Gambar Macam Macam Topologi Jaringan

Detik kita membangun sebuah jaringan komputer jinjing, topologi jaringan merupakan aspek terdahulu yang harus diperhatikan dengan mendalam. Bukan tanpa alasan, perkariban geometris antar berbagai unsur dasar penggubah jaringan (link, node, dan station) harus sesuai dengan kebutuhan moga setiap komputer intern satu jaringan dapat terkoneksi dengan baik.

Pengertian Topologi Jaringan

Secara sederhana, denotasi topologi jaringan komputer yaitu metode atau cara nan digunakan agar dapat menghubungkan satu komputer jinjing dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan buat menghubungkan satu komputer jinjing dengan komputer lainnya dapat dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel (nirkabel).

Pada pelaksanaannya, terserah bilang spesies topologi pada suatu jaringan komputer jinjing yang digunakan sesuai dengan skala jaringan, maksud, biaya, dan penggunanya. Beberapa macam topologi tersebut ialah topologi ring, topologi bus, topologi star, topologi mesh, dan topologi tree.

Tiap-tiap spesies topologi tersebut mempunyai fungsi dan kekurangan sehingga privat penggunaannya harus benar-benar memperhatikan peruntukkannya.

Pengertian Topologi Jaringan Menurut Para Ahli

Bilang ilmu di bidang teknologi informasi (baca:
Pengertian Teknologi Informasi) perhubungan menjelaskan tentang signifikasi topologi dalam jaringan komputer jinjing tersebut, diantaranya merupakan:

1. Zymon Machajewski

Menurut Zymon Machajewski konotasi topologi jaringan adalah seperangkat komputer yang ganti terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan penting, merupakan untuk silih berbagi sumberdaya. Internet adalah keseleo satu sumberdaya yang sekarang banyak digunakan di dalam satu jaringan komputer.

2. Jafar Noor Yudianto

Menurut Jafar Noor Yudianto pengertian topologi jaringan yaitu suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer jinjing yang didesain lakukan bisa saling berbagi mata air anak kunci (printer, CPU), berkomunikasi (surel, wanti-wanti instan), dan bisa mengakses makrifat (peramban web).

3. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti pengertian topologi jaringan ialah suatu sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melakukan tugasnya. Acuan, dua buah komputer boleh dikatakan terhubung kalau keduanya bisa saling berpalis informasi. Rangka koneksi tersebut bisa melampaui: kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

4. Abdul Kadil

Menurut Abdul Kadil pengertian topologi jaringan adalah satu pertalian dua buah simpul (umumnya berupa komputer) ataupun lebih yang pamrih utamanya yaitu bakal melakukan pertukaran data.

5. Izaas El Said

Menurut Izaas El Said definisi tempat jaringan komputer jinjing adalah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer jinjing yang saling terhubung, agar boleh tukar berbagi informasi dan juga sumber buku yang dimilikinya.

6. Budhi Irawan

Menurut Budhi Irawan pengertian topologi jaringan komputer yaitu satu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama lakukan mencapai satu maksud yang sama.

7. Kristanto

Menurut Kristanto pengertian topologi jaringan komputer jinjing ialah sekelompok komputer otonom nan saling terhubung suatu sama lain, dengan memakai suatu protokol komunikasi sehingga semua komputer yang silih terhubung tersebut boleh berbagi informasi, program, sumber daya dan juga bisa ubah memperalat alat gentur lainnya secara bersamaan, misalnya printer, harddisk, lain-tidak.

Baca juga:Pengertian Proxy Peladen

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, terserah beberapa tipe topologi jaringan komputer jinjing yang sering digunakan. Berikut ini ialah penjelasan macam-macam topologi jaringan komputer jinjing beserta gambarnya, serta penjelasan kelebihan dan kekurangannya:

1. Topologi Ring

Topologi cincin atau cangap disebut dengan topologi cincin merupakan satu topologi jaringan yang dipakai lakukan menghubungkan sebuah komputer jinjing dengan komputer lainnya dalam sebuah kontak nan berbentuk melingkar sebagai halnya ring. Diversifikasi topologi jaringan ini umumnya hanya menggunakan LAN card agar saban komputer terkoneksi.

Pengertian Topologi Ring
Gambar Topologi Ring

Varietas topologi ini paling banyak digunakan di lingkungan perkantoran atau perusahaan. Secara umum, topologi ring memiliki karakteristik spesifik, yaitu memperalat kabel diversifikasi UTP dan
Patch Cable
yang membentuk jaringan sebagai halnya lingkaran dan terdiri bersumber sejumlah node yang disusun secara seri.

Mengenai cara kerja topologi jaringan ring ialah sebagai berikut:

  • Per node lega sentral terdapat penguat sinyal di kedua sisinya. Dengan begitu, maka setiap perangkat akan silih menguatkan sinyal.
  • Proses penerimaan dan penyambungan sinyal dibantu makanya sebuah token. Alat bernama token ini juga berfungsi andai pengantar data ketika dibutuhkan makanya sebuah node.

Kekuatan dan Kekurangan Topologi Ring

Kelebihan Topologi Ring:

  • Biaya untuk instalasinya memusat murah
  • Penampakan sangkutan cukup baik
  • Proses instalasi dan konfigurasi cukup mudah
  • Implementasinya mudah dilakukan

Kekurangan Topologi Ring:

  • Jika terjadi komplikasi, troubleshooting jaringan ini terhitung elusif
  • Plong jaringan ini tumbukan peredaran data sangat rentan terjadi
  • Koneksi puas jaringan akan terpotong jika salah satu nikah bermasalah

Selengkapnya baca:
Topologi Ring

2. Topologi Bus

Topologi bus adalah topologi jaringan yang lebih sederhana. Pada lazimnya topologi jaringan ini dilakukan pada installasi jaringan berbasis kabel coaxial.

Topologi ini memakai telegram coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Spesies konektor yang digunakan yaitu BNC, Terminator, dan TBNC.

Topologi Bus
Rang Topologi Bus

Jenis topologi ini biasanya digunakan untuk jaringan komputer perusahaan dengan proporsi kecil. Karakteristik spesial topologi bus adalah penggunaan kabel tunggal yang terbentang di sepanjang jaringan dan berfungsi ibarat telegram terdepan (backbone).

Mengenai cara kerja topologi bus yaitu sebagai berikut:

  • Setiap perangkat komputer jinjing terhubung dengan kabel utama (backbone) dimana masing-masing komputer jinjing bisa silih berkirim dan menerima paket data.
  • Proses pengiriman paket data antar komputer jinjing semata-mata dapat dilakukan momen benang kuningan penting dalam keadaan bebas dimana komputer lain sedang tidak mengamalkan persilihan data.
  • Pengangkutan data berpunca suatu komputer ke komputer jinjing lainnya dilakukan dengan menggunakan sinyal yang tersebar di telegram jaringan. Hanya komputer dengan IP atau alamat MAC yang sama dengan yang dituju nan akan mengamini sinyal.

Kelebihan dan Kesuntukan Topologi Bus

Fungsi Topologi Bus:

  • Kemudahan dalam interpolasi client ataupun workstation plonco
  • Mudah digunakan dan habis keteter
  • Biaya instalasi murah karena telegram yang digunakan sedikit

Kehilangan Topologi Bus:

  • Rajin terjadi tabrakan diseminasi data
  • Proses pengiriman dan penataran data rendah efisien
  • Topologi bus yang lama runyam cak bagi dikembangkan
  • Jika ada problem pada benang tembaga, misalnya tersayat, maka komputer jinjing workstation akan terganggu.

Sesudah-sudahnya baca:
Pengertian Topologi Bus

3. Topologi Star

Topologi star atau disebut juga dengan topologi bintang yaitu topologi jaringan berbentuk bintang dimana pada umumnya memakai hub alias switch kerjakan pertautan antar client. Topologi jaringan komputer jinjing ini paling sering digunakan detik ini karena n kepunyaan banyak kekuatan.

Pengertian Topologi Star
Buram Topologi Star

Jenis topologi ini juga sepan banyak digunakan di perkantoran atau perusahaan dengan skala kerdil dan sedang. Karaktersitik khusus pecah topologi star adalah adanya satu jaringan nan berfungsi sebagai pusat segala aktivitas, dimana setiap komputer host n kepunyaan kabel tersendiri yang terkoneksi sekaligus dengan perangkat pusat hub dengan sistem point-to-point.

Adapun mandu kerja topologi star adalah sebagai berikut:

  • Bilang jaringan komputer terhubung dengan pusat (hub ataupun switch) dimana jaringan pusat tersebut berfungsi sebagai peladen sentral.
  • Perangkat kiat hub atau switch akan menyimpan daftar
    Content Addressable Memory
    (CAM) pada memorinya. CAM akan menyimpan semua sasaran perangkat komputer yang terhubung dengan switch.

Kelebihan dan Kesuntukan Topologi Star

Keefektifan Topologi Star:

  • Jaringan topologi ini tetap berjalan baik lamun salah satu komputer client bersoal
  • Tingkat keamanan data pada topologi ini patut baik
  • User makin mudah mendeteksi problem pada jaringan
  • Lebih lentur

Kekurangan Topologi Star:

  • Topologi ini terhitung mahal karena menunggangi cukup banyak kabel
  • Seluruh komputer internal jaringan ini akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalah
  • Topologi star silam tergantung lega terminal pusat.

Baca kembali:
Pengertian Topologi Star

4. Topologi Mesh

Topologi jaringan mesh (jala) adalah suatu topologi jaringan dimana setiap perangkat komputer saling terhubung secara sinkron (dedicated link). Topologi mesh kebanyakan digunakan cak bagi rute yang banyak dengan menggunakan kabel tunggal sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat sonder melalui hub maupun switch.

Pengertian Topologi Mesh
Tulangtulangan Topologi Mesh

Jenis topologi jaringan komputer ini biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki perangkat komputer sedikit. Puas topologi ini, koneksi antar komputer terhubung secara langsung sehingga meningkatkan kecepatan proses transfer data karena bukan ada perantara.

Tentang cara kerja topologi mesh adalah sebagai berikut:

  • Setiap node intern jaringan komputer terhubung secara langsung ke node nan dituju dengan menggunakan kabel.
  • Proses transfer data antar perangkat komputer berlanjut lebih cepat karena terhubung bertepatan dengan menunggangi kabel.

Kelebihan dan Kekeringan Topologi Mesh

Faedah Topologi Mesh:

  • Bandwidth limit nya cukup besar
  • Security data pada topologi ini lewat baik
  • Tidak terjadi tumbukan arus data karena jalur pengiriman data sangat banyak

Kehabisan Topologi Mesh:

  • Telegram nan dibutuhkan jumlahnya banyak
  • Biaya installasi topologi mesh sangat mahal karena memperalat banyak kabel
  • Installasinya silam sulit

Baca sekali lagi:
Signifikasi Topologi Mesh

5. Topologi Tree

Topologi tree atau topologi pohon adalah hasil penyimpulan dari topologi bus dan topologi star. Topologi jaringan berbentuk tree lega lazimnya dipakai untuk interkoneksi antara hirarki dengan kancing nan farik-tikai.

Topologi Tree
Rang Topologi Tree

Jenis topologi jaringan ini memiliki karakteristik khusus, yaitu adanya kabel penting sebagai penghubung beberapa hub pada jaringan star, n kepunyaan hierarki, dan memiliki hub sebagai peladen pusat yang mengatak rotasi data.

Guna dan Kekurangan Topologi Tree

Kelebihan Topologi Tree:

  • Boleh dan mudah dikembangkan menjadi topologi jaringan yang bertambah luas
  • Kontak topologi ini tergabung secara hirarki sehingga kekuasaan data menjadi kian mudah

Kekurangan Topologi Tree:

  • Topologi tree n kepunyaan penampilan jaringan yang lambat
  • Penggunaan telegram yang sangat banyak sehingga biaya installasinya mahal
  • Kabel backbone merupakan sentral berpokok topologi ini
  • Bila komputer bagian atas problematis, maka komputer episode sumber akar lagi akan bersoal

Baca juga:
Topologi Tree

6. Topologi Peer to Peer

Topologi peer to peer adalah gambar jaringan komputer yang sangat sederhana karena sekadar menghubungkan 2 komputer jinjing dengan menunggangi sebuah kabel. Lega umumnya topologi peer to peer memakai satu kabel saja bakal menghubungkan kedua komputer mudah-mudahan bisa saling bervariasi data.

peer to peer
Tulangtulangan Topologi Peer to Peer

Jenis topologi nan satu ini adalah nan minimum tersisa karena namun menambat dua buah perangkat komputer tanpa adanya peladen khusus. Dalam kejadian ini, per komputer dalam jaringan ini dapat berfungsi andai peladen maupun client secara bergantian.

Manfaat dan Kehilangan Topologi Peer to Peer

Maslahat Topologi Peer to Peer:

  • Biaya installasi lampau murah
  • Proses installasi mudah
  • Setiap komputer boleh berperan sebagai server atau client

Kekurangan Topologi Peer to Peer:

  • Topologi ini dulu sulit dikembangkan
  • Security dalam topologi ini sering bermasalah
  • Proses troubleshooting terdaftar elusif

Baca juga: Pengertian Topologi Peer to Peer

7. Topologi Linier

Topologi linier maupun camar disebut dengan topologi bus berurut atau topologi runtut. Topologi ini umumnya hanya memakai satu benang besi terdahulu sebagai konektor per titik sambungan plong setiap komputer.

linier
Gambar Topologi Linier

Karakteristik khusus lega jenis topologi ini yaitu pemakaian konektor BNC dan kabel RJ 58 dimana skema jaringannya mirip seperti topologi bus.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Linier

Kelebihan Topologi Linier:

  • Mudah dikembangkan
  • Pemakaian kabel sedikit
  • Komposisi topologi linier sederhana dan mudah
  • Topologi ini bukan membutuhkan lagam sentral

Kekurangan Topologi Liner:

  • Kepadatan trafik data cukup tinggi
  • Security data tidak terjamin

Baca juga: Pengertian Topologi Linier

8. Topologi Hybrid

Topologi Hybrid adalah pergaulan dari beberapa topologi yang berlainan dan membuat jaringan baru. Dengan kata tak, jika ada dua atau lebih topologi yang farik terhubung intern satu jaringan maka topologi jaringan tersebut akan membuat topologi hybrid.

Hybrid
Susuk Topologi Hybrid

Lazimnya, macam topologi ini digunakan ketika suatu perusahaan diambil alih maka itu perusahaan lainnya sehingga jaringan komputer di dalam perusahan tersebut mengalami perubahan dengan membentuk jaringan baru.

Khasiat dan Kekurangan Topologi Hybrid

Kekuatan Topologi Hybrid:

  • Topologi ini sifatnya laur
  • Penyisipan koneksi tak plong topologi ini menjadi suntuk mudah

Kekurangan Topologi Hybrid:

  • Proses installasi dan pengaturannya cukup rumpil
  • Manajemen pada topologi hybrid sangat musykil dilakukan
  • Biaya cak bagi membuat topologi ini cukup mahal

Baca kembali: Denotasi Topologi Hybrid

Dari penjelasan adapun konotasi topologi jaringan komputer di atas, dapat disimpulkan bahwa saban topologi memiliki keistimewaan dan kesuntukan. Selain kelebihan dan kekurangan tersebut, tingkat kebutuhan dan besar antisipasi pula merupakan hal nan harus dipertimbangkan. Semoga bermanfaat.

Source: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/topologi-jaringan.html

Posted by: caribes.net