Keuntungan Ikut Saka Wira Kartika



Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika
merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang berperilaku kewarganegaraan. Saka yang dibentuk suntuk kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan bikin mengembangkan pendidikan bela negara. Di samping Saka Wira Kartika, saka lainnya yang bersifat kewarganegaraan seperti Saka Bhayangkara, Saka Maritim, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti.

Saka Wira Kartika yakni medan kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bakal meningkatkan pemahaman bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di parasan matra darat. Membentuk patriot bangsa yang tunak, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Keekaan Republik Indonesia. Matra darat seorang dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun gerombolan nan memanfaatkan kondisi liwa di darat seperti jenggala, jabal, pandau, dan sungai.

Saka Wira Kartika dibentuk beralaskan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 mengenai  Kerjasama n domestik Usaha Pembinaan dan Peluasan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Ura-ura Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Asongan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Markas Nasional Operasi Pramuka Nomor 205 Periode 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

Saka Wira Kartika

Lambang Saka Wira Kartika

Lambang Saka Wira Kartika berbentuk segi panca beraturan dengan warda dasar merah dan murni. Di dalamnya terletak gambar Kartika Eka Inden, 2 biji kemaluan tunas kerambil, 2 untai batang padi nan menguning, dan pita bertuliskan Saka Wira Kartika. Tulangtulangan Kartika Eka Paksi yaitu lambang dan semboyan TNI Angkatan Darat.

lambang Saka Wira Kartika
lambang Saka Wira Kartika

Penjelasan lebih benar-benar mengenai lambang Saka Wira Kartika beserta arti kiasan yang terkandung di dalamnya akan diuraikan dalam artikel tersendiri.

Anggota Saka Wira Kartika

Layaknya pada Satuan Karya Pramuka lainnya, anggota Saka Wira Kartika disyaratkan seorang Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega baik putera dan puteri yang menjadi anggota gugusdepan di wilayah cabang atau ranting di mana Saka Wira Kartika itu rani.

Kerjakan dapat mendaftar sebagai anggota Saka Wira Kartika seorang pramuka harus :

  1. Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Penegak Laksana maupun Pramuka Pandega
  2. Terjadwal laksana anggota gugusdepan di kwarcab di mana Saka Wira Kartika itu berada.
  3. Menyatakan keinginan lakukan menjadi anggota Saka Wira Kartika secara sukarela dan tertulis.
  4. Asian surat izin bersumber orang tua dan Pembina Gudepnya.
  5. Nomine Penegak dan unggulan Pandega dapat mendaftar dengan coretan selambatnya 6 wulan setelahnya pramuka tersebut telah dilantik menjadi Penegak Bantara atau Pandega.
  6. Enggak sedang menjadi salah satu anggota Saka tidak.

Krida dan TKK Saka Wira Kartika

Saka Wira Kartika punya panca krida, ialah :

  1. Krida Navigasi Darat
    Krida ini terdiri atas empat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu SKK Pengetahuan Kar dan Palagan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection, dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS).
  2. Krida Pioneering
    Krida Pioneering terdiri catur SKK merupakan SKK Rayon Temali, SKK Pembuatan Jeti Improvisasi, SKK Pembuatan Perkemahan, dan SKK Pelepas Air dan Listrik
  3. Krida Mountainering
    Krida Pioneering terdiri tiga SKK yaitu SKK Mendaki Tubir, SKK Runtuh Gawir, dan SKK Travesing
  4. Krida Survival
    Krida Survival terdiri tiga SKK ialah SKK Jenis-varietas Tumbuhan, SKK Jenis-spesies Fauna, dan SKK Hutan Gunung dan Ralasuntai
  5. Krida Penanggulangan Bujukan
    Krida Penanggulangan Bencana terdiri empat SKK adalah SKK Penyelenggaraan Penanggulangan Provokasi, SKK Avontur dan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), SKK Pengetahuan Komunikasi Radio, dan SKK Manajemen Cara Memantek

Selengkapnya mengenai Krida, SKK (Syarat Kecakapan Tunggal), beserta gambar krida dan dan TKK (Nama Kecakapan Khusus) dalam Saka Wira Kartika akan dijelaskan dalam artikel tersendiri.

Kegiatan Saka Wira Kartika

Satuan Karya Pramuka Wira Kartika memiliki beberapa kegiatan yang menghampari :

  1. Tuntunan rutin Saka Wira Kartika
  2. Perkemahan Bakti Wira Kartika
  3. Perkemahan antar Rincih Karya (Peran Saka)
  4. Kegiatan khusus kerjakan kepentingan tertentu, misalnya; awalan lomba, hari jadi Saka Wira Kartika, Hari Pramuka, dan tidak-tak.

Itulah beberapa hal tersapu dengan Saka Wira Kartika yang menjadi pelecok suatu Ketengan Karya Pramuka tingkat nasional.

Source: https://www.pramukaria.id/2014/04/satuan-karya-pramuka-saka-wira-kartika.html

Posted by: caribes.net