Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Dikte

g. Mesin Imla

Mesin imla  disebut pula mesin dikte maupun diktaphone ataupun dictation machine. Dictaphone sebenarnya terdiri semenjak dua mesin, yaitu “transcribing” dan “dictating machine” .Transcribing machine adalah mesin y ang dipergunakan untuk mendengarkan kembali dikte surat berpokok medianya, sedangkan dictating machine merupakan mesin yang dipergunakan cak bagi merekam dikte.

N domestik kamus Administrasi Perkantoran, dikatakan bahwa Dictaphone yaitu mesin kantor yang dipergunakan untuk mencatat dokumen kata demi kata dari dikte nan dilakukan secara lambat, sehingga boleh dicatat menjadi tulisan makanya koteng pegawai. Dengan mempergunakan mesin imla, sendiri bimbingan bukan perlu pula mempunyai sendiri ahli steno lakukan mencatat pengenalan-kata dengan steno yang galibnya harus disalin lebih lagi sangat kedalam huruf latin dan seterusnya diserahkan kepada juru tik bagi ditik menjadi arsip yang sesungguhnya.

Alasan mengapa memperalat mesin imla, diantaranya:

1. Pimpinan boleh bekerja seorang dengan tenang, sehingga ia bisa bertafakur dan ide-idenya dapat segera direkam.

2. Perekaman bisa dilakukan dimana saja.

3. Hasil perekaman bisa dibagikan kepada antek, sementara pimpinan dapat merekam secara terus menerus.

4.Didikan yang sibuk menghendaki pekerjaannya dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan teliti.

5.Jika ada tugas yang belum dimengerti, maka boleh dilakukan pengulangan kembali, sehingga terhindar dari kesalahpahaman.

Sememangnya dengan urut-urutan teknologi yang semakin tinggi/usil, mesin Dictaphone ini sudah tertinggal jauh dan dianggap kurang praktis, karena sekarang sudah bermunculan alat serupa yang lebih praktis. Dengan sistem tekan tombol saja, seperti tape recorder dan pesawat pencatat pesan yang dapat menyepakati perintah pecah dua arah.

Fungsi mesin imla, diantaranya:

1. Mencatat dan membordir hal-hal yang gandeng dengan penugasan yang diberikan pimpinan kepada anak buah

2.Perkakas untuk mendiktekan akta-surat yang dilakukan makanya sendiri pegawai (sekretaris).

Sama dengan telah dijelaskan diatas, mesin dikte terdiri berpunca mesin perekam dikte dan mesin dabir. Pengadaptasian (transcribing) merupakan satu kegiatan menyalin dari satu hasil rekaman dikte dengan cara mendengarkan kembali dikte surat berpunca medianya, melalui sebuah mesin yang dinamakan transcribing machine atau mesin penyalin dikte. Cucu adam nan pekerjaannya berbuat kegiatan pengadaptasian disebut “transcriber” dan lembaran tulisan hasil penyalinan disebut “transcript”.

Source: https://tugasuntukperkantoran.blogspot.com/2019/09/mesin-dikte.html