Jelaskan Bentuk Bentuk Ragam Hias

Ragam hias alias  ornamen, yakni karya seni rupa yang dimiliki Indonesia sejak berabad-abad silam. Situasi tersebut dapat kita lihat dari benda-benda penciptaan seperti hiasan pada kober, candi, kain tenun dan tembikar. Seni ragam solek pada awal belaka dianggap sebagai penghias sekadar nan dibuat buat tujuan keayuan. Semata-mata sreg publik Nusantara ternyata ragam hias bisa dijadikan misal aktifitas nan tidak izin dari keyakinan yang dianutnya.

Pengertian Ragam Hias

Ragam Hias adalah ikatan
pola rias memperalat
motif hias
dengan cara dan mandu tertentu pada suatu ruang atau satah sehingga menghasilkan rangka yang menarik dan luhur.Pola solek merupakan unsur dasar yang burung laut digunakan sebagai acuan dalam membuat rancangan hiasan. Sedangkan,motif hias yakni tulangtulangan dasar dan pokok ingatan dalam perwujudan kelakuan rias, meliputi apa bentuk alami ciptaan Tuhan seperti binatang, tanaman, manusia, gunung, air, peledak, batuan, dan lainnya serta hasil kreasi manusia. Ragam rias rata-rata positif pola yang diulang-ulang yang bertujuan bagi memuati kekosongan target dengan pamrih cak bagi memperindah dan menambah ponten estetika satu benda atau dagangan. Menulis ragam rias dapat dilakukan dengan cara stilasi (digayakan) nan meliputi penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk (deformasi). Ragam hias Nusantara dipengaruhi oleh bermacam rupa faktor, diantaranya faktor bendera, flora, fauna, dan budaya masing-masing daerah.


Jenis-Tipe Ragam Rias Nusantara

Ragam solek flora ialah motif hias yang menggunakan bentuk-bentuk flora (tumbuhan) misal korban motif nan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Flora sebagai sasaran motif dapat dijumpai hampir seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora ini mudah dijumpai dalam bineka barang-barang seni, sebagai halnya batik, ukiran, keramik, bordir, dan tidak-enggak.

ragam-hias-flora

benda-hias-motif-flora


2. Ragam Hias Fauna (satwa)

Ragam hias satwa yaitu motif hias yang menggunakan tulangtulangan-gambar fauna (hewan) sebagai bulan-bulanan motif yang kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Objek motif dunia tumbuhan biasanya yaitu bentuk stilirisasi, bermula wujud steril secara utuh atau hanya mengambil episode-fragmen tertentu dari bentuk binatang. Jenis binatang yang kebanyakan banyak digunakan sebagai mangsa ragam solek adalah ceceh, bedudak, gajah, dan dabat-binatang endemik suatu kewedanan nan dijadikan sebagai identitas dan ciri khas kearifan lokal daerahnya.

ragam-hias-fauna

benda-hias-motif-fauna


3. Perbuatan Hias Goemetris

Ragam solek geometris adalah motif rias nan dikembangkan berpangkal bentuk-bentuk geometris yang kemudian digayakan sesuai imajinasi pembuatnya. motif solek geometris dikembangkan semenjak zarah titik, garis, dan bentuk bidang geometris yang disusun secara iteratif berusul buram sederhana sampai konseptual nan susah. Penggunaan ragam hias geometris dapat dijumpai diberbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

ragam-hias-geometris

benda-hias-motif-geometris


4. Ragam Hias Figuratif

Polah hias figuratif adalah motif hias yang dikembangkan dari mangsa buram manusia nan kemudian digayakan sesuai imajinasi pembuatnya. Dikatakan metaforis karena gambar dasar motif mengacu lega rajah figur hamba allah yang kemudia digayakan.

ragam-hias-figuratif

benda-hias-motif-figuratif

Ragam hias polygonal adalah motif rias nan dikembangkan dari kerangka-bentuk polygonal (susunan garis literal yang terjalin membentuk perpautan yang menyatu dan memiliki sudut privat gambar menjemukan) kemudian digayakan dan disusun sesuai imajinasi pembuatnya. Poligonal  memiliki batas rencana yang aktual segi empat (tetragon), segi tiga (triangle),  segi enam (hexagon), segi lima (pentagon), dan lain-bukan.

ragam-hias-polygonal

Baca juga :

Cara Mewujudkan Ulah Hias dari Bentuk Tersisa menjadi Menarik

Jenis Varietas Seni Kriya maupun Spesies Kerajinan

Contoh Ulah Hias Nusantara Bagian 2 (Motif Senyawa)

Source: https://www.senibudayaku.com/2017/02/pengertian-ragam-hias-dan-jenis-jenis-ragam-hias.html

Posted by: caribes.net