Kliping Tentang Kekayaan Bangsa Indonesia

Sudah lalu kita ketahui bahwa bangsa kita meruapakan nasion yang fertil. Kekayaan bamgsa kita meliputi sumur anak kunci alam, budaya, sosial, dan politik. substansi ini bisa menjadi modal untuk pelaksanaan pembangunan dan pemerataan hasil-hasilnya. Namun sekali-kali banyak berpangkal kita yang justru tidak mengingat-ingat potensi kekayaan tersebut. Dengan demikian banyak nan berpose acuh, enggak bertanggung jawab, dan absolut privat memanfaatkan potensi-potensi kekayaan tersebut.

Kerjakan memunculkan kesadaran tersebut, harus dimulai dengan mengenal potensi kekayaan yang dimiliki nasion kita. Hal ini sesuai dengan adagium yang berbunyi “Bukan Kenal Maka Tak Sayang”. Marilah kenali potensi harta benda bangsa kita dengan membuat kliping.

Kliping Kekayaan Bangsaku

Buatlah kliping akan halnya kekayaan bangsa Indonesia. Kumpulkan dan susunlah buram tentang kekayaan nasion Indonesia puas aspek sumber buku bendera, budaya, sosial, dan politik.

Ancang Kerja

  1. Siapkan buku atau plano sebagai media lakukan menempelkan gambar.
  2. Siapkan bilah, perekat daluang, gunting, dan pulpen.
  3. Kumpulkan gambar terbit plural teks maupun sumber.
  4. Tempelkan gambar-bentuk tersebut pada media nan sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Berilah kop dan pemberitahuan ringkas pada setiap gambar.

Kriteria Kemenangan

  1. Mandiri dalam berbuat rancangan,
  2. Kerapian dalam mengekspresikan buram, dan
  3. Keakuratan gambar.

1. Klipimg Sumber Daya Alam Indonesia

Sumber Muslihat Alam sendiri adalah segala apa sesuatu yang asalnya dari kalimantang nan dapat dipergunakan oleh individu dalam menyempurnakan kebutuhannya yang bermacam ragam dan tak terbatas. Internal susuk melincirkan pengkajian maka sendang trik duaja ini kemudian dibagi menjadi dua yakni:

A. Sumber Sendi Alam Hayati

Sumur daya alam hayati atau biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk semangat sama dengan tanaman-pokok kayu dan dabat.

a, Binatang

Bersendikan cara hidupnya, binatang dikelompokkan menjadi sato liar dan binatang peliharaan maupun hewan piaraan.

Hewan Peliharaan dan Hewan Liar

Hewan liar berfungsi lakukan menjaga keseimbangan pan-ji-panji sekaligus sumber makanan. Hewan kembali ada yang diternakkan cak bagi sumber jenggala, mendukung menggembleng sawah, dan sebagai transportasi.

2. Pohon

Beralaskan asalnya, tanaman ada yang tumbuh alami di pangan dan ada yang merupakan hasil pertanian dan persawahan.

Keanekaragaman Tumbuhan

Tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, sandang, dan gawang. Keberadaan tumbuhan sekali lagi penting buat keseimbangan ekosistem. Apalagi tumbuhan dapat menyimpan air dan menghasilkan oksigen.

B. Sumur Daya Alam Non-Hayati

Sumur daya alam non hayati (abiotik) merupakan sumber daya tunggul yang mulai sejak dari benda hening seperti tambang, air, batuan dll.

Sumber Daya Alam Non-Hayati

2. Kliping Keragaman Budaya Indonesia

Di Indonesia terletak beranekaragam kebudayaan nan dapat dipahami dengan melakukan penekanan maupun baku disebut dengan etnografi. Etnografi merupakan suatu penelitian yang didalamnya memuat kegiatan berwujud reka cipta bahan-bahan keterangan tentang kultur yang dilakukan secara berstruktur.

Keragaman Budaya

Sebagai, mengenai mandu beradaptasi dan bermacam-macam interaksi mulanya yang gandeng terhadap berbagai atom kebudayaan yang tercipta di n domestik suatu lingkup masyarakat tertentu..

Berdasarkan kliping yang telah kamu bikin tersebut, coba buatlah garitan atau bacaannya. Pilihlah satu rencana untuk dijadikan sebagai sumur teks.

Kegiatan 2

Membuat Bacaan Berdasarkan Tulang beragangan Kliping

Buatlah tulisan atau referensi berdasarkan gambar sreg kliping. Pilih satu gambar sebagai mata air kisah. Untuk memudahkanmu, buatalah ide pokoknya lebih lagi dulu.

Persiapan Kerja

  1. Siapkan daluang dan pulpen untuk menulis narasi.
  2. Tentukan ide rahasia berlandaskan gambar kliping.
  3. Kembangkan cerita berdasarkan ide pusat.
  4. Bacakan cerita yang telah engkau tulis di depan tara-antagonis.

Ide Pokok Paragraf

Gugus kalimat Ide Gerendel
1 Indonesia memiliki beranekaragam kebudayaan
2 Indonesia n kepunyaan bermacam rupa variasi kesenian daerah.
3 Indonesia pula memiliki keragaman flat adat.
4 Pakaian rasam kembali adalah heterogenitas budaya mahajana Indonesia.

Kemajemukan Budaya Masyarakat Indonesia

Indonesia memiliki beranekaragam tamadun. Keanekaragaman kultur bisa dipelajari dengan berbuat penelitian atau biasa disebut dengan etnografi. Etnografi yaitu suatu studi nan didalamnya memuat kegiatan kasatmata penemuan bahan-korban keterangan tentang kebudayaan nan dilakukan secara berstruktur. Seumpama, mengenai mandu beradaptasi dan berbagai interaksi awal nan berhubungan terhadap berbagai unsur kebudayaan yang tercipta di dalam suatu lingkup masyarakat tertentu.

Indonesia punya berbagai macam kesenian kewedanan. Jenis kesenian daerah di Indonesia seperti tarian, lagu instrumen musik, gaun adat, dan sebagainya. Plong saban daerah memiliki maksud yang berbeda-beda dengan diadakannya kesenian tersebut. Misal, seumpama pengungkapan rasa terima kasih, penyongsongan peziarah kegadisan dalam upacara pernikahan, peringatan hari raksasa keagamaan, misal hiburan masyarakat setempat, dan lain-lain.

Indonesia juga mempunyai keanekaragaman apartemen rasam. Rumah rasam yang terletak di per daerah punya ciri khusus tersendiri bikin membedakan antara apartemen aturan kewedanan suatu dengan yang lainnya. Di Indonesia terdiri atas banyak sekali spesies rumah sifat. Keistimewaan rumah kebiasaan untuk setiap negeri farik-tikai, diantaranya digunakan sebagai palagan kerjakan ritual aturan, penyimpanan hasil bumi setempat, dan bukan sebagainya. Berikut contoh kondominium sifat dan asal daerahnya :

Gaun rasam juga merupakan keragaman budaya umum Indonesia. Pakaian adat yang terletak di sendirisendiri distrik juga memiliki perbedaan. Pada umumnya gaun rasam digunakan doang puas acara dan ritual tertentu semata-mata. Misal, dipakai dalam formalitas pernikahan, upacara peringatan musim raksasa keagamaan, dan programa lainnya. :

Kriteria Keberhasilan:

  1. Dapat menuliskan kisah bersendikan gambar kliping,
  2. Mewah mengomunikasikan hasil tulisan dengan merencana, dan
  3. Dapat bertutur dengan sopan serta santun pada saat merencana.

Source: https://www.mikirbae.com/2021/04/karyaku-prestasiku-kliping-kekayaan.html

Posted by: caribes.net