Herbert Spencer Mempelajari Masyarakat Dengan Menggunakan Pendekatan

Halo Sobat Edcent!

Kali ini kami akan mengajakmu bertahuan dengan salah satu tokoh ilmu masyarakat yang terkenal beserta dengan teori sosiologi yang ia cetuskan. Ambillah, tokoh ilmu masyarakat nan kami tujuan ini merupakan Herbert Spencer. Kamu kenal gak nih sekelas Herbert Spencer, atau paling gayutan denger namanya kan? Nah, berbunga lega mangut mikirin siapa kamu dan apa perannya intern sosiologi, simak aja ayo penjelasan berikut.

Herbert Spencer merupakan sendiri teoretikus Inggris serta seorang pemikir teori liberal klasik yang terkemuka. Meski banyak sekali karya Spencer nan ditulis berisi tentang kebijakan, serta menekankan pada “keuntungan akan kedermawanan”, sekadar dia lebih lagi lebih dikenal ibarat kiai Darwinisme Sosial.

Fakta Evolusi Sosial

Herbert Spencer berpendapat bahwa fakta pertama yang minimal terdepan n domestik evolusi sosial ialah peningkatan jumlah penghuni. Nah, tau gak sih, peningkatan total penghuni ini lagi tergantung plong persediaan ki gua garba dan kesempatan-kesempatan nan disajikan makanya duaja loh sobat edcent. Pertumbuhan ini kemudian juga lain sekadar merupakan akibat berbunga kekuatan kelahiran, saja juga bisa ditimbulkan maka dari itu penyimpulan satuan-satuan sosial nan disertai dengan kenaikan diferensiasi struktural.

Menurut Spencer, evolusi sendiri terbagi dalam tiga aspek, yakninya diferensiasis struktural, spesialisasi fungsional, dan juga integrasi yang meningkat. Kemudian Spencer juga menjatah nih struktur-struktur, bagian-penggalan ataupun sistem-sistem yang kulur internal evolusi masyarakat menjadi tiga, yakninya:

1.       Sistem Penopang, berguna kerjakan mencukupi keperluan-keperluan cak bagi ketahanan nyawa masyarakat.

2.       Sistem Pengatur, berjasa untuk mengatur hubungan-hubungan dengan masyarakat lainnya, dan lagi mengatur perhubungan-ikatan yang terjadi diantara anggotanya.

3.       Sistem Pembagi (Distributif), gunanya merupakan untuk mengapalkan komoditas-dagangan dari suatu sistem ke sistem lainnya.

Tahap Evolusi Sosial

Ada tiga tahapan intern proses evolusi sosial dengan tipe-spesies masyarakatnya menurut teori sosiologi Spencer. Tiga tahap tersebut antara lain yakni:

1.       Tipe masyarakat tercecer

Dalam awam primitif ini ternyata dapat dikatakan bahwa belum ada yang namanya diferensiasi dan spesialisasi fungsional. Pencatuan kerja di sini juga masih cacat sobat edcent. Dulu hubungan kekuasaannya belum tampak jelas. Nah, mahajana jenis primitif sangat terjemur dengan mileu. Kerja sama akan terjadi secara bersama-sama di sini, dan didukung oleh adanya kombinasi aliansi

2.       Macam masyarakat militan

Jadi sobat edcent, di tipe masyarakat ini heterogenitas telah mulai meningkat sebab bertambahnya jumlah pemukim alias karena adanya penaklukan. Peristiwa yang paling bermakna adalah adanya penyerasian tugas-tugas yang dikhususkan, dilakukan dengan paksaan. Cara ini membutuhkan sistem-sistem atau adegan-bagian yang boleh menata dirinya seorang. Kerjasama yang bukan sukarela tersebut dijamin keberlangsungannya oleh seorang pemimpin, serta kemudian maka dari itu negara secara kewarganegaraan. Ambillah, lakukan sobat edcent ketahui juga, pengendalian oleh negara ini tidak saja adv minim puas produksi dan distribusi, saja juga puas rataan-bidang vitalitas pribadi.

3.       Varietas publik pabrik

Tipe masyarakat nan ketiga ini bersifatkan suatu tingkat kompleksitas yang habis tinggi, nan tidak lagi dikendalikan oleh kekuasaan negara. Sebagai gantinya mahajana pun di sini mengendalikan diri sendiri, seperti hak menentukan diri sendiri, kerjasama sukarela, dan juga keadilan berbagai rupa arti. Nah, kondisi sebagaimana ini ternyata menyebabkan individualisasi loh sobat edcent, yang mana ditandai dengan berkurangnya intrusi pemerintah.

Makara sobat edcent itulah teori ilmu masyarakat semenjak Herbert Spencer. Jika sobat edcent cak hendak mempelajari materi ini lagi dalam rangka video, dia bisa cek di sini ya edcent.id . Vitalitas sobat edcent!!

Baca juga: Sosiologi Inferior X: Emile Durkheim dan Teori Sosiologinya

Mata air:

Muin, Idianto; 2004. Ilmu masyarakat Untuk SMS Kelas X. Erlangga. Jakarta

Source: https://blog.edcent.id/sosiologi-kelas-x-teori-sosiologi-dari-herbert-spencer/