Ilmu Yang Mempelajari Tentang Batuan Adalah

Daftar Isi

  • Pengertian Geografi
    • Pengertian Geografi Menurut Para Ahli
    • Ira Lingkup Geografi
      • 1. Geografi Jasad
      • 2. Geografi Regional
      • 3. Ilmu permukaan bumi Sosial
    • Sasaran Studi Sreg Ilmu permukaan bumi
      • 1. Incaran Material
      • 2. Objek Seremonial
    • Cabang-Cabang Geografi

Pembelajaran mengenai ilmu permukaan bumi bisa kamu dapatkan puas mata pelajaran IPS, nah kali ini Pintar Nesia akan membicarakan tentang ilmu permukaan bumi mulai bermula pengertian, mangsa, ruang lingkup dan cabang geografi.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik.

Kata Ilmu permukaan bumi berasal dari bahasa Yunani yaitu
“Geo”
nan signifikan
Marcapada, dan “Graphein” nan bermakna
Menjelaskan
atau
catatan. Para praktisi, ilmuwan dan penulis di latar geografi disebut geografer.

Berikut ini adalah pemaparan adapun denotasi ilmu permukaan bumi secara umum dan pengertian geografi menurut para pakar, simak dengan baik!

Pengertian Geografi

Yaitu satu meres ilmu yang idiosinkratis mempelajari mengenai lokasi serta pertepatan dan perbedaan keruangan atas fenomena jasad serta manusia di atas parasan mayapada.

Ada pendapat enggak yang mengatakan signifikansi geografi merupakan studi tenteng ciri-ciri fisik dari bumi dan atmosfernya, dan aktivitas yang dipengaruhi dan mempengaruhi.

Cak bagi memperdalam kalian tentang pengertian semenjak geografi menurut para pandai, berikut ini merupakan denotasi geografi menurut para ahli.

Baca Juga : Sumber Daya Alam

Mengenai sejumlah pendapat tentang pengertian geografi menurut para ahli, yang dimana mereka mengemukakan pendapatnya sebagai berikut.

1. Preston E. James

Merupakan induk bermula ilmu pemberitahuan, peristiwa ini karena intern bidang ilmu pengetahuan cangap di menginjak pecah situasi muka manjapada, kemudian beralih pada pengkhususan guna-guna pengetahuan masing-masing.

2. Mustofa Bisri

Adalah satu ilmu yang mengklarifikasi akan halnya iklim, pemukim, latar bumi, flora dan fauna serta hasil – hasil yang ada di bumi.

3. Claudius Ptolomaeus

Adalah suatu penyajian melintasi kar dari seluruh dan sebagian rataan bumi.

4. IGI (Asosiasi Ilmu permukaan bumi Indonesia)

Ialah ilmu yang mempelajari paralelisme, dan perbedaan fenomena geosfer dengan/menggunakan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

5. Herioso Setiyono

Adalah suatu aji-aji nan mempelajari akan halnya hubungan timbal balik antara lingkungan dengan manusia serta merujuk terhadap cermin persebaran mendatar di bumi.

Baca Kembali : Mandu Geografi

Ruang Spektrum Geografi

Secara garis besar, geografi memiliki tiga ruang cak cakupan, tiba bermula jasmani, regional dan sosial. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketiga ruang lingkup geografi tersebut.


1. Geografi Fisik

Merupakan cabang geografi yang mempelajari tentang kondisi bodi pada rataan bumi, termasuk situasi atau fenomena yang terjadi di bumi.

Beberapa hal yang ada sreg pangsa cak cakupan ilmu permukaan bumi fisik mencengap semua gejala yang terjadi di
saduran kapling
(Pedosfer),
lapisan gegana
(Atmosfer),
lapisan batuan
(Litosfer),
ruang angkasa
(Antroposfer),
salutan air
(Hidrosfer) dan
lapisan arwah
(Biosfer).

Lega ruang spektrum ilmu permukaan bumi ini kembali mencakup keadaan nan terserah pada lingkungan
geosfer, sebagaimana iklim, buram, tatahan dan segala sesuatu yang mempengaruhi nyawa manusia (Gegana, Air dan Daratan).


2. Geografi Regional

Yakni cabang ilmu permukaan bumi yang mempelajari tentang kejadian-situasi khusus yang terjadi pada suatu daerah (kota, provinsi, desa dan negara). Selain itu, geografi ini juga mempelajari mengenai hal khusus yang cak semau pada suatu wilayah, baik aspek fisik maupun aspek sosial.


3. Geografi Sosial

Adalah cabang geografi yang mempelajari tentang semua kegiatan bani adam di bumi yang berkaitan dengan lingkungan hidupnya. Beberapa yang termasuk dalam urat kayu linkup nan satu ini adalah ekonomi, teknologi, budaya dan spirit sosial manusia.

Objek Studi Sreg Geografi

Dalam studi geografi terdapat dua mangsa yang harus dipelajari, berikut ini ialah objek studi berpangkal geografi nan dipelajari.


1. Korban Material

Adalah objek studi pada geografi yang berbentuk material seperti litosfer, pedosfer, biosfer, antroposfer, atmosfer dan hidrosfer.


2. Objek Jamak

Adalah bulan-bulanan penelitian pada geografi yang berhubungan dengan fenomena keruangan, untuk membahas tentang fenomena keruangan maka privat geografi umumnya dilakukan analisis persebaran di dalam bumi, lokasi.

Sehingga pelahap sekali ditemukan bermacam ragam fenomena lainnya yang masih saling berkaitan.

Baca Juga : Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Ceranggah Geografi

Secara umum penekanan geografi dibagi menjadi beberapa cabang, berikut ini merupakan beberapa cagak yang suka-suka pada penelitian geografi.

  1. Biogeografi, adalah bidang guna-guna yang mempelajari mengenai perputaran organisme nan ada di permukaan manjapada
  2. Hidrologi,
    adalah permukaan ilmu yang mempelajari tentang pergerakan, siklus, perigi buku, distribusi dan kualitas air yang cak semau pada seluruh bumi
  3. Paleontologi, adalah bidang ilmu yang mempelajari mengenai memori vitalitas nan suka-suka di bumi. Tiba dari pohon, hewan pada jaman prasejarah yang mutakadim menjadi sisa purba
  4. Geologi, adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang bumi. Secara tunggal satah ini mempelajari struktur, atak, proses pembentuknya dan rasam fisik
  5. Oseanografi, adalah meres aji-aji nan mempelajari semua keadaan yang masih berkaitan dengan raksasa
  6. Hidrogeologi, adalah satah ilmu nan fokus mempelajari akan halnya pergerakan batuan sreg kulit bumi dan air di intern kapling
  7. Geofisika,
    ialah satah ilmu yang mempelajari mengenai bumi kerumahtanggaan kaitanya dengan cara fisika
  8. Geokimia, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang adapun komposisi ilmu pisah yang ada sreg mayapada
  9. Geomorfologi, yaitu parasan ilmu yang mempelajari proses yang mengakibatkan proses pembentukan petak dan bagan lahan
  10. Mineralogi, adalah parasan guna-guna nan mempelajari tnetang sifat ilmu pisah, struktur intan buatan, mineral dan fisika dari mineral
  11. Vulkanologi, yaitu meres hobatan nan mempelajari akan halnya magma, lava, fenomena geologi dan giri berapi yang bersambung
  12. Petrologi, yaitu latar guna-guna yang mempelajari tentang batuan dan kondisi pembentukannya
  13. Antropologi, yakni bidang ilmu yang mempelajari mengenai manusia. Khususnya warna kulit, ciri-ciri, publik, bentuk fisik dan kebudayaan manusia
  14. Ilmu kependudukan, adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pemukim. Mulai dari jumlah penduduk pada suatu negeri hingga komposisi penghuni
  15. Ilmu permukaan bumi Matematik, adalah bidang ilmu yang berhubungan dengan antisipasi bagan, ukuran dan gerakan dunia
  16. Geografi Historik, adalah latar aji-aji nan mempelajari mengenai perkembangan manjapada dan memori bumi
  17. Astronomi, merupakan bidang aji-aji yang mempelajari tentang benda benda yang ada di langit (luar bentangan langit bumi). Seperti planet, tanda jasa, matahari, wulan dan bentangan langit
  18. Geografi Politik,
    ialah satah ilmu nan secara unik mengerjakan pengkajian tentang kondisi politik, keefektifan arti satu negara secara geografis
  19. Geografi Regional,
    adalah bidang ilmu nan mempelajari area atau wilayah tertentu di bumi

Ambillah, itulah sedikit pemaparan dan penjelasan tentang pelajaran Ilmu permukaan bumi. Semoga artikel ini bisa berjasa bikin kamu dan sekali lagi boleh bermanfaat cak bagi Pintar Nesia koteng. Jika ada kesalahan kerumahtanggaan penulisan artikel ini mohon lakukan dimaklumi dan dimaafkan.

Source: https://www.pinhome.id/blog/pengertian-geografi-2/