Hikmah Perkembangan Islam Di Indonesia

Hikmah Mempelajari Peradaban Islam Masa Modern

Mengambil pelajaran dari kebudayaan Islam Beradab
 – Peradaban Islam Maju merupakan waktu yang diawali pada tahun 1800 M hingga sekarang. Masa pembaharuan (berbudaya) ditandai dengan adanya kesadaran umat Islam mengenai kelemahan dirinya dan adanya dorongan bagi memperoleh kemajuan agama Islam n domestik berbagai satah, terutama n domestik bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mempelajari sejarah Islam dan peradabannya tentu mempunyai keefektifan yang lalu lautan bagi kita semua. Mengenai kursus nan dapat kita renggut dari peradaban Selam pada era modern adalah sebagai berikut.


1. Harus Menjaga Biji-Biji Ketauhidan dan Akidah Islamiah

Baca Lainnya :

  • 4 Langkah Menanamkan Akhlak ke Anak Menurut Pimpinan Islam0
  • Bagaimana Seharusnya Umat Islam Menyikapi Batu?0
  • Rasa Berat pinggul kerumahtanggaan Kacamata Islam dan Cara Mengatasinya0
  • 5 Cara Menghilangkan Pikiran Kumuh yang Mudah Anda Lakukan0
  • Cara Menyejukkan Ingatan Subversif semoga Nyawa Lebih Bahagia0

Lega perkembangan Selam abad berbudaya, Islam mengalami penurunan keseleo satunya disebabkan makanya terkikisnya ponten-nilai ketauhidan dan akidah Islamiah. Para pemimpin Selam waktu itu bersikap nepotisme dan mementingkan kebaikan golongan daripada mementingkan kemajuan kultur Islam secara global dan signifikan.

Hal inilah yang boleh kita renggut ibarat pelajaran bahwa biji-biji tauhid dan akidah Islamiah adalah inisiator suatu tamadun. Dengan akidah islamiah, perilaku kita akan sesuai dengan wahi Islam dan terasuh dari sifat tamak dan individualis.


2. Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan adalah suku cadang nan penting bagi suatu kebudayaan. Persatuan dan kesatuan umat Islam di Indonesia adalah persatuan yang mengesampingkan perbedaan pendapat dan mazhab. Jangan sampai terjadi konflik horizontal antarumat orang islam sendiri yang cuma akan merugikan umat Selam sendiri.

3. Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Aji-aji Pengumuman

Ilmu pengetahuan adalah jambatan yang mengaduh suatu kultur dengan lingkungan luar. Implikasinya dalam kehidupan adalah dengan mantra pengetahuan yang luas kita akan mampu eksis dalam menghadapi perubahan zaman dan kemenangan global.



4. Meningkatkan Perebutan Ilmu Teknologi


Peradaban Islam abad modern mengalami kemunduran karena ketidakantusiasan umat Selam n domestik teknologi dan mualamat. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa dan agama kiranya selalu mengikuti perkembangan ilmu maklumat dengan antusias dan positif dalam menggunakannya.



5. Menjaga Kemurnian Wahi Islam


Orisinalitas ajaran Islam adalah ajaran Islam yang lain terbaur dengan budaya hamba allah dan pengaruh berpunca asing. Apabila  suatu ajaran tercampur dengan budaya orang, maka ajaran tersebut akan berleleran. Perkembangan Islam pada musim modern masih banyak bias-distorsi tanzil Selam. Umat Islam harus sungkap dari gari dusta, khurafat, dan takhayul. Akan sekadar, takdirnya budaya manusia tersebut lain menyampuk hukum Islam, maka tak masalah bila dijalankan.

Nah, itulah 5 latihan yang bisa kita rampas berbunga kebudayaan Islam modern, demikian artikel tentang agama Islam yang dapat

saya berbagi
, dan hendaknya signifikan.



Source: http://inforepublik.com/hikmah-mempelajari-peradaban-islam-masa-modern

Posted by: caribes.net