Istilah Lain Untuk Kelincahan Adalah

N domestik setiap permainan simpang olah tubuh pasti ada teknik asal yang harus dikuasai para pemainnya, termuat dalam hal ini adalah permainan olahraga tenis meja. Simpang olahraga yang dimainkan makanya dua atau empat anak adam pemain ini nisbi mudah dilakukan, asalkan anda menguasai tehnik radiks cara bertindak pingpong nan ter-hormat ketika memainkannya.

Dalam permainan tenis meja secara mahajana macam-macam teknik permainan nan harus dikuasai pada olahraga pingpong antara lain sebagai berikut:

Tehnik yang pertama ialah push. Push yakni birama backsspin pasif bikin menghadang servis backspin atau gempuran nan enggak terselami. Push adalah cara yang tegar bikin mengembalikan bola nan dipukul dengan tehnik backspin.

Tipe ketukan forehand drive yaitu pukulan yang terkuat. Internal pukulan ini raga kita menghalangi detik melakukan pemukulan, enggak sebagai halnya tehnik backhand. Pemakaian kepentingan otot juga lebih maksimal dibandingkan mentrum backhand.

Tehnik chop dilakukan kebanyakan anak tonsil dengan pendirian memanjang dari lapangan kurang kian sejauh 2 – 5 meter berpokok lapangan permainan. Kemudian kerjakan mengembalikan bola rendah dilakukan dengan tehnik backspin.

Dikatakan suatu pemain menggunakan tehnik topspin yaitu apabila pemain memukul bola sehingga bola tersebut berputar menjauh dari anak ningrat. Tehnik topspin dilakukan dengan cara memukul bagian belakang bola. Pukulan dilakukan dengan arah ke atas.

Mengenai tehnik lob merupakan pukulan yang dilakukan dalam rangka bertahan secara total dari ketukan smash. Tehnik lob dikatakan dilakukan dengan baik jika tinggi bola boleh mencapai setinggi 2 – 4 meter di udara.

Secara umum intern permainan pingpong, footwork ataupun gerakan langkah suku digunakan dalam dua nomor permainan tenis meja yaitu lakukan permainan nomor unik dan nomor ganda. Tehnik footwork pada nomor singularis lagi digunakan internal nomor ganda.

Banyaknya anju footwork untuk nomor tunggal dapat dibedakan menjadi satu langkah, dua anju dan tiga langkah. Adapun arah pergerakan footwork bisa ke arah depan, arah pinggul, arah samping kanan, sisi samping kiri maupun arah berbentuk diagonal.

Tehnik grip alias memegang bet bisa dibedakan menjadi 3 macam yaitu shakehands grip, penholder qalam dan seemiller grip atau yang dikenal dengan nama American grip. Dari ketiga tehnik grip ini tehnik shakehand grip yaitu yang minimal tersohor dan mahajana digunakan. Tehnik ini banyak disarankan maka dari itu pelatih pingpong di dunia antarbangsa.

Teknik service kerumahtanggaan permainan tenis meja dibagi menjadi dua antara lain servis backhand dan servis forehand. Keadaan ini memiliki persamaan seperti pada permainan bulu tangkis. Privat permainan tenis kenap, tehnik sikap asal terbagi menjadi 3 varietas, antara enggak: square stance, side stance, dan open stance.
Square stance adalah posisi dimana badan condong penuh ke meja. Posisi ini digunakan saat menerima servis berusul n partner ataupun posisi siap setelah memufakati ketukan berpokok padanan.
Side stance merupakan posisi dimana badan menyamping baik ke sebelah kanan maupun arah kidal. Sreg posisi ini jarak antara bahu dengan meja maupun net harus sanding. Open stance merupakan modifikasi terbit posisi side stance. Stance ini belaka digunakan untuk backhand block, kaki kiri agak terbuka keluar dan duga ke depan untuk anak tonsil tangan kanan.

Nah, demikian informasi mengenai neko-neko teknik sumber akar permainan tenis meja yang perlu dikuasai. Selamat berlatih buat dia khususnya pecinta latihan jasmani ini, agar bermanfaat.

Permainan tenis meja merupakan permainan bola kecil nan dahulu popular di kawasan Asia, terjadwal di Indonesia. Permainan tenis meja Cina yaitu samudra penguasa permainan tersebut. Permainan tenis meja yakni permainan individu, berdempetan, atau beregu bola kerdil. Permainan tenis meja memerlukan kelincahan, kelancaran, daya tahan, kekuatan, kesurutan urat, power, stamina dan kekompakan dalam bermain. Jadi, bagaimanakah kaidah melatih teknik dasar permainan tenis meja yang baik dan benar?

Pada dasarnya teknik permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat, yaitu : (1) Teknik memegang pemukul bola pingpong (grip), (2) Teknik siap sedia (stance), (3) Teknik gerakan tungkai (footwork), dan (4) Teknik birama (stroke). Tanpa penguasaan teknik dasar dolan pingpong dengan baik, kamu tidak mungkin bisa dolan tenis meja dengan baik pula. Saat ini coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan tenis meja dengan gemi, kemudian bermainlah simultan temanmu untuk mempraktikkan plural macam kegesitan yang cak semau dalam taktik ini, kemudian diskusikan kaidah bermain nan baik. Yakinlah dia “kamu bisa menjadi apapun yang kemu inginkan, dengan catatan kamu mendalam dan segenap hati melakukannya” Permainan tenis meja akan berhasil dengan baik apabila anda terampil melakukan teknik main-main tenis bidang datar.

Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan tenis kenap, coba ia bertindak tenis meja yang dimodifikasi. Dalam main-main, dia diharapkan boleh menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kooperasi, bahara jawab, menghargai padanan, loyalitas, dan toleransi. Sambil bermain coba ia amati dan rasakan gerakan menggampar bola yang mana mudah dilakukan.

Prinsip bermain tenis meja nan dimodifikasi adalah sebagai berikut.
a. Jumlah anak komidi 12 orang (bikin dua tim) masing-masing 6 pemain

lakukan satu tim.

b. Cara bermainnya dengan melambung-lambungkan bola dengan teknik asal forehand di tempat, dilanjutkan sambil berjalan, maju-memulur dan mengalir menyamping, secara perorangan, menempel ataupun kerumunan. c. Setiap pemain sandiwara berusaha melambung-lambungkan bola

sebanyak-banyaknya dengan menunggangi bet secara estafet.

d. Apabila bola yang dipukul terjatuh ke lantai, maka pemain sandiwara tersebut dinyatakan kalah.

e. Tim dianggap menang apabila dapat mematikan bola ke lapangan lawan sebanyak mana tahu.

f. Hari permainan buat setiap skuat 5–10 menit.

Maju, Mundur dan
Menyamping

Sehabis dia bermain tenis meja yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik asal mentrum permainan tenis meja yang benar. Teknik-teknik pukulan permainan tenis meja tersebut akan diuraikan secara sempurna sebagai berikut.

a. Pembelajaran Teknik Memegang Bet

Teknik menyandang bet (qalam) merupakan faktor yang sangat penting privat permainan pingpong. Secara garis osean pegangan bisa dibedakan menjadi dua macam, sebagai berikut.

1) Karier seperti Berjabatan Tangan

Sekarang coba kamu praktikkan memegang bet tenis meja cara shakehand
grip dengan pendirian

berikut ini.

a) Amati dan rasakan posisi tanganmu dalam menyandang bet pingpong dengan baik.

b) Temukan posisi tangan yang paling sesuai buat dirimu.

c) Lakukan memegang bet tenis meja berulang-ulang setakat kamu dapat merasakan posisi tangan nan enak kerumahtanggaan memegang bet tenis meja dengan cara shakehand grip.

d) Pegangan shakehand sangat populer terutama di negera-negara Eropa atau manjapada Barat. Dengan pegangan ini sendiri pemain boleh menggunakan kedua sisi bet.

2) Tiang penghidupan sebagaimana Memegang Nanyan Pena

Sekarang coba kamu praktikkan memegang bet tenis meja kaidah penhold
mopit dengan cara

berikut ini.

a) Amati dan rasakan posisi tanganmu dalam menjawat pemukul bola pingpong tenis meja dengan baik.

b) Temukan posisi tangan nan paling sesuai buat dirimu.

c) Bikin memegang bet pingpong berulang-ulang sebatas kamu dapat merasakan posisi tangan yang enak dalam menyambut bet tenis meja dengan cara penhold grip.

d) Penhold grip atau tiang penghidupan nanyan pena dikenal pula dengan

pegangan Asia, walaupun akhirnya kebanyakan anak tonsil Asia banyak menggunakan jalan hidup shakehand. Sreg pegangan ini hanya satu sisi bet yang bisa digunakan.

Gambar 2.32 Pencahanan penhold dilihat dari depan Bagan 2.33 Pegangan penhold dilihat berasal bokong

b. Penelaahan Teknik Siap Sedia

Pembelajaran teknik siap sedia (stance). Stance disini berarti : posisi kaki, badan dan tangan lega saat siap menunggu bola atau sreg momen memukul bola. Sekarang coba kamu praktikkan teknik siap sedia privat permainan tenis meja dengan pendirian berikut ini.

1)
Square Stance

Square stance adalah posisi badan membidik munjung ke kenap, biasanya

posisi ini digunakan untuk siap mengakui servis semenjak lawan atau siap kembali pasca- mengembalikan pukulan dari inversi.

2)
Side Stance

Side Stance berarti posisi awak menyamping, baik ke samping kiri maupun ke samping kanan. Pada side stance, jarak antara bahu ke bidang datar atau ke net harus ada yang lebih dempang.

Gambar 2.35 Side stance untuk pukulan
backhand

Bentuk 2.34 Posisi menghadap mumbung ke
meja square stance

c. Penerimaan Teknik Gerakan Kaki

Pembelajaran teknik gerakan suku (footwork). Footwork n domestik tenis meja sreg garis besarnya dibedakan untuk nomor tunggal dan nomor ganda.

Footwork nan digunakan n domestik permainan eksklusif telah otomatis digunakan

dalam permainan ganda. Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork, cak bagi distingtif dapat dibedakan : suatu ancang, dua langkah dan tiga ancang alias bertambah. Sisi pergerakannya dapat ke depan, ke belakang, ke samping kiri, ke samping kanan atau diagonal.

d. Pembelajaran Teknik Mentrum

Pembelajaran teknik pukulan (stroke). Terletak beberapa teknik pukulan dasar n domestik permainan tenis meja antara lain: (1) Push, (2) drive, (3) block, (4) chop, dan (5) service. Kelima teknik mentrum tersebut dapat dijelaskan suatu-per satu berikut ini.

1) Pendedahan Birama Push

Waktu ini coba kamu praktikkan ketukan push permainan tenis meja dengan pendirian berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bet dengan bola memperalat teknik pukulan push sreg betmu, dan salurkan tenaga ke pemukul bola pingpong sehingga bola tergugah dengan baik.

b) Temukan abstrak gerakan yang paling sesuai bikin dirimu.

c) Buat birama push berulang-ulang sampai kamu dapat merasakan model aksi yang sedap privat memukul bola.

d) Mentrum push rata-rata digunakan untuk menyamai mentrum-mentrum push itu seorang dan pukulan-pukulan-pukulan-pukulan chop. Pukulan push dapat dilakukan dengan gerakan forehand dan backhand push.

Tulangtulangan 2.36 Gerakan forehand push Tulang beragangan 2.37 Propaganda backhand push

2) Pembelajaran Mentrum
Drive

Sekarang coba ia praktikkan pukulan drive permainan tenis meja
dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bet dengan bola dengan menunggangi teknik mentrum drive pada betmu, dan tenaga yang disalurkan ke bet sehingga bola terpukul dengan baik.

b) Temukan pola aksi yang minimum sesuai cak bagi dirimu.

c) Lakukan pukulan drive repetitif-ulang hingga dia dapat merasakan pola kampanye nan enak privat memukul bola.

d) Pukulan drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari dasar serong ke atas dan sikap pemukul bola pingpong tertutup. Besarnya sudut yang diakibatkan maka dari itu operasi kemiringan bet bervariasi sesuai dengan arah jatuhnya bola, adegan bola yang datang berpangkal jodoh dan intensi pemukul itu sendiri.

3) Pembelajaran Pukulan Servis

Servis yakni teknik memukul bola untuk menyajikan bola permulaan ke internal permainan dengan pendirian memantulkan lebih-lebih dahulu bola tersebut ke meja penyaji, kemudian dipukul, dan bola harus melewati atas net dan akhirnya membal di meja lawan. Usaha atau episode yang diberikan sreg bola bisa bermacam-jenis. Gambar berikut yakni konseptual pertalian gerakan forehand chop service.

Sekarang coba dia praktikkan pukulan servis permainan tenis kenap dengan cara berikut ini.

a) Amati dan rasakan perkenaan bet dengan bola dengan menggunakan teknik birama servis pada betmu, dan tenaga yang disalurkan ke bet sehingga bola terpukul dengan baik.

b) Temukan pola aksi yang paling sesuai cak bagi dirimu.

c) Cak bagi pukulan servis berulang-ulang sampai dia dapat merasakan pola gerakan yang nikmat dalam menabok bola servis.

Gambar 2.40 Gayutan gerakan forehand chop service

e. Susuk-rang Pembelajaran Teknik Pukulan Permainan Pingpong
Tujuan pembelajaran memukul bola adalah bagi mengombinasikan teknik gerakan-gerakan menimbuk bola yang telah dipelajari. Setelah pelajar pelihara melakukan gerakan memukul bola, coba rasakan teknik-teknik melampang bola yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahannya, kemudian bikin kembali aksi-gerakan tersebut.

Persuasi menampar bola dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan persuasi melampang bola, peserta ajar diharapkan boleh menunjukkan nilai-ponten sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.

Bentuk-bentuk pembelajaran memukul bola antara bukan seumpama berikut.
1) Penataran 1: Melambung bola dan memukulnya ke arah kenap

menggunakan teknik pukulan forehand, di tempat, dan bergerak ke kanan-kidal, dilakukan secara berpasangan dan bergantian.

Bersirkulasi ke
kanan dan ke kidal

2) Penerimaan 2: Menampung bola yang dilambungkan teman dari depan dengan teknik mentrum forehand privat posisi di tempat, dan bergerak ke kanan-kidal, dilakukan secara berpasangan dan bergantian.

kanan dan ke kidal
Pemukul Bola

Penerima Bola

Bentuk 2.42 Penataran 2 bentuk-kerangka tutorial permainan tenis meja

3) Pembelajaran 3: Bermain 1 inversi 1 dilanjutkan 2 lawan 1 menggunakan teknik pukulan backhand. Pihak yang bolanya banyak sirep diangap kalah. Buat pembelajaran ini ± 4–5 menit secara berselang -selang.

Gambar 2.43 Pendedahan 3 rang-rencana pelajaran permainan pingpong

4) Pembelajaran 4: Bermain 1 kebalikan 1 dilanjutkan 2 pasangan 1 menggunakan teknik pukulan backhand. Pihak nan bolanya banyak sunyi dianggap kalah. Lakukan pembelajaran ini ± 4–5 menit secara cak keramik.

Kasti merupakan sport permainan beregu yang dimainkan makanya dua regu. Tiap-tiap regu terdiri pecah 12 orang pemain. Permainan ini dimainkan di lapangan berbentuk empat persegi tingkatan nan dibatasi oleh garis had dengan lebar 5 cm atau menggunakan tali tambang. Laksana alat permainan menggunakan bola kasti dan kayu pemukul.

Molekul teknik dasar kasti, ialah melambungkan bola, merenda bola, melempar bola, berlari, pokok dan strategi, dan kanun permainan.

Bulu tangkis merupakan sebuah cabang olahraga yang memukul dan menangkis bola nan terbuat dari bulu. Inti permainan bulu tangkis merupakan memasukkan bola (shuttlecock) ke lapangan lawan melangkaui net sekelas 1,55 meter berpokok lantai. Seser ini membatasi kedua episode lapangan permainan dimana para pemain samar muka dan mengamalkan kampanye-gerakan tipuan.

Bulu tangkis dimulai dengan cara menyajikan bola atau service, yang memukul bola berbunga petak service kanan ke petak service kanan lawan, sehingga urut-urutan bola menyilang. Permainan rambut tangkis ini biasanya dimainkan makanya: (1) Sendiri pria melawan seorang pria (istimewa putra), (2) Seorang wanita melawan seorang wanita (tunggal nona), (3) Sepasang pria mengembari sepasang pria (ganda putra), (4) Sepasang wanita melawan sepasang wanita (ganda putri), dan (5) Sepasang adam/wanita melawan sepasang pria/
wanita (ganda campuran).

Tenis meja adalah suatu tipe permainan yang menggunakan meja sebagai bekas bakal memantulkan bola. Bola yang dipukul tersebut harus melewati jejala yang dipasang pada bagian tengah lapangan. Permainan ini dapat dimainkan baik untuk putra maupun putri, dengan rang tunggal (single), ganda (double) dan ganda campuran (mixed double). Permainan tenis meja yang lebih dikenal dengan istilah lain pingpong yaitu cagak olahraga unik dan bersifat rekreatif.

Menghafal keunikan permainan tersebut, maka cak bagi penguasaannya memerlukan pengamatan, kelincahan dan refleks yang baik pula mulai sejak setiap pemain. Hal ini mutlak diperlukan apabila seseorang ingin berprestasi intern silang sport tenis kenap.

Secara mahajana teknik permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat, yaitu : (1) Teknik memegang bet (grip), (2) Teknik siap sedia (stance), (3) Teknik operasi kaki (footwork), dan (4) teknik pukulan (stroke).

Penilaian Pengetahuan

Source: https://ujiansekolah.org/yang-tidak-termasuk-teknik-bermain-tenis-berikut-ini-adalah/

Posted by: caribes.net