Ilmu Yang Mempelajari Tentang Susunan Dan Fungsi Sel Disebut

Ceranggah Guna-guna Biologi – Ilmu hayat dari dari bahasa Yunani, yaknibios
yang artinya jiwa danlogos
yang artinya ilmu. Bintang sartan Biologi adalah sebuah studi adapun sesuatu yang hidup beserta ki aib kelainan yang menyangkut hidupnya.

Ibarat sebatang pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang dahulu ki akbar yang memiliki banyak cagak. Tiap simpang ilmu itu akan bercabang lagi menjadi anak cabang mantra yang baru.

Beberapa cabang ilmu hayat nan telah berkembang, di antaranya adalah seperti nan disebutkan berikut ini

Daftar Isi

  • A. Berdasarkan Korban Kajiannya
    • 1. Botani
    • 2. Bakteriologi
    • 3. Mikologi
    • 4. Mikrobiologi
    • 5. Parasitologi
    • 6. Virologi
    • 7. Zoologi
  • B. Berdasarkan Struktur dan Fungsi Manusia Hidup
    • 1. Ilmu tasyrih
    • 2. Fisiologi
    • 3. Histologi
    • 4. Morfologi
    • 5. Sitologi
  • C. Berdasarkan Tema Modalnya
    • 1. Ekologi
    • 2. Etologi
    • 3. Evolusi
    • 4. Genetika
  • D. Berdasarkan Objek dan Tema Pokoknya
    • 1. Ekologi Hewan
    • 2. Ilmu lingkungan Tumbuhan
    • 3. Genetika Manusia
  • E. Koalisi Biologi Terhadap Ilmu Pengumuman Lainnya
    • 1. Hubungan Biologi Terhadap Ilmu Fisika
    • 2. Hubungan Biologi Terhadap Ilmu Kimia
    • 3. Perhubungan Biologi Terhadap Aji-aji Matematika
    • 4. Korespondensi Biologi Terhadap Ilmu Sosial
    • 5. Hubungan Biologi Terhadap Mantra Marcapada/Ilmu perbintangan
  • Cabang Cabang Ilmu Biologi Lainnya
    • Bagikan ini:
    • Terkait


A. Berdasarkan Objek Kajiannya

Sejumlah cabang biologi berdasarkan target kajiannya, antara enggak


1. Botani

Botani adalah simpang mantra biologi nan mempelajari tentang pohon menghampari jenis, struktur, arus, dan klasifikasinya. Aji-aji ini sangat penting dan banyak digunakan dalam dunia pertanian.


2. Bakteriologi

Bakteriologi adalah ilmu atau pengkhususan yang mempelajari bakteri dan pengaruhnya terhadap sebuah penyakit dan pembeli-obatan, serta bidang lainnya sebagai halnya pertanian, industri, perekonomian yang berkaitan dengan pembusukan makanan dan anggur.


3. Mikologi

Mikologi yaitu cabang hobatan pengetahuan yang mempelajari tentang fungi (jamur) atau besar perut disebut lagi cendawan. Kajian dalam mikologi antara lain meliputi taksonomi rabuk, ilmu faal jamur, bioteknologi jamur, budidaya baja.


4. Ilmu mikrob

Mikrobiologi adalah sebuah simpang dari mantra biologi yang mempelajari mikrob. Korban kajiannya biasanya adalah semua makhluk (semangat) nan wajib dilihat dengan lup, khususnya bakteri, fungi, algamikroskopik, protozoa, dan Archaea.


5. Parasitologi

Parasitologi adalah suatu ilmu cagak Biologi nan mempelajari tentang semua organisme parasit. Organisme sakat adalah organisme yang hidupnya bersifat parasitis; yaitu hidup nan selalu merugikan organisme yang ditempatinya (hospes).


6. Virologi

Virologi adalah cabang biologi yang mempelajari makhluk suborganisme, terutama virus. Dalam perkembangannya, selain virus ditemukan pula viroid dan prion. Kedua kelompok ini saat ini juga masih menjadi bidang kajian virologi.


7. Zoologi

Ilmu hewan, yaitu ilmu biologi yang mempelajari mengenai seluk beluk serta perilaku dabat. Ilmu ini menutupi ilmu urai proporsi, psikologi hewan, biologi molekular, etologi, ekologi perilaku, ilmu hayat evolusioner, taksonomi, dan paleontologi.


B. Berdasarkan Struktur dan Fungsi Anak adam Hidup


1. Anatomi

Anatomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari bentuk dan koalisi organ-peranti tubuh satu organisme.

Internal dunia kedokteran, cagak ilmu biologi ini sangat penting. Kamu akan mempelajari tentang struktur tubuh internal dari khalayak usia. Mulai dari ujung atasan hingga ujung kaki.

Cabang anatomi yang tunggal mempelajari hewan disebut dengan zootomi, padahal cabang anatomi untuk tanaman disebut dengan filotomi.


2. Fisiologi

Fisiologi alias fisiologi (dibaca fa-al) merupakan keseleo satu dari cabang-cabang ilmu hayat yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan.

Pengertian lainnya adapun Fisiologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari faedah (faal) alat-alat fisik organisme.


3. Histologi

Histologi adalah ilmu yang mempelajari jaringan secara detail. Misalnya seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih ada banyak diversifikasi jaringan lainnya yang dipelajari menunggangi kaca pembesar. Ilmu jaringan tubuh dapat juga disebut sebagai ilmu anatomi mikroskopis.


4. Morfologi

Ilmu bentuk kata adalah hobatan yang mempelajari bentuk dan struktur luar suatu organisme.


5. Sitologi

Sitologi (juga disebut biologi sengkeran) merupakan mantra yang mempelajari rumah pasung. Situasi yang dipelajari internal biologi kamp mencengam aturan-sifat fisiologis terungku seperti struktur dan organel yang terletak di n domestik sel, lingkungan dan antaraksi sel, daur hidup sel, pembelahan lembaga pemasyarakatan dan keistimewaan terungku (fisiologi), sampai kematian bui.


C. Berdasarkan Tema Terpangkal


1. Ekologi

Ekologi adalah ilmu nan mempelajari hubungan timbal mengsol antara makhluk hidup dengan lingkungannya (interaksi faktor biotik dengan faktor abiotik).


2. Etologi

Etologi ialah ilmu nan mempelajari tentang hubungan timbal erot antara orang hidup dan lingkungannya.


3. Evolusi

Evolusi adalah ilmu yang mempelajari proses perubahan struktur tubuh lega makhluk spirit secara sedikit berangsur-angsur dalam masa nan cukup lama, sehingga terbentuk spesies baru.


4. Genetika

Genetika ialah ilmu nan mempelajari pola pewarisan ataupun cara-cara penurunan sifat menurun lega makhluk usia.

Pelecok satu tokoh yang naik daun berasal cabang hobatan ini adalah Gregor Johann Mendel, atau normal dikenal juga dengan bapak genetika modern.


D. Berdasarkan Bulan-bulanan dan Tema Modalnya


1. Ekologi Sato

Ekologi satwa yaitu hobatan yang mempelajari adapun hubungan timbal mengot antara hewan dan lingkungannya.


2. Ilmu lingkungan Pohon

Ekologi tumbuhan merupakan ilmu nan mempelajari adapun koalisi timbal balik antara tumbuhan dan lingkungannya.


3. Genetika Manusia

Genetika insan merupakan ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat lega manusia.


E. Jalinan Biologi Terhadap Ilmu Permakluman Lainnya

Berikut ini merupakan cagak ilmu ilmu hayat yang gandeng terhadap aji-aji maklumat lainnya.


1. Hubungan Biologi Terhadap Hobatan Fisika

Berikut ini ialah ilmu biologi nan berhubungan dengan hobatan fisika, antara lain

Biofisika

Biofisika ialah salah suatu aji-aji fisika yang mengkaji aplikasi aneka perangkat dan syariat fisika untuk menguraikan aneka fenomena hayati atau biologi.

Biofisika berkembang lampau pesat sejak awal masa 1980 dengan makin mapannya aneka teori fisika yang telah terserah.

Radiologi

Radiologi ialah ilmu kedokteran bagi melihat bagian rama badan manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik.


2. Hubungan Biologi Terhadap Ilmu Ilmu pisah

Berikut ini merupakan ilmu biologi yang berbimbing dengan ilmu ilmu pisah, antara lain

Biometri

Biometri adalah pengukuran yang dilakukan puas proses biologis. Fungsi lainnya berasal biometri merupakan pengukuran matematis yang biasa digunakan internal pemeriksaan biologis

Genetika

Genetika ialah cabang biologi nan mempelajari pewarisan rasam pada organisme maupun suborganisme. Secara singkat boleh juga dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang gen dan apa aspeknya.


3. Persaudaraan Biologi Terhadap Ilmu Matematika

Berikut ini yakni mantra ilmu hayat yang berbimbing dengan ilmu matematika, antara lain

Biokimia

Biokimia ialah kimia makhluk hidup. Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme.

Biomolekuler

Biomolekuler ilmu yang mempelajari sintesis-senyawa organik sederhana pembentuk organisme hidup dan bersifat khas sebagai produk aktivitas biologis.

Farmakologi

Ilmu obat yaitu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. Dalam hobatan ini dipelajari: Penekanan adapun keburukan-penyakit Kemungkinan pengobatan Penggalian perunding-obat baru.

Fisiologi

Fisiologi alias ilmu faal adalah riuk satu dari cagak-cagak biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem semangat. Istilah “ilmu faal” dipinjam dari bahasa Belanda, physiologie, yang dibentuk semenjak dua introduksi Yunani Kuno: φύσις, physis, bermanfaat “asal-usul” atau “hakikat” dan λογία, logia, yang berarti “kajian”.


4. Hubungan Biologi Terhadap Ilmu Sosial

Berikut ini merupakan guna-guna ilmu hayat yang gandeng dengan mantra sosial, antara lain

Antropologi

Antropologi berpunca dari bahasa Yunani anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti referensi (berpikir logis, berakal) atau disebut ilmu. Secara etimologis, antropologi berarti ilmu nan mempelajari manusia.

Kedokteran

Kedokteran adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran yakni cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kebugaran bani adam dan melawan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan puas problem dan cedera.

Ilmu jiwa

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu manifesto dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku dan maslahat mental manusia secara ilmiah. Para praktisi n domestik bidang psikologi disebut para psikolog.


5. Pertalian Biologi Terhadap Geologi/Astronomi

Berikut ini yaitu hobatan biologi yang gandeng dengan ilmu manjapada/ilmu falak, antara tak

Ekologi

Ekologi merupakan cabang ilmu biologi nan mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk arwah dengan lingkungannya (interaksi faktor biotik dengan faktor abiotik).

Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Anak adam nan mempelajari geologi disebut geolog.

Oceanologi

Oseanografi, juga disebut oseanologi ataupun ilmu kelautan, adalah cabang ilmu Mayapada nan mempelajari segara maupun ki akbar.

Paleontologi

Paleontologi adalah cabang mantra biologi yang mempelajari usia hewan atau pokok kayu pada zaman lampau yang sudah lalu menjadi fosil.

Silang Cabang Ilmu Biologi Lainnya

Beberapa simpang ilmu hayat lainnya, antara lain

  1. Anatesi adalah cabang ilmu biologi nan mempelajari semua segi nan berbimbing dengan operasi atau pembedahan.
  2. Embriologi adalah cabang aji-aji biologi yang mempelajari kronologi embrio, mulai semenjak zigot hingga menjadi dewasa.
  3. Enotomologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari semua segi kehidupan insek
  4. Patologi adalah cagak ilmu biologi yang mempelajari komplikasi dan pengaruhnya terhadap jiwa organisme.
  5. Phylogeni merupakan cabang hobatan biologi yang mempelajari perkembangan makhluk hidup terbit bentuk tidak sempurna sampai hipotetis.
  6. Taksonomi yakni simpang mantra biologi nan mempelajari  pencadangan, pengelompokan dan pun perincian semenjak beraneka rupa jenis makhluk semangat bersendikan dengan pertepatan dan sekali lagi perbedaan sifatnya. Nama kelompok klasifikasi disebut dengan takson.
  7. Terratologi ialah cabang ilmu biologi nan mempelajari kelainan atau minus mudigah dalam masa kandungan.
  8. Dan masih banyak lagi cabang-silang lainnya yang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Itulah tadi cabang-cabang biologi serta hubungannya dengan hobatan kenyataan lainnya, dan masih ada banyak kembali cabang-cabang lainnya. Jangan pangling bikin membaca kata sandang lainnya lakukan menggunung wawasanmu.

Cabang Cabang Ilmu Biologi




Source: https://gim-bi.com/cabang-cabang-ilmu-biologi/