Komik Cerita Rakyat Timun Mas

Cerita rakyat Timun Mas merupakan kisahan rakyat asal Jawa Tengah nan mutakadim melegenda bahkan menjadi khayalan pengantar tidur secara turun temurun. Cerita rakyat ini habis menarik dan disukai anak – anak asuh.

Selain ceritanya lewat menarik, cerita rakyat Timun Mas juga mengandung wanti-wanti moral di dalamnya yang penting dipelajari. Berikut kami ulas informasi tentang cerita rakyat sumber akar Jawa Tengah ini beserta pesan akhlak yang terkandung di dalamnya, cek marilah!

Cerita Rakyat Timun Mas dan Pesan Moralnya

Cerita rakyat Timun Mas berkisah adapun kisah Mbok Sirni yang mendapatkan sebuah biji timun Ajaib berpangkal buto ijo dan kemudian kredit tersebut di dalamnya ternyata berisi sendiri orok. Kemudian Mbok Sirni memberikan etiket orok di n domestik timun Ajaib tersebut Timun Mas.

Berikut kisah sumir tentang Timun Mas :

Di sebuah desa terwalak sendiri janda bernama Ayunda Sirni nan ingin memiliki seorang momongan. Harapannya kalau ia memiliki seorang anak, akan terserah nan menemani hidupnya nan lengang dan sekaligus membantunya bekerja.

Tuhan memang lain langsung memberinya anak asuh sesuai doanya. Namun suatu perian menclok seorang raksasa bertubuh besar jenjang yang bertaki akan memberi Mbok Sirni anak asuh. Cuma syaratnya, ketika anak tersebut berumur 17 tahun maka anak tersebut harus diserahkan kembali kerjakan disantap samudra.

Mbok Sirni sejadi dengan syarat tersebut minus berpikir panjang. Bagi Empok Sirni yang terpenting ketika ini ia bisa mempunyai anak. Raksasa kemudian menerimakan biji mentimun kepada Mbakyu Sirni bakal ditanam dan dirawat.

Cerita Rakyat Timun Mas

Setelah ditanam tekor lebih sejauh 2 minggu, mentimun tersebut tumbuh besar dan mulai sejak pohonnya terdapat sebuah mentimun yang paling menonjol. Mbak Sirni mengambil mentimun yang paling menonjol tersebut.

Tanpa di kira, ternyata di dalamnya terletak seorang bayi rupawan yang kemudian kanak-kanak anyir tersebut diberi tanda Timun Mas oleh Taci Sirni. Timun Mas dibesarkan dengan sangat baik oleh Mbok Sirni.

Hari pun berpulang, Timun Mas tumbuh menjadi koteng amoi yang elok jelita. Suatu hari kemudian kamu didatangi raksasa nan menagih janjinya. Namun saat perian itu tiba, Uni Sirni merasa takut kehilangan Timun Mas.

Cerita Rakyat Timun Mas

Embok Sirni pula mengulur janjinya supaya segara datang ke Teteh Sirni dua hari pun. Osean pun menyetujui karena kamu nanang semakin dewasa maka Timun Mas akan semakin lezat untuk disantap.

Suatu malam, Mbok Sirni bermimpi. Di internal mimpinya tersebut ada seseorang yang memberi petunjuk. Jika Mbok Sirni ingin Timun Mas selamat, maka ia harus cak bertengger ke petapa di Gunung Gundul. Sonder nanang hierarki, Mbok Sirni mencari petapa di Gunung Sulah tersebut.

Petapa memberikan Kakak Sirni catur buah bungkusan kecil yang di dalamnya berisi poin mentimun, jarum, garam, dan terasi. Keempatnya yakni penangkal dari raksasa. Sesampainya di flat, Uni Sirni pun memberikan pak tersebut kepada Timun Mas seraya membacakan zikir.

Paginya, raksasa datang menagih ikrar karena hari itu sudah tepat dua masa dari masa yang dijanjikan. Kemudian Mbok Sirni meminta Timun Mas lari pecah pintu belakang. Melihat keadaan tersebut, raksasa berlari mengejar Timun Mas.

Dalam pelariannya, Timun Mas teringat dengan keempat cangkang nan sira simpan. Anda pun menebar bijinya di hutan. Ajaibnya, skor mentimun menjadi ladang mentimun yang berdampak lebat. Raksasa pun memakan biji kemaluan mentimun di ladang tersebut kerjakan menambah tenaga.

Cerita Rakyat Timun Mas

Kemudian Timun Mas menebar penusuk dan n domestik sekejab, jarum tersebut berubah menjadi tumbuhan bambu yang tinggi dan tajam. Pohon tersebut melukai kaki ki akbar namun raksasa terus berusaha berburu Timun Mas cak agar dengan kaki yang berdarah – pembawaan.

Melihat ki akbar yang masih mengejar, Timun Mas membuka bungkusan garam. Kemudian garam tersebut ditaburkan dan seketika hutan menjadi lautan yang luas. Namun raksasa produktif melewatinya.

Cerita Rakyat Timun Mas

Terakhir, Timun Mas membuka bungkusan terasi dan seketika terbentuklah raksasa yang airnya mendidih. Akhirnya besar tidak makmur mengetanahkan diri dan beliau harus meninggal dan tenggelam intern lautan mendidih tersebut. Kesudahannya pelarian Timun Mas pula membawa hasil.

Timun Mas tidak menjadi santapan raksasa dan bisa berkumpul kembali dengan Embok Sirni. Mereka berdua hidup sepi selamanya.

Pesan moral cerita rakyat Timun Mas

Setiap anak adam akan Tuhan uji dengan berbagai kebobrokan doang setiap komplikasi yang diberikan Tuhan pasti ada jalan keluarnya. Enggak ada penyakit yang tak akan menemukan jalan keluarnya. Oleh sebab itu ibarat seorang basyar, sudah lalu sebenarnya kita bersabar ketika diberi keburukan, bukan mencantumkan apalagi menyerah.

Ketika masalah menclok teruslah berusaha dan berdoa karena Halikuljabbar akan kondusif hambanya yang tidak pantang menyerah.

Selain Timun Mas, cerita rakyat asal Jawa Perdua sebenarnya layak banyak. Takdirnya Anda ingin tahu segala saja cerita rakyat asal Jawa Paruh selain Timun Mas, baca :
Cerita Rakyat Jawa Perdua Terpopuler Selain Timun Mas

Baca juga :
Mengintip Cerita Rakyat Dari Jawa Paruh nan Populer

Itulah adv minim informasi yang kami dapat bahas mungkin ini terkait cerita rakyat Timun Mas dan pesan moralnya. Semoga kita dapat menjeput pesan baik nan terkandung dari narasi rakyat nan kita telaah kali ini.

Source: https://dongengceritarakyat.com/cerita-rakyat-timun-mas/

Posted by: caribes.net