Kuat Arus 3 A Artinya

KOMPAS.com
– Kuat arus listrik adalah salah satu jumlah fisika yang banyak digunakan intern umur sehari-hari. Apa nan dimaksud dengan kuat arus dan bagaimana rumus kuat arus? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian awet rotasi listrik

Aliran listrik adalah muatan listrik yang berputar. Elektron adalah muatan setrum. Elektron yang berpindah bermula satu empat ke kancah bukan (mengalir) menciptakan menjadikan arus elektrik.

Dilansir dari
Encyclopedia Britannica, kuat arus listrik merupakan ukuran jumlah tanggung listrik nan melangkaui bintik mana pun sendirisendiri satuan perian.

Makin kuat suatu arus listrik, maka bertambah banyak muatan elektrik nan bergerak dalam stauan waktunya.

Baca juga: Mencari Kuat Arus Lulusan pada Trafo

Satuan kuat arus listrik

Apa satuan kuat aliran? Kuat arus yaitu besaran fisika nan memiliki satuan ampere (A) nan diambil terbit nama seorang pembangun ilmi elektrodinamika bernama Andre Marie Ampere.

Selain ampere (A), kuat aliran listrik bisa dinyatakan dalam runcitruncit coloumb (C). Satu ampere (A) sekelas dengan satu coulomb, dan satu coulomb sama dengan 6,2 x 10^18 elektron masing-masing detik.

Dalam kuantitas yang lebih kerdil, awet peredaran listrik dapat dinyatakan dalam satua miliampere (mA). Satu miliampere setara dengan 0,001 ampere.

Baca juga: Tendensi Besi sembrani: Menentukan Arus Listrik lega Dua Benang kuningan Ekuivalen

Rumus kuat sirkulasi

Apa rumus kuat persebaran? Dilansir dari
Physics Libretexts, langgeng sirkuit yakni banyaknya tanggung per runcitruncit waktu. Sehingga, rumus kuat distribusi adalah:

Dengan,
I: kuat sirkuit setrum (A)
Q: jumlah beban listrik (Q)
cakrawala: periode (s)

Namun, dalam beberapa kasus lain diketahui jumlah beban yang mengalir. Sehingga, kita boleh menunggangi hukum Ohm bagi cak menjumlah kuat arus.

Baca kembali: Rangkaian Elektrik: Signifikansi, Variasi, Komponen, dan Rumusnya

Rumus langgeng arus menurut hukum Ohm

Dilansir dari
Lumen Learning, menurut hukum Ohm awet arus listrik berbanding lurus dengan beda potensial maupun tegangan dan dihambat maka itu perbantahan. Sehingga, rumus kuat persebaran menurut hukum Ohm adalah:

Dengan,
I: kuat arus listrik (A)
V: tegangan setrum (V)
R: rintangan ataupun resistansi (?)

Rumus awet aliran rangkaian semarak

Pada relasi seri, arus yang mengalir lega setiap suku cadang adalah sama. Artinya, kuat arus kuantitas perkariban sama dengan kuat rotasi nan berputar pada tiap komponennya.

Baca juga: Bedanya Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel

Sehingga, rumus kuat arus rangkaian seri merupakan:

Rumus kuat arus perkariban paralel

Kebalikan dari rangkaian cuaca, lega gabungan paralel abadi arus yang mengalir tidak sederajat puas setiap komponennya. Kuat arus total dibagi-buat untuk setiap komponen berdasarkan perbedaan hambatannya.

Sehingga, rumus abadi arus rangkaian paralel ialah:

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap hari berasal Kompas.com. Ayo berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram justru dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/24/124111269/kuat-arus-listrik-pengertian-satuan-dan-rumusnya?page=all