Jelaskan Proses Pembuatan Batik Jumputan


Kalasan –
Salah suatu kegiatan yang diberikan di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta adalah memberikan kegiatan nyata kesigapan pembuatan menggambar jumputan. Menulis jumputan adalah keseleo satu varietas menulis yang menunggangi teknik jumputan bagi membentuk motifnya. Jumputan sendiri yaitu salah satu teknik yang digunakan bagi membuat motif batik dengan cara mengikat kencang beberapa bagian kain yang kemudian dicelupkan pada pewarna pakaian. Menulis jumputan pun sayang juga disebut dengan batik ikat celup karena proses pembuatannya dengan mengikat dan mencelupkan cemping ke intern cat.

Batik jumputan hasil karya WBS Eks Psikotik Bina Laras

Kesigapan batik jumputan ini ditujukan bagi warga binaan sosial eks psikotik di BRSBKL Unit Bina Laras Kalasan. Selain sebagai terapi motorik lagi dapat bertujuan sebagai pengalihan bersumber munculnya halusinasi klien. Kegiatan ini pun bertujuan bakal pemulihan pula pamor, kepercayaan diri dan pikiran dihargai. Warga binaan sosial lulusan psikotik yang mengimak kegiatan ini dipilih sesuai dengan kemampuan nya masing-masing dalam proses pembuatan batik jumputan ini menginjak dari awal hinggan akhir proses produksi.

Proses menggambar pola batik jumputan makanya praktisi sosial

Proses tadinya privat pembuatan batik jumputan ini maujud pembuatan pola pada kain mori kudrati nan dilakukan maka itu pekerja sosial. Setelah semua kain telah tergambar motifnya, kemudian bentuk motif dengan cara menyambat uang koin, guli, atau alai-belai pada sejumlah bagian kain menggunakan karet gelang. Ikat secara kencang dan bentuk dengan motif nan berlainan sesuai motif yang di inginkan. Selepas selesai proses pembuatan motifnya, dilanjutkan dengan berbuat penggodokan perca motif ke dalam bejana ajang air merangsang yang telah diberi warna. Kemudian kita aduk-aduk sejauh 20-30 menit sampai corak nya tercampur merata. Selepas radu proses pencelupan, angkat kain lalu bilas menunggangi air yang dingin dan bersih. Selanjutnya absolusi semua ikatan, peras kain dan jemur langsung di terik sorot matahari sampai kersang. Setelah kering kemudian kita setrika agar kain menjadi kemas dan siap digunakan ataupun dipasarkan.

Proses pengikatan kelereng sesuai motif yang sudah digambar


Hasil mulai sejak pembuatan batik jumputan ini telah dipamerkan dalam berbagai bazar, antara enggak bazar pada HLUN (Hari Lanjur Nyawa), HKSN (Waktu Kesetiakawanan Sosial Nasional), dan internal rangka peringatan Hut Kemerdekaan RI. Selain itu kembali pada saat ada lawatan dari instansi lain kita perkenalkan produk batik jumputan tersebut. Alhamdulilah dulu bayak peminatnya, tambahan pula untuk memenuhi permintaan yang banyak, kami masih belum dapat memenuhinya, karena memang enggak mengejar alamat, melainkan misal pengobatan kegiatan bagi penyandang disabilitas mental. Hasil dari penjualan tersebut digunakan buat membeli bahan batik jumputan, sehingga bisa digunakan buat membuat batik jumputan pula.

Proses pewarnaan
Proses pengeringan (bakal hasil terbaik dikeringkan sekalian dibawah sinar matahari)
Taraaaaaa,,,setelah kering dan dicuci, inilah akibatnya,,bagus kan 🙂
Dagangan batik jumputan siap dikemas dan dikirim kepada pengasosiasi


Bagaimana cantik bukan?


Apakah kamu berminat untuk membeli menggambar jumputan kami.


Karena kami memiliki slang “ Dengan anda membeli, anda berkontribusi dalam pemulihan gangguan jiwa”. Hendaknya dengan adanya kegiatan ini membuat wbs jebolan psikotik merasa senang, bahagia dan merasa dirinya boleh berdayaguna dalam pembuatan batik jumputan ini. Sehingga diharapkan bekal ini bakir dilanjutkan jemah ketika tiba saatnya wbs eks psikotik sudah sekali lagi ke rumah nya.


Stand Bursa Balai RSBKL Yogyakartapada programa puncak peringatan Hari Lanjur Usia Nasional (HLUN) ke 22 Perian 2022 di Pelan Mako Paskhas TNI AU Detasemen Pertahanan Peledak 474 Sleman Yogyakarta.

Menteri Sosial Idrus Marham, Nayaka Koordinator bidang Pembangunan Cucu adam dan Tamadun (PMK) Puan Maharani, Gubernur DIY Sri Baginda Hamengkubuwono X dan sejumlah kepala daerah wilayah Yogyakarta, Jawa Perdua dan beberapa wilayah di Indonesia pada acara puncak peringatan Periode Lanjut Usia Kebangsaan (HLUN) ke 22 Tahun 2022 di Lapangan Mako Paskhas TNI AU Detasemen Baluwarti Udara 474 Sleman Yogyakarta.

Source: http://brsbkl.jogjaprov.go.id/2019/07/keterampilan-pembuatan-batik-jumputan.html

Posted by: caribes.net