Kekentalan Oli Untuk Mobil Tua

JAKARTA, KOMPAS.com
– Sebagian keluarga di Indonesia sedikitnya punya suatu otomobil di rumahnya. Mobil tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari berangkat ke kantor, berlibur, justru mudik.

Enggak sedikit juga yang menggunakan dan merawat mobilnya hingga bertahun-tahun. Salah satu situasi yang diperhatikan ketika merawat mobil adalah menggilir oli mesinnya secara rutin.

Cak semau anggapan, mobil yang sudah lalu lama dimiliki atau digunakan, perlu mengganti oli mesinnya dengan nan lebih kental dari bawaannya. Katanya, mobil yang telah digunakan bertahun-waktu, suka-suka keausan di bagian mesinnya.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Gendong Sepeda di Kabin, Penjaga keamanan Akui Riuk dan Minta Maaf


Full Synthetic 0W-20 ECO POWER API SN GF-5, pelumas paling encer Toyota Motor Oil.
Aris/Otomania
Full Synthetic 0W-20 ECO POWER Jago merah SN GF-5, pelumas paling melemah Toyota Pentolan Oil.

Namun apa benar anggapan tersebut?

Service Head Auto2000 Cilandak Lebakbulus Suparna mengatakan, anggapan tadi merupakan keseleo kaprah. Oto yang digunakan bertahun-hari, spesifikasi olinya tetap selevel, karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesinnya.

“Misalnya mobil sudah panca tahun, tadinya pakai oli 5W, terus diganti dengan nan lebih kental (15W), itu enggak bener. Padahal operasional mesinnya membutuhkan oli nan lebih luluh, kalau pakai yang kental, malah tidak maksimal,” tutur Suparna kepada
Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Ini Mobil yang Sudah Disuntik Mati tapi Masih Laris

Bintang sartan loyal gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Selain itu juga ada anggapan kalau mesin nan sudah lama, ada komponen yang aus maupun lampau, jadi harus mempekerjakan oli yang lebih kental mudah-mudahan aman.

“Kalau ada keausan di mesin dan pakai oli encer jadi cepat suntuk, itu memang bersusila. Tapi dengan menukar oli dengan yang lebih kental, tidak menyelesaikan masalah keausan di ruang mesin,” ucapnya.

Mengganti dengan oli yang lebih kental memang mewujudkan mesin bertambah halus, tetapi tenaganya tidak ada. Solusinya cuma satu, yaitu dibawa ke bengkel halal untuk distandarkan juga mesinnya.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Marilah berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/01/185100915/punya-mobil-tua-perlu-ganti-spesifikasi-oli-mesin-jadi-lebih-kental-

Posted by: caribes.net