Rumah

Jakarta
– Sebuah rumah di provinsi Tebet, Jakarta Selatan, diguyur hujan abu misterius. Hujan yang cuma membanjur satu rumah itu untuk pemukim berbondong-bondong datang. Cak semau nan numpang mandi, hingga menyimpan air hujan abu.

Situasi itu terjadi di Kronologi Tebet Barat Dalam 1, Jakarta Selatan, Sabtu (26/8) terlampau. Kabar mengenai hujan abu ekslusif itu diunggah oleh akun Twitter @febicil dan menjadi viral di media sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Saat didatangi di lokasi hal, Senin (28/8), Diaz, warga yang tinggal di depan apartemen tersebut juga membenarkan hujan menyiram 1 rumah itu. Dia juga menceritakan jika hujan itu berlangsung pukul 18.00 WIB sampai 23.00 WIB.

“Memang moralistis, saya melihat secara langsung, pukul 18.00 WIB burit gerimis terus lebat sampai pukul 23.00 WIB lilin batik, 5 menit kemudian hujan angin lagi,” kata Diaz.

Pemilik rumah yang diguyur hujan misterius, MuzakirPemilik rumah yang diguyur hujan misterius, Muzakir (Foto: Denita Matondang/ detikcom)

Empunya rumah, Muzakir, menyebut saat hujan abu ekslusif itu drop dia sedang duduk-duduk di teras serta merta bermain empat bersama setangga. Tiba-tiba suka-suka teriakan di dalam apartemen.

“Ponakan saya nan lagi main setara anak-anak asuh tetangga tiba-tiba teriak ‘hujan mamanda hujan paman’, ambillah saya cek benar. Semata-mata di sekitaran teras pojok ke halaman kondominium,” pengenalan Muzakir.

Adv pernah dikira kerjaan orang iseng. Percaya nggak percaya, rupanya hujan angin itu tidak kunjung berhenti sebatas perdua malam. Rumah Muzakir terlampau didatangi para tetangganya hingga ojek online yang penasaran.

“Setangga juga sudah lalu ramai datang. Ada yang percaya dan nggak percaya ya ayo namun teko objektif ya orang mengingkari apa saja. Ada nan (mengira) mungkin karena torang (penampungan air) bocor, tapi kan sampai lilin lebah. Luang sekali lagi hujannya mengesot ke kanan ke arah tiang setrum,” ucapnya.

Hujan itu sekali lagi dianggap misterius karena cuma terjadi di area apartemen Muzakir seluas 5×5 meter. Muzakir pula bercerita banyak warga yang menunggangi air itu untuk mandi dan menyimpan air tersebut.

“Ini semata-mata sekotak, sekitar diameter 5×5 meterlah, saya nggak tahu itu keadaan apa, siapa alam ya. Orang-bani adam lega datang, foto, sebar ke alat angkut sosial. Bahkan ada yang mandi, terjadwal saya, saya bersiram selintas. Ibu saya juga adv pernah tampung airnya, eh, tadi pagi sira buang, nggak tahu kenapa,” ungkapnya keheranan.

Sedangkan, Kepala Pusat Pemberitahuan Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo menyebut situasi itu seumpama fenomena langka dan sulit terjadi. Seandainya dilihat berpangkal perimbangan ulas dan waktu, hujan abu yang mengguyur satu rumah di Tebet sukar terjadi. Apalagi melihat matra rumah yang belaka berukuran 5×5 meter.

Selain itu, Mulyono menambahkan, untuk hujan setempat ataupun tempatan saja cakupan wilayahnya terjadi cukup besar. Durasi hari hujan juga tidak terlalu lama seperti yang terjadi di Tebet yakni start sekitar pukul 18.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Rumah di Tebet yang diguyur hujan misteriusRumah di Tebet nan diguyur hujan angin misterius (Foto: Denita Matondang/ detikcom)

Mulyono mengatakan, izzah awan pada musim kemarau menjadikan hujan abu begitu juga di Tebet lewat sulit terjadi. Keagungan awan momen musim kering yakni seputar 700 meter sampai 1 kilometer.

“Renggut antara 500-700 meter di atas meres. Kemudian kalau itu ambruk sekadar pas satu flat dan itu pada jangka waktu nan lama 6 jam, itu banyak channel berpokok awan turun ke flat itu. Pada kondisi musim kemarau potensi hujan abu lokal sama dengan ini mudah sekali terganggu karena ada angin jadi mudah bergeser,” terangnya.

Keadaan senada pun diungkapkan Kepala Humas BMKG Hery Tirto. Dia menyebut kendati jarang terjadi hujan mistis itu adalah fenomena alam dan minta masyarakat tidak kaitkan dengan hal berbau mistik.

“Kalaupun (hujan domestik) itu terjadi lebih banyak di tahun persilihan atau di kemarau dan antara siang dan menjelang malam. Jadi jangan dikaitkan dengan okultisme dulu,” pesan Hary.

(ams/aan)

Source: https://news.detik.com/berita/d-3619138/percaya-nggak-percaya-hujan-misterius-guyur-1-rumah-di-tebet

Posted by: caribes.net