Khotbah Kejadian 7 1 24

Kejadian 7

1

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: “Masuklah ke privat sampan itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah nan Kulihat benar di hadapan-Ku di antara makhluk zaman ini.

2

Dari segala binatang nan tidak haram haruslah kauambil tujuh pasang, bagak dan betinanya, tetapi semenjak satwa yang haram satu pasang, kesatria dan betinanya;

3

juga dari burung-burung di udara tujuh pasang, bahadur dan lebah ratulebah, supaya terpelihara sukma keturunannya di seluruh marcapada.

4

Sebab tujuh hari lagi Aku akan meletakkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat desimal lilin batik lamanya, dan Aku akan mengalpakan berpokok roman bumi segala yang ada, nan Kujadikan itu.”

5

Tinggal Nuh mengerjakan barang apa yang diperintahkan TUHAN kepadanya.

6

Nuh berumur heksa- ratus tahun, saat air bah datang meliputi bumi.

7

Masuklah Nuh ke privat sampan itu bersama-seperti anak-anaknya dan isterinya dan isteri anak-anaknya karena air bah itu.

8

Semenjak binatang yang tidak palsu dan nan haram, dari kontol-zakar dan berasal segala yang merayap di muka manjapada,

9

datanglah sepasang mendapatkan Nuh ke kerumahtanggaan kano itu, jantan dan betina, seperti yang diperintahkan Yang mahakuasa kepada Nuh.

10

Setelah tujuh waktu datanglah banjir meliputi bumi.

11

Lega perian kehidupan Nuh enam ratus tahun, lega bulan nan kedua, pada hari nan ketujuh belas bulan itu, sreg periode itulah terbelah segala mata air samudera raya nan dahsyat dan terbukalah tingkapan-tingkap di langit.

12

Dan turunlah hujan lebat meliputi dunia empat puluh hari catur puluh malam lamanya.

13

Pada hari itu lagi masuklah Nuh serta Sem, Ham dan Yafet, anak asuh-anak Nuh, dan isteri Nuh, dan ketiga isteri momongan-anaknya bersama-sebagaimana beliau, ke internal berlepas itu,

14

mereka itu dan segala spesies satwa liar dan segala jenis ternak dan segala jenis satwa melata yang menjulur di bumi dan barang apa jenis burung, yakni segala yang beruban bersayap;

15

dari segala nan hidup dan bernyawa datanglah sepasang mendapatkan Nuh ke privat lambu itu.

16

Dan yang masuk itu adalah jantan dan betina berpangkal segala nan nyawa, sebagaimana yang diperintahkan Tuhan kepada Nuh; lalu Sang pencipta menutup bab sekoci itu di belakang Nuh.

17

Empat puluh hari lamanya air sebak itu menghampari bumi; air itu mendaki dan mengangkat bahtera itu, sehingga melampung tinggi dari bumi.

18

Detik air itu bertambah lebih-tambah dan mendaki dengan hebatnya di atas bumi, terapung-apunglah bahtera itu di muka air.

19

Dan air itu sangat hebatnya bertambah-tambah membentangi bumi, dan ditutupinyalah segala gunung tahapan di seluruh jeluk langit,

20

setakat panca belas hasta di atasnya bertambah-tambah air itu, sehingga gunung-bukit ditutupinya.

21

Lalu sunyi binasalah segala nan hidup, nan bergerak di bumi, penis-burung, ternak dan dabat liar dan segala binatang meluncur, nan berkeriapan di marcapada, serta semua manusia.

22

Matilah segala nan ada nafas nasib privat hidungnya, segala yang ada di darat.

23

Demikianlah dihapuskan Allah segala nan suka-suka, segala nan di muka dunia, baik individu alias hewan dan satwa melata dan burung-penis di udara, sehingga semuanya itu dihapuskan dari atas marcapada; sekadar Nuh yang tinggal hidup dan semua yang bersama-begitu juga kamu dalam bahtera itu.

24

Dan berkuasalah air itu di atas bumi seratus lima puluh hari lamanya.

Source: https://alkitab.me/in-tb/Kejadian/7