Jelaskan Yang Dimaksud Intoleransi Makanan

Intoleransi makanan kerap disamakan dengan alergi makanan. Padahal, keduanya adalah hal berbeda. Apa itu intoleransi makanan dan apa tanda-tandanya?
Intoleransi makanan kerap disamakan dengan alergi makanan. Padahal, keduanya adalah kejadian berbeda. Apa itu intoleransi makanan dan apa etiket-tandanya? (iStock/Sinenkiy)

Jakarta, CNN Indonesia



Intoleransi nafkah

 kerap disamakan dengan alergi lambung. Sementara itu, keduanya adalah situasi farik.

Alergi ialah sistem kekebalan tubuh Ia bereaksi dan mengembari sesuatu yang dianggap berbahaya, menurut
Cleveland Clinic.

Intoleransi makanan jauh lebih awam. Intoleransi makanan yakni respons terbit sistem pencernaan detik Ia bersantap atau minum sesuatu yang tidak dapat dicerna maka itu raga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sahaja, intoleransi makanan bisa menyakitkan dan takhlik tidak nyaman, cak agar lain berpotensi mengancam kehidupan sama dengan alergi makanan.

Lalu, apa tetapi tanda Engkau mengalami intoleransi makanan? Simak penjelasan berikut.

1. Rangkiang

Menurut ahli internis dan gastroenterolog yang berbasis di New York City, Niket Sonpal, kelebihan rangkiang dan tabun adalah salah satu gejala paling masyarakat dari intoleransi makanan.

Sonpal mengatakan, meskipun tidak terjadi pada semua khalayak, kandungan kembung berkali-kali adalah tanda-tanda intoleransi laktosa, atau ketidakmampuan buat selengkapnya mengarifi gula (laktosa) kerumahtanggaan produk buah dada sapi.

Anda juga mencatat bahwa intoleransi laktosa merupakan salah suatu keberagaman intoleransi minimal umum.

Sekiranya intoleransi laktosa adalah penyebab kembung Anda, Anda mungkin pula mengalami sakit perut alias diare beberapa jam setelah makan alias meneguk produk susu sebagai halnya susu, yogurt, keju, dan es krim.

2. Sakit tembolok

Perih yakni jenama individual lain berpokok intoleransi yang biasanya disertai atau akibat bersumber perut randu.

Guncangan perut bervariasi semenjak insan ke orang, tetapi kalau disebabkan maka dari itu intoleransi, biasanya terasa seperti spasmus di perut bagian paruh dan bawah.

3. Diare

Menurut Sonpal, ketika awak Anda tidak bisa mencerna maupun memecah nafkah tertentu, bocor adalah efek samping yang khas.

Itulah pun menjadi stempel mahajana bahwa Anda mungkin perasa atau tidak cocok terhadap ki gua garba yang mentah saja Anda bersantap.

“Jika Anda bosor makan mengalami diare sesudah makan, Anda mungkin mengalami alai-belai kemustajaban pencernaan terhadap makanan tertentu,” kata Sonpal, seperti dikutip
LiveStrong.

“Laktosa atau gluten bisa jadi penyebabnya, tapi itu bukan satu-satunya.”

4. Lindu penasihat

Walaupun mungkin terdengar mengejutkan, remai kepala adalah tanda lain dari intoleransi kas dapur, menurut Cleveland Clinic.

Dan pada kasus yang parah, intoleransi makanan sampai-sampai bisa memicu migrain.

Antibodi imunoglobulin G (IgG) yakni jenis antibodi yang paling umum dalam darah Anda.

Sonpal mengatakan ketika Anda memakan sesuatu nan fisik Anda anggap seumpama intimidasi, ia melepaskan antibodi ini ke intern aliran talenta.

Sungguhpun tidak berperan untuk semua orang, sewaktu-waktu antibodi IgG boleh menyebabkan migrain dan lindu penasihat.

5. Kepayahan

Pernah bersantap sesuatu dan merasa sangat lesu atau lejar setelahnya? Lamun penghamburan gula darah boleh menjadi penyebabnya, kadang kala perhatian lelah dan lesu mungkin merupakan tera intoleransi makanan.

Detik Anda makan kas dapur nan tidak dapat diproses tubuh Anda, kelenjar adrenal Anda menghasilkan kortisol (hormon stres) bagi kondusif mengganjar dan mengurangi iritasi dan peradangan.

“Ini dapat menyebabkan kelelahan jika kelenjar adrenal Anda secara teratur memproduksi kortisol kerjakan melawan respons peradangan tubuh,” sebut Sonpal.

(agn/agn)



[Oyong:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210909124022-255-691926/arti-intoleransi-makanan-dan-5-tanda-anda-mengalaminya

Posted by: caribes.net