Gerak Melingkar Dan Gerak Parabola

Halo Sobat Zenius! Mari, simak artikel ini untuk belajar materi gerak parabola mulai dari signifikansi, rumus-rumus, dan ideal soal beserta pembahasannya. Lanjut baca terus ya!

Boleh jadi sih nan nggak kenal yang namanya olahraga basket? Atau elo tambahan pula keseleo satu anak komidi basket untuk tim sekolah nih.

Pertandingan bola basket yang sedang berlangsung Zenius Education
Ilustrasi bola basket (Dok. Unsplash)

Basket adalah pelecok suatu latihan jasmani yang silam populer nih dikalangan siswa SMP dan SMA. Terlebih, menurut laporan
Tribunsport,
survei yang dilakukan maka dari itu
National Basketball League (NBL)
pada tahun 2022 menemukan kalau basket mengalahkan popularitas sepak bola di gudi momongan sukma 13-18 periode.

Loading ... Loading …

Ngomong-ngomong akan halnya bola keranjang nih, pasti elo pula sering mengamati bagaimana gerakan bola ketika ditembakan ke arah ring. Melambung seakan membentuk setengah gudi, bukan? Itu kenapa, gerak bola basket itu menjadi keseleo satu contoh gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari kita.

Elo sudah luang belum, ternyata teori fisika parabola lagi menjadi pangkal peluasan teknik penembakan bola yang digunakan maka itu para atlet basket profesional, lho. Iya, sopan.

Bola basket dilempar memasuki ring Zenius Education
Ilustrasi bola basket (Dok. Unsplash)

Seperti mana yang dilansir maka itu
EE Times Europe
(2022), teori gerak parabola dapat memberi keefektifan kepada para ahli olahraga lakukan meningkatkan keberhasilan mencetak nilai dengan meningkatkan titik tertinggi tembakan bolanya, Sobat.

Pasti penasaran dong selayaknya segala yang dimaksud dengan gerak parabola itu. Yuk, kita mengenal signifikasi gerak parabola, karakteristiknya, rumus untuk mencari titik tertinggi dan terjauhnya, dan contoh tanya gerak parabola! Mungkin tahu elo jadi dapat menerapkannya saat bertindak basket ya kan? Hehe.


Denotasi Gerak Parabola

Seperti didefinisikan pada buku fisika SMA/MA Kelas X Semester 1 oleh Berta Rahardian, dkk (2013), gerak parabola adalah gerak yang mewujudkan sudut tertentu terhadap parasan horizontal atau api-api X seperti gambar gerakannya di bawah ini nih.

Skema gerak parabola yang membentuk sudut terhadap bidang horizontal Zenius Education
Ilustrasi bagaimana gerak parabola terjadi (Dok. Public Domain)

Berpunca rangka di atas, elo bisa melihat bahwa sebuah

ki perspektif

terbentuk di antara tunam X dan garis penyeberangan bola. Kalau di lembaga contohnya 30 derajat. Lintasan bola lagi takhlik seperti jambatan lengkung atau abjad U terbalik.

Seperti yang elo sudah ketahui, suatu benda dapat mengalir jika terjadi kecondongan padanya. Penasaran dong, gaya segala apa sih yang menyebabkan benda mengalami gerak parabola?

Ternyata ada beberapa faktor kecenderungan nih yang berkreasi pada benda nan bergerak parabola. Yang permulaan, karuan belaka tren pendorong yang diberikan pada suatu benda atau

bola

sehingga kamu dapat mengalir keatas dan mempunyai kelajuan awal. Yang kedua ialah pengaruh gaya

gravitasi

yang cenderung menjujut semua objek memfokus arah sosi mayapada.

Bola yang melambung terpengaruh tarikan gravitasi Zenius Education
Ilustrasi gravitasi pada gerak parabola (Akta Zenius)

Jadi, setelah suatu benda menjejak tutul tertingginya dia akan sekali lagi jatuh ke bumi. Dengan demikian, mode gravitasi ini jugalah yang menentukan lembaga pelintasan parabola sebuah benda.

Begitu juga yang dijelaskan di artikel Zenius sebelumnya mengenai
materi

gerak parabola
,
peralihan kecepatan terjadi pada gerak ini. Hal itu disebabkan makanya tren tarik gravitasi yang menciptakan menjadikan benda mengalami perlintasan kecepatan saat iya bergerak pada sumbu Y, Sobat.

Jikalau dibayangkan, seakan benda yang dilempar ke atas ditarik ke bawah. Kepantasan nan semula dimiliki benda pun berubah karena adanya tarikan tersebut. Itu kenapa, gerak parabola yaitu perpaduan mulai sejak gerak harfiah beraturan (GLB) plong sumbu X dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada sumbu Y.

Habis, senyatanya saat sebuah benda bergerak di udara, anda juga terkena gaya yang berupa hambatan udara atau singgungan peledak, Sobat. Namun, dalam acuan amatan gerak parabola ini rintangan udaranya diabaikan.

Terimalah, dengan penjelasan di atas maka kita bisa simpulkan bahwa gerak parabola memiliki 4 ciri-ciri sebagai halnya lega kerangka di bawah ini.

Ciri-ciri gerak parabola Zenius Education
Ilustrasi karakteristik gerak parabola (Surat Zenius)

Baca Pun:

Rumus Gaya tarik bumi dan Kondisi Gravitasi Luar Angkasa

Dulu ini elo bakal belajar rumus gerak parabola dan acuan soalnya, tapi sebelum itu gue saranin bikin download aplikasi Zenius. Elo bakal lebih gampang belajar di mana aja dan kapan aja pake fitur gratisnya. Dijamin tambah ngerti deh, yuk download saat ini!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh cak bertanya di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang sekali lagi!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery


Rumus Gerak Parabola

Benda yang bergerak parabola akan memiliki berbagai besaran vektor Zenius Education
Ilustrasi bagan gerak parabola dan besaran vektor (Tembusan Zenius)

Seperti puas ciri-ciri gerak parabola nan keempat, satu benda yang bergerak parabola akan memiliki besaran-besaran

vektor
, sama dengan kecepatan nan dibedakan menjadi kecepatan lega sumbu Y dan kepantasan pada sumbu X. Kecepatan koteng juga terbagi lagi menjadi kecepatan awal dan juga terserah kelajuan nan sudah dipengaruhi

tendensi

gaya berat.

Karena bendanya bergerak, karuan posisinya pun lagi berubah. Jadi kita sekali lagi boleh menghitung jarak benda terhadap sumbu Y dan jenjang benda terhadap sumbu X. Silam, seperti cerita atlet basket di awal tadi kita juga dapat menghitung noktah tertinggi sebuah benda puas tunam Y dan juga letak noktah terjauh benda semenjak bintik 0-nya.

Berikut ini rumus gerak parabola.

Berbagai rumus gerak parabola di sumbu Y dan X Zenius Education
Ilustrasi rumus-rumus gerak parabola (Arsip Zenius)

Baca Juga:

Rumus Gerak Vertikal Atas dan Bawah

Kendati bertambah paham belajar rumusnya, yuk lanjut ke pembahasan rumus gerak parabola dan contoh soal di pangkal ini!


Contoh Soal Gerak Parabola

Sesudah mengenal tentang segala apa itu gerak parabola, ciri-ciri, dan rumus-rumusnya, saat ini saatnya cak bagi mempraktekan hobatan elo ke dalam latihan soal. Oiya, untuk melatih pemahaman, gua menyarankan cak agar elo mengepas mengerjakan seorang terlebih lampau sebelum melihat pembahasan nan akan gue berikan ya.

Arketipe Soal Gerak Parabola 1

Jika bola basket dilempar dengan kacamata elevasi 30 terhadap bidang mendatar dengan kecepatan 20 m/s. Berapakah raksasa kepantasan tadinya benda dalam arah sumbu X?

A. 10 m/s
B. 20 m/s
C. 10√3
m/s

D. 2 m/s

Pembahasan:

Mengerjakan soal fisika itu seperti menyelesaikan misi dimana elo perlu menemukan rumus yang tepat dengan ilham-petunjuk nan ada.

Nah, plong pertanyaan nomor satu ini, ada tiga informasi yang sudah diketahui, yaitu kecepatan bola sreg tali api X. tesmak elevasinya, dan osean kecepatan awalnya pada sumbu X-nya nan ditanyakan.

Terimalah, dari situ kita bisa langsung saja tengok rumus kecepatan awal sumbu X dan memasukan nilai-kredit yang sudah diketahui ke dalamnya, seperti di bawah ini.

Pembahasan soal gerak parabola no. 1 Zenius Education
Ilustrasi pembahasan soal gerak parabola no. 1(Akta Zenius)

Jawaban yang benar yaitu C.

Contoh
Soal Gerak Parabola 2

Sekiranya sebuah bola bola keranjang dilempar dengan kacamata elevasi terhadap upet X adalah 30 dengan kepantasan semula bola yakni 20 m/s. Jika percepatan gravitasinya 10 m/s2. Berapakah ketinggian maksimum bola?

A. 1 m
B. 4 m
C. 5 m
D. 2,25 m


Pembahasan:

Karena kecepatan mulanya, sudut elevasi, dan akselerasi gravitasinya sudah diketahui, sederum saja silakan kita masukan biji-angkanya kedalam rumus ketinggian maksimum.

Pembahasan soal gerak parabola no. 2 Zenius Education
Ilustrasi pembahasan soal gerak parabola no. 2 (Arsip Zenius)

Jawaban nan benar adalah
C.

Hipotetis Soal Gerak Parabola 3

Sebuah bola ditendang dengan kacamata elevasi terhadap tali api X sebesar 15. Kelajuan awal benda yakni 10 m/s. Berapakah jarak jauh yang mungkin ditempuh maka dari itu benda?

A. 10 m
B. 20 m
C. 5 m
D. 15 m


Pembahasan

Pertama-tama elo dapat tuliskan tinggal nih rumus yang digunakan bikin mencari titik terjauh.
Setelah itu isikan rumus dengan informasi yang mutakadim ada pada soal dan hitunglah.

Pembahasan soal gerak parabola no. 3 Zenius Education
Ilustrasi pembahasan pertanyaan gerak parabola no. 3 (Arsip Zenius)

Jawaban yang benar adalah
C.

Baca Juga:

Gerak Melingkar – Materi Fisika Kelas 10

*****

Gimana nih? Tentu masa ini elo jadi lebih mengenal tentang gerak parabola dan juga penerapan rumus-rumusnya internal pengerjaan tanya, lain?

Nah, kalau elo merasa model soalnya masih kurang, elo dapat untuk akun Zenius dan klik banner di bawah kerjakan dapetin les soal suplemen, ya!

klik di sini untuk belajar Materi Parabola lewat video pembahasan menarik dari Zenius!

Oh iya, untuk makin ngerti lagi bisa tuh elo cobain live classnya. Cukup abonemen buntelan belajar Zenius elo bisa kaprikornus makin ngerti materi sekolah. Mulai berasal Live Class, akses ke video-video sparing premium dan tentunya cak bimbingan soal bagi menguji pemahaman elo. Klik banner di sumber akar bikin info lengkapnya!

Rumus Gerak Parabola, Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan 9
Langganan saat ini!

Selamat membiasakan, Sobat Zenius!

Originally published:

April 6, 2022

Updated by:


Silvia Dwi

Referensi

Source: https://www.zenius.net/blog/pengertian-dan-rumus-gerak-parabola