Gunung Gunung Di Jawa Barat

9 Gunung Termulia di Jawa Barat, Surganya Para Pendaki

Kapling Sunda di Jawa Barat memang surganya para pemanjat. Berpangkal semua ardi di radiks ini, mana yang kamu sudah pernah?

Argo Termulia di Jawa Barat –
Sebagian publik menganggap mendaki gunung sebagai kegiatan yang menyenangkan. Sekalipun harus jual beli beratnya tas
carrier
selama berjam-jam, semua rasa letih sepanjang pendakian akan dibayar lunas lewat cantiknya panorama kalimantang di puncak bukit. Ambillah, apakah kamu salah satu orang yang hobi mendaki?

Jika iya, beliau bisa datang ke Jawa Barat, karena provinsi ini memiliki banyak gunung rupawan yang siap ditaklukkan. Inilah 9 gunung tertinggi di Jawa Barat yang disebut-sebut sebagai surganya para pendaki. Anjing hutan temanmu naik gunung bersama, yuk!

Ardi Teratas di Jawa Barat

1. Argo Ciremai

Gunung Ciremai

Giri Ciremai | Sumber gambar: Wikipedia

Menjulang sepadan 3.078 meter di atas permukaan laut membuat Gunung Ciremai menjadi ancala minimum tinggi di Jawa Barat. Secara administratif gunung ini masuk ke dalam dua area, yaitu Majalengka dan Kuningan.

Dilansir pecah website Kuningankab.go.id, bukit yang memiliki luas distrik sekeliling 15.500 hektare ini dipenuhi oleh berbagai ragam dunia tumbuhan dan hewan unik, teragendakan hewan dan pohon dengan kategori langka. Selain itu, keindahan duaja Gunung Ciremai pun menjadi daya tarik tersendiri di netra para pendaki.

Kuantitas cak semau lima jongkong pendakian nan bisa beliau lalui untuk menumpu puncak Gunung Ciremai. Pertama terserah Kempang Apuy yang disebut sebagai salah satu jalur gempita pemanjat. Selanjutnya adalah Jalur Palutungan dengan medan nan nggak terlalu radikal.

Opsi ketiga merupakan Kempang Linggarjati yang dikenal memiliki trek nan strata. Ada juga Jalur Linggasana dengan trek yang nggak kalah tinggi dari Jalur Linggarjati. Terakhir yaitu Jalur Sadarehe nan boleh diakses terbit Kabupaten Majalengka.

Hotel & Penginapan Terbaik sanding Ancala Ciremai

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan mes dekat Gunung Ciremai dengan penawaran terbaik di Traveloka

2. Argo Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

Gunung teratas di Jawa Barat nan kedua adalah Dolok Pangrango dengan ketinggian sekitar 3.019 mdpl. Gunung ini menjadi bagian dari Cagar alam Argo Gede Pangrango (TNGGP) nan terwalak di antara tiga wilayah, yaitu Kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Bogor.

TNGGP termasuk salah satu cagar alam tertua di Indonesia selain Taman Kewarganegaraan Komodo di NTT. Di dalamnya terdapat heterogenitas flora dan fauna disertai lanskap yang sangat indah. Melihat potensi alam yang suka-suka, nggak heran seandainya Gunung Pangrango jadi ardi favorit para pendaki.

Ketika ini hanya terserah tiga jalur normal bagi pendaki yang ingin naik ke puncak Gunung Pangrango. Di antaranya adalah Kempang Cibodas yang sering dilalui oleh para pendaki, Jalur Argo Upik dengan trek yang lebih terik, dan Sagur Selabintana di Sukabumi misal jalur terpanjang.

Hotel & Internat Terbaik erat Giri Pangrango

Temukan bertambah banyak seleksian hotel dan asrama dekat Gunung Pangrango dengan ijab terbaik di Traveloka

3. Jabal Gede

Daftar Gunung Tertinggi di Jawa Barat - Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede

Alun-alun Surya Emas di Bukit Gede

Di belai ketiga yaitu Gunung Gede dengan ketinggian sekitar 2.958 mdpl. Sama seperti Dolok Pangrango, Gunung Gede pula menjadi penggalan dari Cagar alam Bukit Gede Pangrango (TNGGP). Lokasinya berada di dua daerah, yaitu Sukabumi dan Cianjur.

Konon, panorama dari puncak Gunung Gede tertentang lebih luhur dibanding Ardi Pangrango. Salah satu ikon naik daun Gunung Gede adalah Lapangan Mentari Kencana.

Banyak yang menyebut Tanah lapang Surya Kencana seumpama kedewaan yang nyata. Ini karena pemandangan nan ada di sana terlampau mengesankan. Ditambah pun keberadaan pokok kayu Edelweis takhlik seni taman Lapangan Surya Kencana makin mengesankan.

Bagi para pemanjat, ajang ini merupakan pos favorit untuk berkumpul dan mendirikan bivak. Selain karena alamnya yang cakap, di sini engkau bisa menemukan mata air jernih cak bagi keperluan memantek.

Hotel & Penginapan Terbaik dekat Gunung Gede

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Gunung Gede dengan penawaran terbaik di Traveloka

4. Ancala Cikuray

Daftar Gunung Tertinggi di Jawa Barat - Gunung Cikuray

Terletak di Kabupaten Garut, Gunung Cikuray memiliki ketinggian selingkung 2.821 mdpl. Bukit ini dikenal fertil menyervis panorama besar awan yang memikat. Bahkan nggak jarang yang menyebut puncak Gunung Cikuray layaknya negeri di atas peledak.

Selain itu, pemandangan
sunrise
dan
sunset
Gunung Cikuray disebut perumpamaan salah satu nan terbaik. Bakal menikmatinya, ia harus melakukan pendakian moga tiba di puncak gunung. Setidaknya terserah enam jalur pendakian nan masyarakat dilalui oleh para pendaki.

Jalur Pemancar merupakan jalur paling kecil naik daun yang titik mulanya pendakiannya dimulai berpunca Stasiun Penjelas Televisi Garut. Opsi kedua merupakan
summit track
melangkahi Kiara Janggot. Cak bagi pilihan trek yang lebih singkat suka-suka Kolek Pamalayan.

Saringan selanjutnya adalah Jalur Cintanagara/Bayongbong yang terdapat di sebelah Jalur Pamalayan. Kolek kelima yaitu Tapak Geurot dan Jalur Cikajang menjadi pilihan terakhir.

Hotel & Penginapan Terbaik dekat Dolok Cikuray

Temukan makin banyak pilihan hotel dan asrama dekat Gunung Cikuray dengan penawaran terbaik di Traveloka

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan - Destinasi wisata di garut

Gunung Papandayan | Sumber gambar: Wikipedia

Enggak sonder alasan kalau pesona Gunung Papandayan disebut tidak lekang oleh waktu. Sebab, pemandangan tunggul yang disuguhkan terasa sani dan komplet. Ada gugusan kawah, rimba senyap, setakat padang bunga Edelweiss.

Dengan taktik tarik tersebut, maka nggak riuk kalau dolok setinggi 2.665 mdpl ini termasuk salah satu destinasi wisata naik daun di Garut. Selain itu Gunung Papandayan juga menjadi lokasi nan cocok bikin pendaki pemula, memahfuzkan ketinggiannya tergolong sedang.

Lebih detail lagi jalur pemanjatan yang ada di Gunung Papandayan ini nggak bersisa panjang, meski beberapa tanjakan terasa terjal. Bakal dia nan mau bermalam, ada dua pos nan boleh dipilih.

Pos pertama adalah Pos Goberhut dengan luas yang terbatas dan diperkirakan hanya mampu menampung 10 tenda. Bakal pilihan pos yang lebih luas adalah Pos Salada.

Hotel & Penginapan Terbaik damping Jabal Papandayan

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Gunung Papandayan dengan penawaran terbaik di Traveloka

6. Gunung Patuha

Daftar Gunung Tertinggi di Jawa Barat - Gunung Patuha

Gunung Patuha memiliki tinggi sekitar 2.434 mdpl dan menjadi argo tertinggi keenam di Jawa Barat selepas Papandayan. Berlokasi di Kabupaten Bandung, Ardi Patuha memiliki kepundan putih yang sangat eksotis. Wisatawan mengenalnya laksana Kawah Tahir Ciwidey.

Selain Mulut gunung Putih Ciwidey, Gunung Patuha masih memiliki tiga kawah lagi, adalah Kepundan Saat nan berbenda di puncaknya, Kawah Cibodas, dan Kawah Tiis/Legoktiis. Kabarnya belum banyak pendaki yang mengeksplorasi gunung ini. Tambahan pula panggung pendakiannya pun disebut masih alami.

Jalan merentang puncak Gunung Patuha dapat ditempuh melalui 3 rute, merupakan melangkahi kawah murni, jalur Panceuling, dan Jalur Cipanganten. Setibanya di puncak, kamu bisa menyaksikan alangkah indahnya kawah putih dari ketinggian.

7. Gunung Puntang

Dolok Puntang ialah salah satu gunung yang menjadi bagian dari pegunungan Malabar. Gunung ini memiliki ketinggian sekeliling 2.223 mdpl dan kabarnya sarat akan rekaman kolonial Belanda.

Situasi ini nggak lepas bersumber keberadaan Stasiun Radio Malabar yang terserah di Giri Puntang. Dulunya stasiun radio ini menjadi alat angkut komunikasi bakal pemerintahan Belanda yang ada di Indonesia dengan pemerintahan Belanda yang suka-suka di negaranya sendiri.

Waktu ini, Stasiun Radio Malabar hanya menyisakan robohan-reruntuk dan menjadi
spot
favorit pemanjat untuk berfoto. Jejak kolonial Belanda lainnya adalah sebuah terowongan nan nggak jauh berpokok lokasi stasiun radio.

Bikin menumpu Puncak Mega Gunung Puntang, kamu hanya membutuhkan perian trekking sekeliling 3-4 jam dengan dua pilihan sagur. Pertama jongkong VIP nan dikenal cepat, tetapi medannya terbilang curam. Pilihan kedua adalah jalur publik dengan medan yang lebih landau, hanya perian tempuhnya lebih lama.

Hotel & Penginapan Terbaik damping

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan asrama sanding dengan ijab terbaik di Traveloka

8. Gunung Gonggongan anjing

Meski dijuluki umpama dolok terangker di Jawa Barat, keadaan tersebut nggak menyusutkan minat para pendaki untuk menundukkan puncak Gunung Gonggongan anjing. Gunung ini memiliki tiga puncak dengan jalal berbeda-beda.

Puncak Manik merupakan puncak tertinggi dengan 2.211 mdpl. Menyusul Puncak Salak II dengan tinggi 2.180 mdpl dan Puncak Ketumbu setinggi 1.926 mdpl. Nah, bakal tiba di puncak tersebut, terserah catur sagur pendakian yang bisa kamu pilih.

Jalur Cangkuang, Cidahu menjadi rekomendasi mula-mula karena teragendakan jongkong favorit pendaki. Tiga pilihan lainnya adalah Jalur Curug Pilung (Gunung Jaya), Jalur Kutajaya (Cimelati), dan Jalur Pasir Reungit.

Hotel & Penginapan Terbaik dempet

Temukan lebih banyak seleksian hotel dan mes dekat dengan ijab terbaik di Traveloka

9. Gunung Ancala Tunggul

Menjulang sama 2.206 mdpl, Gunung Argo Tunggul adalah giri tertinggi yang ada di Bandung Lor. Gunung ini n kepunyaan 3 jalur penting, yaitu Jalur Kampung Pangli, Kampung Patrol, dan Pasir Angling. Di antara ketiga jalur tersebut, Pasir Angling menjadi rute yang paling sering dilalui para pendaki.

Konon di puncak Gunung Bukit Tunggul terletak peninggalan manusia prasejarah dan sebuah tugu yang kabarnya yaitu bekas kegiatan penelitian ahli ilmu bumi di masa lalu.

Hotel & Penginapan Terbaik dekat

Temukan makin banyak pilihan hotel dan penginapan akrab dengan penawaran terbaik di Traveloka

Dari 9 ancala di atas, lokasi mana nih yang nikah kamu taklukkan? Buat kamu yang nggak suka naik ancala,
glamorous camping
atau
glamping
bisa kamu coba ibarat gantinya.

Glamping
yakni sebutan bikin akomodasi nan memungkinkan para tamunya menikmati suasana tunggul termengung dengan sebuah ceteri yang berisi fasilitas layaknya hotel bintang 5. Di Jawa Barat, anda bisa mengunjungi beberapa lokasi
glamping
terkenal begitu juga Maribaya Glamping Tent Lembang, Highland Park Resort Bogor, Dusun Bambu Resort, Legok Kondang Lodge, dan Rancabali Lake Side Ciwidey.

Bakal pemesanan
glamping
di atas, kamu bisa melakukannya terlampau Traveloka. Selain itu, Traveloka sekali lagi menyediakan layanan pelawatan ke Jawa Barat, baik via bus, kereta api, maupun pesawat. Ayo, cek permintaan Traveloka saat ini dan nikmati promo terbaiknya!

Hotel & Penginapan Terbaik di Jawa Barat

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan mes di Jawa Barat dengan penawaran terbaik di Traveloka

Source: https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/gunung-tertinggi-di-jawa-barat-surganya-para-pendaki-acc/166303

Posted by: caribes.net