Keberhasilan Khalifah Utsman Bin Affan

Sebutkan tiga contoh keberhasilan atau prestasi khalifah utsman bin Affan

Utsman bin Affan merupakan tertulis salah suatu saudagar yang kaya fertil pron bila itu, dengan harta miliknya ia berikan sebahagiannya disumbangkan untuk digunakan andai biaya keperluan perjalanan dakwah Rasulullah saw bersama para sahabat lainnya. Utsman bin Affan mendapatkan gelar Dzul Nura’in yang di artikan sebagai pemilik dua semarak.

Utsman Bin Affan Ra, mendapatkan atau punya dua kirana yang dimaksudkan adalah karena sira mengawini dua dayang Rasulullah Saw, yaitu Ruqayah dan Ummu Kulsum. Utsman bin Affan di bai’at menjadi khalifah plong sukma 70 periode.

Internal pemerintahannya merupakan awal mulai timbulnya fitnah kekacauan yang menyebabkan ia terbunuh (dibunuh) detik sedang duduk membaca Al Quran maka dari itu suku bangsa Khawarij.

Utsman bin Affan di angkat menjadi khalifah menggantikan khalifah sebelumnya adalah Umar kedelai Khattab yang meninggal akibat luka tusukan di tubuhnya ketika sedang melakukan ibadah Shalat, ia rubuh terjatuh lalu linu kemudian akibat lukanya sangat parah akhirnya anda meninggal dunia.

Peristiwa pembunuhan itu dilakukan oleh Abu Lu’luah lega hari rabu 4 Dzilhijjah 23 Hijriyah, kemudian wafat pada 25 Dzulhijjah 23 Hijriyah ataupun bertepatan dengan tahun 644 Masehi.

Selama menjabat ibarat Khalifah, Utsman bin Affan melakukan persiapan-ancang yang di anggap sebagai penampilan selama menyambut sebagai Khulafaurrasyidin, lakukan memaklumi lebih jauh adapun
Prestasi Utsman bin Affan Ra
simaklah paparan lengkapnya berikut ini :

Berikut ini adalah manifestasi-prestasi yang perikatan di ulur Utsman kedelai Afffan Ra sepanjang menjabat seumpama khalifah Khulafaur Rasyidin, antara lain :

1.  Mengamalkan Kodifikasi Mushaf Al Alquran

Langkah mula-mula yang dilakukan kepemimpinan Utsman bin Affan ialah melakukan pendaftaran terhadap mushaf Al Quran, seiring dengan kronologi islam nan semakin luas dikhawatirkan akan terjadi perbedaan susunan surat dan lafal kendali bacaannya. Hal ini manjur ketika salah seorang sahabat bernama Huzaifah bin Yaman memperhatikan adanya perselisihan di antara barisan islam yang masing-masing mengakui paling bermartabat. Kejadian itu terjadi sewaktu tentara Islam akan menundukkan provinsi Armenia dan Azerbaijan. Setelah hal ini diketahui Utsman bin Affan, maka ia segera takhlik sebuah panitia cak bagi menyusun Al Alquran. Yang menjadi ketua adalah Zaid bin Tsabit anggotanya ialah Abdullah polong Zubair dan Abdurrahman bin Harits. Tugasnya yaitu menyusun dan menyalin ulang ayat-ayat Al Quran yang disebut Mushaf Al Quran. Mushaf Al Quran dibuat empat buah, kemudian dikirim ke Madinah, Suriah, Basrah dan Kuffah. Mushaf itu dikirimkan untuk menjadi pedoman bila akan dibuat kembali salinannya. Suatu Mushaf tetap berada di madinah dan disebut dengan Mushaf Al Pendeta atau mushaf Utsmani.

2.  Melakukan Renovasi Terhadap Masjid Nabawi

Mengingat pentingnya pentingnya keberadaan Bandarsah Nabawi, karena Masjid ini yaitu salah suatu masjid nan pertama didirikan Nabi saw ketika tiba di kota Madinah saat peristiwa Eksodus. Zawiat ini awalnya berukuran kerdil dan sederhana, kemudian pada periode Umar bin Khattab sebagai khalifah Masjid Nabawi ini direnovasi. Khalifah Utsman polong Affan melanjutkan peremajaan pembangunan Masjid Nabawi dengan menambah luas area masjid, mengingat semakin bertambah banyak jamaah Langgar dan perkembangan agama Islam di Madinah.

3.  Memperluas Area Kekuasaan Islam

Pada hari Utsman bin Affan telah terjadi berbagai penaklukkan ke beraneka rupa provinsi keistimewaan membentangkan syiar agama Islam, daerah-daerah tersebut antara tidak :

  1. Ke wilayah Khurasan, dipimpin maka itu Sa’ad bin Ash dan Huzaifah bin Yaman
  2. Ke kewedanan Armenia, dipimpin maka itu Salam Rabiah Al Bahly
  3. Ke distrik Afrika, dipimpin maka dari itu Abdullah bin Sa’ad kacang Abi Sa’ad kedelai Abi Sarah
  4. Ke distrik Ray dan Azerbaijan, dipimpin oleh Walid polong Uqbah

4.  Membentuk Armada Angkatan Laut

Yang menjadi pengusul di adakannya armada laut ialah Muawiyah bin Debu Sufyan yang saat itu menjabat bagaikan gubernur Suriah. Usul tersebut dituruti oleh khalifah Utsman polong Affan mengingat luas distrik Islaam periode itu sudah lalu mencapai Afrika, Syiprus dan Konstantinopel.


Itulah torehan penampilan Utsman kedelai Affan Ra yang sempat diraihnya sepanjang kamu menjabat umpama khalifah dari pemerintahan Khulafaurrasyidin yang ke tiga.

Semoga ada Ibrah dan manfaatnya untuk generasi waktu ini dan nan akan menclok.

KOMPAS.com
– Khalifah Usman memerintah sepanjang 13 hari adalah dari 644-655 M atau 23-35 H.

Dikutip mulai sejak Khulafaur Rasyidin (2019), Usman merupakan sahabat karib Abu Bakar. Lewat Abu Bakar, engkau bertemu Muhammad dan turut Islam.

Usman bin Affan punya julukan Zunnuarain Walhijratain. Artinya mempunyai dua cahaya dan dua kali eksodus.

Anda mengawini dua putri Nabi, Rukayah dan Niraksara Kulsum. Usman pun dua boleh jadi hijrah yakni ke Hasby dan Madinah.

Ia disegani karena semenjak terbit keturunan nasion saudagar yang kaya raya.

Baca kembali: Nama dan Gelar Khulafaur Rasyidin

Naiknya Usman menjadi khalifah

Usman menggantikan Umar kedelai Khattab menjadi khalifah yang ketiga.

Sebelum Umar wafat, Umar telah mengangkat enam anak adam yang bertugas menentukan khalifah selanjutnya.

Mereka adalah Usman kacang Affan, Ali bin Abi Talib, Talhah bin Ubaidillah, Zubair kacang Awwam, Abdurrahman bin Auf, dan Sa’ad bin Abi Waqas.

Keenamnya bertransaksi kerjakan menentukan pengganti. Usman polong Affan dipilih karena paling senior.

Ia kembali dibaiat andai khalifah di Zawiat Nabawi lega 23 H atau 644 M di usia 70 tahun.

Baca juga: Hari Kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq

Di musim pemerintahan Usman, peluasan terus dilakukan. Atas usul Muawiyah, Usman juga mewujudkan armada angkatan laut.

Wilayah nan dikuasai yaitu

  • Afrika: Barqah, Tripoli Barat, bagian selatan negeri Nubah
  • Asia: Armenia, Tabaristan, Amu Daria, negeri-negeri Balkha, Harah, Kabul, dan Haznah di Turkistan
  • Eropa: Cyprus

Ia membagi otoritas Islam menjadi 10 provinsi dengan masing-masing amir alias gubernur.

Di bawah Usman, umat Islam mengalami era paling kaya dan sejahtera.

Konon, rakyatnya mampu pergi haji berkali-kali. Justru budak dijual berdasarkan susah timbangannya.

Ia membangun polisi keamanan dan perdata. Sebelumnya, pengadilan digelar di masjid.

Di masa Usman, khitbah Idul Fitri dan Idul Adha didahulukan sebelum shalat. Begitu juga azan pertama plong shalat Jumat.

Ia mensyariatkan tanah yang kosong kerjakan digarap seumpama sawah.

Baca juga: Hari Kekhalifahan Umar kedelai Khattab

Ia berharga membangun kolam kerjakan mencegah banjir dan mengairi sawah. Banyak juga kronologi dan titian yang dibangun.

Usman juga dikenang andai khalifah permulaan yang memperbaiki dan memperluas Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Ini seiring banyaknya umat Islam yang melaksanakan ibadah haji seumpama akur Islam kelima.

Prestasi Usman nan paling gemilang yakni membukukan Al-Quran. Kodifikasi dilakukan karena Islam semakin luas.

Ada perbedaan referensi dan dialek dalam melafalkan Qur’an.

Manusia yang pertama memperhatikan ini adalah Huzaifah bin Yaman. Huzaifah menyampaikannya kepada Usman.

Menanggapi ini, Usman membentuk panitia kodifikasi Al-Quran. Al-Quran kemudian digandakan dan dikirim ke Mekkah, Suriah, Basrah, Kufah, dan Madinah.

Baca pula: Visiun tentang Alien nan Tersembunyi kerumahtanggaan Surat-surat Al Quran

Akhir tadbir Usman bin Affan

Pemerintahan Usman berlangsung selama dua masa, masing-masing enam masa. Kejayaannya di hari pertama membuatnya dipilih lagi memimpin di musim kedua.

Namun di perian kedua, terjadi perpecahan dan pertampikan.

Usman diprotes karena jabatan-jabatan taktis di tadbir diberikan kepada keluarganya terbit Bani Umayyah.

Ini menyebabkan Usman lunglai di pemerintahan. Ia tak dapat mengerjakan banyak terhadap keluarganya.

Pada tahun 35 H ataupun 655 M, sekitar 1.500 manusia nomplok ke Madinah cak bagi memprotes kebijakan Usman ini.

Karena enggak ditanggapi, demonstrasi berubah menjadi pemberontakan. Sebagian pula dihasut oleh Abdullah bin Saba’, seorang Ibrani yang disebut buat-buatan timbrung Islam dan kerap menyebar fitnah.

Akibatnya, rumah Usman dikepung dan ia didesak memanjang sebagai khalifah. Seorang pemberontak bernama Al-Gafiqi berhasil masuk habis atap dan memenggal Usman.

Usman wafat di semangat 82 tahun pada 20 Mei 656 M.

Baca juga: Mengapa Aceh Dijuluki Ii kabupaten Atrium Mekkah?

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://ufuk.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram malar-malar dulu di ponsel.

Source: https://toptenid.com/sebutkan-tiga-contoh-keberhasilan-atau-prestasi-khalifah-utsman-bin-affan

Posted by: caribes.net