Gambar Tangga Nada Diatonis Mayor

Musik diartikan umpama hobatan atau seni menyusun musik maupun celaan internal urutan, pergaulan dan nikah temporal untuk menghasilkan tata letak (suara) yang mempunyai ketunggalan dan perturutan. Keseleo satu dasar utama dalam seni irama yaitu kerangka yang mengkombinasikan beberapa hal sehingga bisa menjadi sebuah seni, atau kita bisa menyebutnya sebagai unsur-partikel seni musik. Salah satu unsur seni musik ialah tangga nada:

Tangga nada merupakan susunan bertumpuk, misalnya do, re, mihun, fa, sol, la, si, do. Internal seni musik ada keberagaman tangga musik diatonis. Hierarki nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi pula dalam dua tipe panjang irama, merupakan tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tahapan Musik Diatonis Mayor

Tingkatan musik diatonis mayor mempunyai interval (jarak irama) 1 1 ½ 1 1 1 ½. Perhatikan acuan cumbu tangga nada diatonis mayor berikut.

Diatonis Mayor

Ciri-ciri tangga musik diatonis mayor lazimnya sebagai berikut.

  1. Bersifat riang gembira.
  2. Bersemangat.
  3. Biasanya diawali dan diakhiri musik do. Namun, bukan menyelimuti kemungkinan diawali dengan musik 5 (sol) atau 3 (kwetiau) dan diakhiri nada 1 (do).

Transendental Lagu yang bertangga nada Mayor : Maju Enggak Gentar, Indinesia Raya, Waktu merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, dan Mars Pelajar.

Panjang Musik Diatonis Minor

Tangga musik diatonis minor polos memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 ½ 1 1. Janjang irama minor tahir hanya memiliki musik-nada kancing dan belum mendapat nada sisipan.Selain tahapan musik diatonis minor polos cak semau juga tingkatan musik diatonis minor harmonis, dan  melodis. Tangga irama diatonis minor harmonis adalah tangga musik diatonis minor dengan irama ketujuh dinaikkan sepenggal. Padahal pangkat irama minor melodis adalah tanga nada minor sejati yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan sepoteng laras.

Perhatikan contoh urutan tingkatan nada diatonis minor salih berikut.

Diatonis Minor

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

  1. Lagu berwatak tersentuh perasaan.
  2. Lagu kurang bersemangat.
  3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Semata-mata enggak menutup kemungkinan diawali musik 3 (mihun) dan diakhiri nada 6 (la).

Contoh Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Yang mahakuasa, Gugur Bunga, Ayat-ayat gelojoh dan Bubuy Bulan

Secara mahajana lagu bertangga nada diatonis minor bersifat dayuh dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang gembira dan bersemangat, misalnya lagu “Ayam jago Den Lapeh” dan “Bungong Jeumpa”. Kedua lagu tersebut akan dia pelajari pada Tema 9.

Source: https://www.mikirbae.com/2018/02/tangga-nada-diatonis-mayor-dan-diatonis.html

Posted by: caribes.net