Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 2

KUNCI JAWABAN Inferior 5 TEMA 7

SUBTEMA 2 Pengajian pengkajian 6 Halaman 141, 142, 144, 147-148

Isi pertanyaan buku k13 kls 5 t7 st2 pb 6 hal 141, 142, 144, 147-148

Sendi Jawaban Halaman 141

Silakan Batik

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi utama dalam bacaan ke internal rubrik-rubrik berikut dengan menggunakan pendirian: apa, di mana, bilamana, siapa, mengapa, dan bagaimana!

kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 141


Kunci Jawaban Halaman 142

Apakah Republik Indonesia Kawan itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi boleh kamu peroleh dengan berbuat kegiatan-kegiatan berikut.

Sesudah informasi sira dapatkan, tuliskan alhasil pada kolom berikut.

Jawaban :


Kerjakan menghadapi KMB (Konferensi Meja Buntar) diadakan konferensi Inter Indonesia. Konferensi tersebut dimaksudkan untuk mempertemukan pandangan konsul Republik Indonesia dengan wakil BFO (Bijeenkomst Voor Federal Overleg). BFO yaitu organisasi yang terdiri atas pemimpin negara-negara bagian ataupun negara-negara kecil nan ada di Indonesia. Negara-negara episode tersebut timbul akibat adanya garis haluan adu domba/berpunca belah (Devide et Impera). Bagian-penggalan wilayah Indonesia yang diduduki Belanda dipecah-pecah sehingga timbul negara-negara kecil (negara boneka).


Sesudah berdampak menyelesaikan keburukan dalam kewedanan melangkaui Konferensi Inter Indonesia, bangsa Indonesia siap menghadapi KMB.


RIS (Republik Indonesia Serikat) adalah negara federasi yang terbentuk pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil dari kesepakatan tiga pihak yang bermusyawarah dalam KMB, yaitu Republik Indonesia, BFO (negara-negara adegan), dan Belanda. Republik Indonesia Serikat (RIS) memiliki konstitusi/Undang-undang, merupakan Konstitusi RIS. Dan Konstitusi RIS ini ditandatangani oleh para superior negara-negara fragmen yaitu :


  1. Mr. Susanto Tirtoprodjo dari Negara Republik Indonesia menurut perjanjian Renville

  2. Yamtuan Hamid II dari Distrik Tunggal Kalimantan Barat (negara otonom)

  3. Radja Kaliamsyah Sinaga dari Negara Sumatra Timur

  4. Abdul Malik berpangkal Negara Sumatra Selatan

  5. Ida Anak Agoeng bersumber Negara Indonesia Timur

  6. R.A.A Tjakraningrat dari Negara Madura

  7. Mohammad Hanafiah dari Negara deret (Negara otonom)

  8. Mohammad Jusuf Rasidi berbunga Negara Bangka (Negara otonom)

  9. K.A. Mohammad usuf berpunca Negara Belitung (Negara otonom)

  10. Muhran bin Haji Ali dari Negara Dayak Besar (Negara otonom)

  11. Dr. R.V. Sudjito dari Negara Jawa Perdua (Negara otonom)

  12. Raden Soedarmo berbunga Negara Jawa Timur

  13. Jamani terbit Negara Kalimantan Tenggara (Negara otonom)

  14. A.P. Sosronegoro dari Negara Kalimantan Timur (Negara otonom)

  15. Mr. Djoemhana Wiriatmadja mulai sejak Negara Pasundan

  16. Radja Mohammad dari Negara Riau (Negara otonom)


Karena seluruh rakyat Indonesia menolak pembentukan negara-negara boneka bentukan Belanda, dan memaksudkan pemansuhan negara-negara boneka, maka pembubaran Republik Indonesia Serikat diawali dengan konferensi bersama antara pemerintah Republik Indonesi Persekutuan dagang, Republik Indonesia dan Negara Indonesia Timur yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 1950. Kemudian Konferensi kedua dilaksanakan  pada tanggal 19 Mei 1950 yang menyetujui bahwa pembubaran Republik Indonesia Kawan (RIS) dan pembentukan Negara Kesendirian Republik Indonesia (NKRI) nan sesuai dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.  Setelah penandatanganan serta penyerahan jabatan, UUDS 1945 mulai berlaku sejak tanggal 17 Agustus 1950 dan men pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS) secara baku dan kembali ke sistem Kerakyatan Liberal Negara Keesaan Republik Indonesia.


Buku Jawaban 144

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, sangat diskusikan bersama kerumunan lain. Tuliskan hasil urun rembuk kalian dalam peti berikut.

1. Nilai yang sesuai dengan jiwa dan sikap pahlawan sreg lagu “Terima kasih” adalah

Jawaban :


  • Ponten demap puas lahan air. Sikap chauvinisme akan muncul detik poin bosor makan lahan air sudah tertanam dalam sanubari, sehingga setiap individu akan terpanggil untuk membela, mengabdi dan melindungi Indonesia pecah barang apa ancaman, baik dari internal negeri alias pecah luar negeri.

  • Nilai Rela berkorban dengan rela memasrahkan pikiran, tenaga, harta dan lain sebagainya sahaja demi kepentingan nasion dan negara

2. Sebagai generasi sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk takhlik rasa syukur sebagai lembaga cak acap tanah air?

Jawaban :


  • Belajar dengan bukan main-sungguh

  • Menjaga persatuan dan kesatuan

  • Setia terhadap qanun/perundangan nan berlaku

  • Menjaga dan memelihara akomodasi umum

  • Tidak melakukan perbuatan nan merugikan diri sendiri maupun merugikan anak adam lain


Resep Jawaban Halaman 147-148





Marilah Berlatih

Ayo, belajar dari problem yang terjadi di sekitar kita dalam roh sehari-musim!

1. Ali, Amin, Rudi dan Heri membentuk kerubungan berlatih. Seminggu dua kelihatannya mereka belajar di kondominium masing-masing secara bergiliran. Kali ini, mereka berlatih di rumah Ali.

Detik semenjana mengerjakan soal, Ali dan Amin meminang izin bagi melaksanakan ibadah karena waktunya telah tiba. Biarpun Rudi dan Heri berlainan agama, mereka mempersilakan Ali dan Amin melaksanakan ibadah. Rudi dan Heri menunggu dengan tenang sampai Ali dan Amin selesai melaksanakan ibadah.

a. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Rudi dan Heri?

Jawaban :


Sikap Rudi dan Heri layak diteladani, karena mereka berdua menunjukkan sikap menghargai perbedaan agama. Rudi dan Heri pula sudah lalu melakukan nilai-skor Pancasila terutama Sila ke-1.

b. Apakah keistimewaan tukar menghargai antar saingan nan berbeda agama n domestik pergaulan?

Jawaban :


Kerukunan akan gegares terlatih. Sekiranya lega hati comar terjaga, maka angka persatuan dan kesatuan akan kukuh terbimbing sekali lagi

2. Nirma momongan orang makmur. Ayahnya pengusaha yang sukses. Semua permintaan Nirma selalu dipenuhi orang tuanya. Kejadian ini membuat kamu ria. Dalam pergaulannya, sira cak acap memilih-milih teman. Dia tidak mau bergaul dengan anak-anak lain yang berasal dari batih miskin.

a. Menurut pendapatmu, benarkah tindakan Nirma?

Jawaban :


Tindakan Nirma merupakan tindakan yang keseleo yang tidak boleh dijadikan ideal. Tindakan Nirma ini bisa menimbulkan perpecahan. Seharusnya Nirma berteman tanpa memandang status sosial seseorang

b. Apakah seorang anak seperti mana Nirma n kepunyaan banyak p versus? Kok demikian?

Jawaban :


Kemungkinan besar Nirma sahaja akan memiliki kurang teman, karena kebiasaan kesombongan jelas lain akan disukai oleh anak adam enggak, sehingga Nirma akan dijauhi oleh teman-temannya.

3. Rina siswa baru di kelas 5. Rina duduk bersebelahan dengan Irma. Rina berasal berpunca negeri yang berbeda dengan kewedanan asal Rina. Bagaimana mudahmudahan sikap Rina?

Jawaban :


Sikap Rina yakni konstan berteman dengan Irma walau berbeda daerah, dengan konsisten mengajaknya main-main dan belajar bersama.

Source: http://jawabantematik.blogspot.com/2019/02/kunci-jawaban-kelas-5-tema-7-subtema-2.html