Kisah Nabi Isa Dan Yesus

Al-Quran menyatakan Rasul Isa individual. Kitab Injil mengutamakan Yesus. Tokoh ini membujur sorotan samudra berbunga kedua agama.

Tiap bulan kami asian ribuan pertanyaan dari pembaca. Keseleo satu yang sering ditanyakan merupakan: “Apakah Yesus itu Nabi Isa? Apa tetapi persamaan dan perbedaan kerumahtanggaan Al-Alquran dan Alkitab?

Apapun pemahamannya, Rasul Isa alias Yesus merupakan tokoh terdahulu. Baik untuk Umat Mukminat maupun Nasrani.

Karena itu intern artikel ini kami akan menjawab cak bertanya: Apakah Yesus itu Rasul Isa? Memafhumi hal ini akan mewujudkan Kamu menghargai Nabi Isa selengkapnya. Kembali melihat kebenaran Allah bakal menanam orang.

Yuk kita lihat tela’ah uraian mengenai hal ini.

Paralelisme Rasul Isa dan Yesus Dalam Al-Quran dan Alkitab

Ada banyak ayat akan halnya Nabi Isa dan Yesus. Terdapat dalam Al-Quran dan Alkitab. Mari kita lihat apakah Yesus dan Nabi Isa sebanding berpunca deskripsi kedua kitab ini.

  • Mempunyai rasul pendahulu. Ialah Nabi Yahya (Yohanes).
    (Qs 3: 39 – Injil, Lukas 1:76).
  • Lahir berbunga seorang nona Maryam (Maria).
    (Qs 19:20 – Injil, Lukas 1:34).
  • Lahir dari Kehidupan Halikuljabbar.
    (Qs 21:91 – Alkitab, Lukas 1:35).
  • Isa adalah Kalimatullah (Firman Almalik).
    (Qs 4:171 – Injil, Yohanes 1:1).
  • Isa ialah pribadi kudus.
    (Qs 19:19 – Bibel, 1 Yohanes 3:5).
  • Isa mewujudkan banyak mukjizat. Malar-malar membangkitkan orang mati.
    (Qs 3:49 – Alkitab, Matius 11:5).
  • Isa terangkat ke surga & sekarang berada di sisi Allah.
    (Qs 4:158 – Injil, Ibrani 1:3).
  • Isa akan cak bertengger pula sebagai hakim netral.
    (HR. Muslim No. 220 – Injil, 2 Korintus 5:10).

Anda dapat melihat ada banyak kesamaan deskripsi. Sehingga kita dapat menjawab cak bertanya: Apakah Yesus itu Utusan tuhan Isa? Data di atas menyatakan, iya!

Deskripsi kedua kitab menjadi bukti Yesus adalah Nabi Isa. Sehingga mustahil merujuk pada insan yang berlainan.

Contohnya permakluman Isa lahir dari perawan. Lain apa pribadi lain baik dalam kepercayaan Mukminat dan Nasrani nan lahir dengan cara demikian.

Selanjutnya mari kita lihat bineka perbedaan mengenai Isa dan Yesus. Karena walau banyak persamaan, kedua kitab lagi menyatakan suka-suka sejumlah deskripsi yang berlainan.

Perbedaan Nabi Isa dan Yesus Dalam Al-Quran Dan Injil

Berikut ini merupakan uraian mengenai Nabi Isa vs Yesus. Yaitu sejumlah perbedaan nan terdaftar dalam kedua kitab. Mari kita lihat bilang contohnya.

  • Benarkah Maryam, ibu Isa adalah saudara Harun?


    Al-Quran menyatakan bahwa Maryam yakni saudara pecah Harun (Qs 19:27-28). Tetapi hal ini enggak tertera dalam Injil. Jika imam raksasa Harun yang dimaksudkan, maka ada perbedaan sekitar 1500 hari di antara mereka.
  • Apakah umat Nasrani percaya Maryam adalah salah satu dari tiga Allah?


    Banyak bani adam berpikir dalam-dalam bahwa umat Nasrani menyatakan Maryam bagian dari tiga Allah (Qs 5:116). Semata-mata tidak ada ayat dalam Kitab Alkitab yang menyatakan demikian.
  • Di mana gelanggang kelahiran Isa? Di kandang dabat maupun di sumber akar pohon kurma?


    Al-Quran menyatakan Isa lahir di dasar pohon kurma (Qs 19:22-25). Ada juga mukjizat sungai maupun air menyem-prot saat kelahirannya.
    Tetapi Kitab Bibel lain menyatakan demikian. Menurut Alkitab, Isa lahir di palungan alias kandang dabat (Alkitab, Lukas 2:7).
  • Apakah Isa bisa berbicara sejak bayi?


    Umat Muslim percaya Nabi Isa dapat berbicara momen bayi (Qs 19:29). Saja keadaan ini enggak gabungan terdaftar dalam Injil.
  • Apakah Isa menghidupkan burung dari kapling?


    Ada suatu Keterangan yang tersendiri. Yaitu Nabi Isa menghidupkan ceceh nan terbuat berasal lahan (Qs 3:49). Peristiwa ini tercatat dalam Al-Quran, namun lain ada intern Kitab Injil.
  • Apakah Isa tersalib ataupun diganti bani adam lain?


    Salah suatu perbedaan terbesar adalah adapun penyaliban Nabi Isa. Al-Quran menyatakan orang lain mengambil alih-Nya (Qs 4:157-158). Namun intern Injil tegas menyatakan Isa tersalib (Alkitab, Matius 27:35).

Kok terserah semacam itu banyak perbedaan? Apakah semua hal ini membuktikan Nabi Isa dan Yesus adalah pribadi nan berbeda?

Kami memaklumi ada banyak pertanyaan misalnya mengenai asal usul nama Isa dan Yesus. Karena itu, untuk mengerti bertambah lengkap, ayo kita lihat penjelasan selanjutnya.

Penjelasan Nama dan Gelar kerjakan Isa Dan Yesus

  1. Merek Isa dan Yesus.
    Menurut Kitab Injil, nama “Yesus” adalah nama yang diberikan oleh Allah (Bibel, Matius 1:21). Nan penting, Allah menanam atau penyelamat.

    Introduksi ini dari nama Latin “Iesus” atau Yunani “Iesous.” Nan mulai sejak berasal bahasa Ibrani “Yeshua.” Atau intern bahasa Indonesia “Yosua.

    Sedangkan untuk asal usul nama “Isa” ada sejumlah pendapat ahli yang berbeda.

    • Pendapat purwa menyatakan nama Isa berusul semenjak bahasa Arab. Yang artinya anak laki-laki.

      Berbeda dengan anak adam Nasrani di Arab yang memakai kata “Yasu” (bersumber pembukaan
      Yosua). Untuk memanggil nama Yesus.

      Walaupun demikian penggunaan pembukaan ini merujuk plong pribadi nan setolok.

    • Pendapat lain menyatakan asal kata “Isa” memang gandeng dengan “Yesus.” Ini ialah tulangtulangan penyederhanaan kata. Karena bahasa Arab tertulis hijau muncul bilang abad kemudian.
  2. Gelar Al-Masih dan Mesias.

    Gelar “Al-Masih” memang secara lurus berarti mengusap, menyetip maupun pergi. Menyatakan Isa sebagai pribadi nan berkat kasih Almalik.

    Karena Isa pergi keliling untuk menyapu/ menjamah manusia bagi memulihkan. Peladenan Isa penuh dengan mukjizat Allah (Qs 3:49).

    Jadi prolog “Al-Masih” mengindikasikan Isa andai “Nan diurapi kerjakan memakamkan.” Hal ini adalah makna yang sama cak bagi prolog “Mesias.”

    Internal Bibel, Isa memang mendapat gelar Mesias.

    “ . . . Kami mutakadim menemukan Mesias (artinya: Kristus)
    [Isa Al-Masih]

    (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:41).

Mempelajari nama dan gelar ini meneguhkan kesamaan pribadi Isa dan Yesus. Bahwa keduanya mengacu puas pribadi yang sebabat.

Anda dapat mengenal Isa Al-Masih lebih jauh dengan membaca kisah-Nya kerumahtanggaan

Seterusnya, mari kita tela’ah berbagai sumber informasi tadinya. Seharusnya kita bisa jernih mengarifi asal usul berpunca berbagai perbedaan ini.

Tela’ah Perigi Informasi Awal

Tahukah Anda budaya menulis telah terserah pada turunan Ibrani sejak lama? Apalagi bertambah berpunca 1000 musim sebelum Masehi. Yaitu 1.600 tahun sebelum lahirnya Utusan tuhan Islam.

Terserah banyak kopian naskah zakiah dari Kitab Taurat. Jauh kian banyak kembali kopian naskah lugu Kitab Bibel (makin dari 13.000 kopian).

Karena itu para arkeolog dan ahli sejarah berkeyakinan keabsahan isi Taurat dan Injil. Kedua kitab ini menjadi konseptual informasi berbagai penelitian situs memori.

Namun dalam perkembangannya terserah banyak kebenaran yang diselewengkan. Bisa karena cerita lisan yang berlebih sehingga menjadi mitos. Atau karena banyak ajaran sesat yang berkembang.

Semua ajaran sesat ini tersebar ke berbagai area. Termasuk ke daerah Timur Paruh dan semenanjung Arab.

Zaman adv amat masih banyak hamba allah nan belum bisa baca tulis. Dan belum suka-suka internet atau sosial media. Sehingga sulit klarifikasi kisah. Turunan bisa sekadar beriman kisah yang tidak moralistis.

Bangsa Arab seorang baru mengenal karangan sekitar abad ke 5. Merupakan berbeda +/-1500 tahun berpangkal tulisan Ibrani.

Karena itu marilah kita lihat beberapa perigi keterangan yang keliru. Doang, tersebar luas pada masyarakat zaman dahulu.

Berbagai Informasi Keliru nan Berkembang di Timur Perdua

Ada banyak sekali sumber manifesto yang beredar. Ada nan misinterpretasi. Maupun yang berasal dari ajaran sesat ataupun bidat. Mari kita tatap beberapa contohnya.

  • Maryam saudara Pater Harun.
    Rasul Islam menjatah klarifikasi mengenai hal ini. Bahwa “Maryam plasenta Harun” hanya istilah. Karena individu zaman habis suka mendekatkan kekerabatan dengan stempel orang berjasa (Hadits Mukmin No.3982).
    Jadi jelas ibu Isa memang tidak ada hubungan kerabat langsung dengan Padri Harun.
  • Maryam putaran dari tiga Allah.
    Umat Nasrani beriman satu Yang mahakuasa. Tertulis jelas intern kitab Taurat dan Injil.
    “Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, Allah itu esa!”
    (Taurat, Ulangan 6:4; Bibel, Manuskrip 1 Timotius 2:5).
    Ramalan Maryam bagian dari tiga Allah terbit dari sekte sesat. Yaitu sekte Collyridian/ Mariamites (350 – 450 M). Mereka yang mengakuinya sebagai Allah.
  • Isa lahir di bawah pohon kurma, berkata saat bayi dan menghidupkan burung bermula tanah.
    Semua peristiwa ini berasal dari “Infancy Gospel” (kisahan masa kanak-kanak Yesus). Yakni berbagai rupa literatur yang berkembang ratusan tahun setelah Kitab Injil. Literatur ini hanya kitab sastra ataupun garitan saga.
    Perumpamaan hipotetis kisah Utusan tuhan Isa (Yesus) di radiks pohon kurma dan berbicara berpokok dari “The Pseudo Gospel of Matthew” (600 – 625 M). Terdapat dalam pasal 20.
    Sementara itu kisah Yesus menghidupkan burung berasal bermula “Injil Thomas dan Israel.” Yaitu injil palsu berasal dari kaum Gnostik nan beredar sekitar awal abad ke-2.
  • Isa lain tersalib melainkan sosok lain mengoper-Nya.
    Berita ini yakni berita liar (hoax). Purwa kali terbit dari para imam dan pemuka Yahudi saat itu.

    “Para Pastor dan pemimpin Yahudi bersepakat. Mereka meminta pengawal buat menyebarkan dusta. Bahwa Yesus enggak bangkit melainkan mayat-Nya dicuri. Berita ini tersebar luas sebatas saat ini”

    (Alkitab, Rasul Besar Matius 28:12-15 BIS, parafrasa).
    Lebih jauh berita ini berkembang melalui tajali sesat dari “Injil Barnabas.” Penulisnya lain murid Isa. Melainkan adalah Mustafa de Arande. Beliau seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol, sukma seputar tahun 1500 Kristen.
    Isi “Bibel Barnabas” seorang memiliki banyak kontroversi. Banyak data yang anti, baik dengan Al-Quran alias Kitab Injil. Anda dapat mempelajari kesalahan Injil Barnabas lebih lanjut, di sini.

Jadi Anda boleh melihat bahwa memang banyak amanat bukan benar yang beredar. Semua kejadian ini yang menimbulkan kecemasan banyak sosok.

Sahaja, sehabis menjernihkannya, kita bisa melihat jelas. Bahwa memang Yesus yaitu nabi Isa. Perbedaan yang ada hanya semenjak berpunca pengetahuan dan sumber yang keliru. Kebenaran utuh dapat kita lihat sesuai dengan nan tersurat dalam Kitab Injil.

Penjelasan ini membawa kita sreg kesimpulan nan karuan.

Konklusi nan Bukan Terbantahkan!

Sesudah meluluk semua informasi ini, Ia boleh mengerti bahwa Isa sangat singularis. Ia sangat berbeda berbunga manusia pada umumnya.

Hanya Isa yang lahir dari dayang. Ia mumbung mukjizat. Ia satu-satunya nabi nan berlimpah di sisi Yang mahakuasa. Pernahkah Anda berpikir dalam-dalam cak kenapa demikian?

Baik Al-Alquran dan Injil menyatakan Isa adalah perwujudan Roh dan Firman Almalik (Kalimatullah). Karena itu hanya Isa yang suci minus dosa.

Selanjutnya ayat berikut ini memberikan kesimpulan terbit semua yang sudah kita bahas.


“Maria
[Maryam]
akan berputra koteng anak adam. Anak itu harus dia beri nama Yesus
[Isa], karena Ia akan mengebumikan umat-Nya dari dosa mereka”
(Injil, Rasul Besar Matius 1:21 BIS).

Melintasi Isa (Yesus), Yang mahakuasa cak hendak menanam basyar. Seandainya Sira mengimani dan menjadi pengikut Isa, maka Halikuljabbar akan mengetanahkan Anda!!


“Dan keselamatan
[rahmat Tuhan bakal manusia masuk keindraan]
tidak ada di dalam siapapun juga selain di n domestik Kamu
[Isa Al-Masih]
. . .”


(Injil, Kisahan Para Rasul 4:12).

Kita telah melihat manfaat Isa Al-Masih. Mari, mengimani Isa Al-Masih yang dijelaskan privat Kitab Bibel! Engkau akan mendapat pengampunan dosa dan jaminan suralaya.

Kalau Anda sudah siap memercayai Isa Al-Masih sebagai Juruselamat, klik disini.

Bila Anda cak hendak mendalami Isa n domestik Kitab Taurat, Zabur, dan Injil, klik link ini.


Artikel Terkait

Berikut ini link-link yang berhubungan dengan artikel di atas. Jika Anda berminat, silakan klik pada link-link berikut:

  1. 5 Alasan Muslim dan Nasrani Wajib Mengutamakan Isa Al-Masih
  2. Nabi Isa Tersirat Kerumahtanggaan Surah Al-Fatihah Ayat 2 dan 4
  3. Cak kenapa Tidak Suka-suka Dosa Nabi Isa Menurut Islam dan Nasrani?

Video:

  1. Isa Al-Masih Dalam Al-Quran

Fok
us Pertanyaan Cak bagi Dijawab Pembaca

Staf IDI berhasrat Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Saudara apakah Yesus itu Nabi Isa? Jika demikian jelaskan mengapa ada berbagai perbedaan mualamat mengenai penggagas ini?
  2. Bagaimana rukyat Saudara mengenai banyak informasi nan berpunca dari hoax dan ilham sesat nan tersebar luas jaman habis?
  3. Bagaimana pendapat Saudara adapun khasiat Isa Al-Masih yang tercatat jelas dalam Al-Quran dan Injil?

Komentar nan tak berhubungan dengan tiga soal di atas, maaf bila tertekan kami berantas.

Untuk menolong sidang pembaca, kami menjatah tanda

*****

pada komentar-komentar nan kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar lakukan buletin mingguan, “

Isa, Islam dan Al-Fatihah
.”

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, yuk menghubungi kami dengan kaidah klik link ini. atau SMS/WA ke: 0812-8100-0718

Source: https://www.isadanislam.org/isa-al-masih/apakah-yesus-itu-nabi-isa/

Posted by: caribes.net