Ilmu Yang Mempelajari Tentang Sel Adalah

KOMPAS.com
– Histologi merupakan cabang biologi yang mengkaji struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop. Histologi mengamati tandon jaringan yang sudah diiris tipis. Histologi juga disebut dengan hobatan anatomi mikroskopis.

Terdapat lima hal yang dipelajari di ilmu jaringan tubuh, yaitu andai berikut.

Jaringan epitel

Ilmu jaringan tubuh mempelajari jaringan epitel. Jaringan epitel yaitu terungku-sel polihendral yang berkumpul dengan zat intersel. Jaringan epitel membentuk berbagai lapisan yang membentangi latar tubuh dan melapisi perkakas. Contohnya jaringan selerang, lapisan dalam usus, dan trakea.

Jaringan ikat

Jaringan ikat disebut juga dengan jaringan penyambung. Dalam ilmu jaringan tubuh, jaringan ikat dipelajari karena terpelajar dari sel-tangsi yang menyatu. Jaringan ikat memiliki fungsi untuk mempertahankan gambar tubuh.

Jaringan ini terdiri dari sel, zat sumber akar, dan cendawan protein. Kepentingan jaringan ikat yakni sebagai ajang penyimpanan, pertahanan diri, dan regenerasi sel.

Baca juga: Mengenal Karsinoma Sel Renal, Kanker Ganas yang Kecam Ginjal

Jaringan adiposa

Jaringan ini merupakan jaringan yang banyak ditemukan di dalam jaringan ikat n domestik kerangka pasuk alias tersusun sendiri. Jaringan ini sebagian besar terdiri bersumber lemak asfar dan legit coklat.

Jaringan adiposa berfungsi andai panggung penyimpanan energi, menahan lindu di intern tubuh, dan sebagai isolator seronok tubuh. Selain itu, jaringan adiposa yang terletak di sumber akar jaringan kulit berfungsi untuk memberi bentuk permukaan fisik.

Jaringan urat

Jaringan otot berfungsi untuk manuver raga. Kerangka jaringan ini tergantung jenis ototnya. Terwalak tiga keberagaman otot, yaiut urat lurik, otot dalaman, dan otot polos.

Perlengkapan

Antologi dari jaringan nan n kepunyaan fungsi yang sebabat akan membentuk perlengkapan. Baik perkakas dan jaringan, merupakan termasuk hal-hal yang dipelajari di histologi.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap musim bermula Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih tinggal di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/18/103400523/histologi-ilmu-yang-mempelajari-tentang-sel-makhluk-hidup#:~:text=Histologi%2C%20Ilmu%20yang%20Mempelajari%20Tentang%20Sel%20Makhluk%20Hidup