Lama Permainan Softball Ditentukan Selama

Artikel ini
membutuhkan rujukan adendum sepatutnya kualitasnya dapat dipastikan.
Minta tolong kami mengembangkan artikel ini dengan prinsip menambahkan rujukan ke sumber tepercaya. Pernyataan tidak bersumber bisa sahaja dipertentangkan dan dihapus.
Cari sumber:”Sofbol”berita·
harian·
sendi·
jauhari·
JSTOR



(Pelajari pendirian dan kapan saatnya kerjakan menghapus wanti-wanti templat ini)

Sofbol
(bahasa Inggris:
Softball) merupakan olahraga bola beregu nan terdiri dari dua tim. Permainan softball lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di ii kabupaten Chicago pada tahun 1887. Sofbol yaitu perkembangan bersumber sport sejenis merupakan bisbol atau hardball. Bola sofbol dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi alamat pemain kebalikan, yakni pukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terletak sebuah regu yang melek (defensif) dan tim nan memukul (serbuan). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga kirana markah (base) pelari hingga menyentuh markah akhir yaitu home plate.

Sofbol

Lama permainan softball ditentukan selama .... Inning 5 6 7 8 9

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi kawasan fair (fair territory) dan kewedanan foul (foul territory). Lebih jauh n domestik daerah fair terbagi menjadi dua babak, interior (Infield), dan eksterior (outfield).

Di dalam daerah kerumahtanggaan terwalak 4 markah (base). Setiap markah diberi nomor inkompatibel dengan arah jarum jam, dimulai berusul markah awal yang disebut home plate, diteruskan dengan markah mula-mula, markah kedua dan markah ketiga. Markah berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38cm (15 inci) yang dibuat terbatas lebih tinggi dari permukaan tanah. Ki perspektif berasal keempat markah membentuk tulang beragangan catur persegi nan disebut berlian (diamond).

Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

Jarak pelintasan antar markah yang ditentukanSunting

Pelintasan Fast Pitch Penyeberangan Slow Pitch 60 tungkai (18,29 m) 60 kaki alias 65 suku (19,81 m)

Jarak lontar (pitching) fast pitch yang ditentukanSunting

Dewasa Di bawah 18 tahun Di bawah 15 tahun Puteri Putera Puteri Putera Puteri Putera 43 tungkai (13,11 m) 46 tungkai (14,02 m) 40 tungkai (12,19 m) atau 35 kaki 46 kaki (14,02 m) 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki 46 kaki (14,02 m)

Jarak lontar (pitching) slow pitch yang ditentukanSunting

Dewasa Di dasar 18 musim Di bawah 15 musim Puteri Putera Puteri (univ) Puteri Putera Puteri Putera 50 kaki (15,24 m) 50 kaki (15,24 m) 50 kaki (15,24 m) 50 tungkai (15,24 m) 46 suku (14,02 m) 50 tungkai (15,24 m) 46 kaki (14,02 m)

PeralatanSunting

Minimal peralatan nan dibutuhkan dalam sebuah pertandingan sofbol termasuk sebuah bola. Sofbol menunggangi bola berwarna asfar dengan benang grip bercelup berma, yang sebelumnya bercat asli dengan qalam zakiah. Sarung tangan (glove) dikenakan makanya seluruh anak ningrat bertahan untuk menangkap bola, darurat first baseman dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt enggak). Tongkat pemukul (bat) yang digunakan privat kejuaraan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk sofbol. Predestinasi pemakaian dan kharakteristik bat yang bisa digunakan tertuang dalam ordinansi Federasi Sofbol Internasional. Helm palu bola dipakai bagi melindungi kepala seorang pengetuk bola bermula serangan bola dan cedera, tentatif gaun pelindung (protective gear) untuk seorang penangkap bola, dan sepatu pool (cleats). Yang keladak adalah uniform atau seragam. Tiap pemain menunggangi baju, celana, dan topi yang seragam ataupun bercat bawah sama. Semakin panjang tingkat pertandingannya, semakin eklektik intern ordinansi seragamnya. Semua peralatan dan perangkat itu yaitu teradat bagi setiap tim dalam melaksanakan pertandingan resmi.

Wasit pertandinganSunting

Kerumahtanggaan kompetisi sofbol terletak paling satu khalayak sebatas tujuh orang hakim ataupun wasit (umpire). Terletak suatu individu plate umpire dan tiga wasit markah yang menjaga pertandingan. Selebihnya wasit memantau daerah luar. Privat pertandingan fast pitch dihakimi makanya empat wasit (suatu plate umpire, tiga wasit markah).

Istilah untuk sendiri penengah yaitu blue, disebabkan seragam mereka pelalah berwarna biru. Posisi seorang penengah yakni menggermang di belakang penangkap bola dan palu bola . Berfungsi untuk melihat sebelah datangnya bola yang dilempar pelempar bola ke penangkap bola apakah itu strike maupun ball. Juri juga mematamatai jalannya permainan dengan ekonomis bikin menentukan situasi yang sebenarnya terjadi dan menjaga seyogiannya pemain sandiwara mematuhi peraturan. Sebagai pemimpin pertandingan adalah Umpire plate. Karena sifatnya ibarat pejabat pertandingan, otoritas umpire plate intern sebuah pertandingan sofbol ialah mutlak, Walaupun dapat diprotes (appealed) keputusannya tidak dapat diganggu gugat apabila protes yang dilakukan pemain atau pelatih atau manager team menyangkut ajustment, tapi protes dapat dilakukan dan bisa diterima apabila protes dilaukan terhadap salah penerapan rules. Makara ada permainan yang dapat dilanjutkan dengan protes (game under protes, sepenuhnya boleh dibaca sreg Rules Permainan Softball yang dikeluarkan maka dari itu ISF). sendiri hakim dapat mengeluarkan boleh jadi saja baik pemain atau malah sendiri pelatih keluar lapangan, takdirnya menurut wasit mengganggu jalannya pertandingan.

PermainanSunting

Sofbol dimainkan oleh dua tim di tanah lapang sofbol. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya yaitu cadangan. Permainan terdiri dari 9 fragmen yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim nan bertanding saban mempunyai kesempatan menimbuk (batting) untuk mencetak angka (run). Ketika tim nan menyerang mujur giliran menggampar, seorang pelempar bola cak regu bertahan menghempaskan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya hendaknya bola tidak dapat dipukul.Tim yang mendapat giliran melampang bergantian seorang demi koteng untuk menampung bola. Tim yang arik berusaha mematikan anggota tim nan berbahagia giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul berbahagia kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan cak regu yang berkuat.

Skor atau run dihasilkan pecah seorang runner berlari start semua markah secara berantai dan kembali start home plate. Setiap pelari nan berhasil mengerumuni dan start home plate mendapat satu skor. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim berbintang terang giliran memukul sampai 3 siapa out dan mematikan tim oponen 3 mana tahu out, disebut 1 inning. Intern tiap perlombaan sofbol durasi permainan sekurang-kurangnya 7 inning tergantung situasi, atau lama periode 2 jam. Pasca- menghabiskan inning, skuat yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi juara.

Seandainya privat inning yang ditentukan waktu mutakadim habis dan kedua belah tim n domestik keadaan binar, inning tambahan dimainkan sampai salah satu tim keluar bak pemenang. Kondisi itu disebut tie break atau binar. Plong permulaan permainan, tim yang menjadi tuan rumah (home team) mendapat habuan giliran melempar sedangkan cak regu tamu (visitor) berbahagia giliran gaplok.

Pelempar bolaSunting

Permainan dimulai pron bila wasit memulai pertandingan dan meneriakkan kata Play Ball. Sesudah pemain bersikukuh memasuki daerah jaganya masing-masing, pertarungan antara pelempar bola di skuat bertahan dan pemukul bola di tim nan mendapat giliran memukul boleh dimulai. Seorang pelempar bola redup di atas plate dan menghadap ke jihat penangkap bola. Pelempar bola akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt penangkap bola. Posisi bola lempar mempunyai wilayah distingtif yang disebut zona strike (strike zone), di mana hasil akhir lemparan terletak di atas home plate dan tingginya tidak kian dari dada dan bukan cacat dari lutut palu bola. Jika bola dalam zona strike bukan terpukul oleh pemukul bola, maka wasit akan berteriak strike. Dan apabila bola keluar dari zona strike, namun pemukul bola enggak mencoba memukul bola maka penengah akan berteriak ball. Zona strike ialah zona di mana bola privat wilayah pukul pemukul bola. Pada saat melempar, pelempar bola akan berusaha mewujudkan bola strike dengan sekuat tenaga agar pemukul bola kesusahan memukul bola walaupun bola berlimpah di zona pukulnya. Sehingga tantangan seorang pelempar bola adalah lontar dengan kelancaran tinggi dan dengan sasaran yang tepat.

Penangkap bolaSunting

Kerumahtanggaan satu regu setidaknya n kepunyaan satu orang penangkap bola. Penangkap bola dilengkapi dengan peranti pengaman dan bertugas menggetah lemparan pelempar bola. Catcher memperalat helm (topeng penangkap bola) untuk melindungi superior dan muka, pelindung fisik cak bagi melindungi wilayah fisik dan pelindung suku buat mereservasi kewedanan lutut ke asal. Posisi penangkap bola merupakan jongkok di belakang martil bola. Seorang pelempar bola dan penangkap bola diharuskan n kepunyaan komunikasi nan baik dengan isyarat-pertanda buat bekerjasama mematikan sendiri pemukul bola. Koteng penangkap bola kadang adalah pengatur politik nan baik, karena intern pertandingan penangkap bola bisa melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.

PenjagaSunting

Selain pelempar bola dan penangkap bola, tim bertahan memiliki 7 orang penjaga (fielder) yang terbagi n domestik 4 penjaga daerah privat (infielder) dan 3 basyar penjaga kawasan luar (outfielder). Interior yaitu penjaga markah suatu (pertama), penjaga markah dua (kedua), Penjaga antara markah dua dan tiga (shortstop), dan penjaga markah tiga (ketiga). Sedangkan penjaga asing terletak di sebelah kiri (penjaga kiri), perdua (penjaga tengah), dan kanan (penjaga kanan). Semua penjaga (termasuk pelempar bola dan penangkap bola) berusaha mematikan 3 orang cak regu dagi agar beruntung giliran gaplok. Karena run namun boleh didapatkan dalam posisi menyerang.

Pemukul bolaSunting

Tiap pemukul bola memiliki kesempatan 3 siapa strike dan 4 kali ball. 3 kali strike akan membuat pemukul bola tenang Strike Out. Dan apabila 4 siapa ball maka martil bola diperbolehkan jalan objektif ke jihat markah suatu (free walk). Apabila pukul berhasil menimbuk bola, pemukul bola akan berlari sekuat tenaga mencecah markah satu sebelum bola pukulannya dikembalikan ataupun di tangkap oleh penjaga markah satu. Jika pemukul bola berhasil sampai di markah satu sebelum penjaga markah suatu menangkap bola maka pukul bola safe’. Doang bila penjaga markah satu kian cepat menganyam bola, maka pemukul bola out.

Terwalak berbagai variasi varietas menampar. Hit, Bunt, hit and run, Steal dan lain-lain. Terjemur peristiwa yang terjadi momen itu. Majemuk macam spesies hit digunakan sesuai strategi yang akan ditempuh tim agresor.

Federasi Sofbol Sejagat (International Softball Federation)Sunting

Anggota-anggota Federasi Sofbol Internasional

Awak inilah nan akhirnya membuat peraturan-peraturan nan mencantol permainan gerak badan sofbol yang bermain di seluruh mayapada, tercatat Indonesia pada saat ini. Naskah aslinya teragendakan dalam bahasa Inggris, dan diterjemahkan oleh negara-negara anggotanya.

Terbentuknya Federasi Sofbol Alam semesta itu, maka memungkinkan diadakannya pertandingan antar negara yang bersifat internasional. Kemudian diselenggarakan perlombaan-kejuaraan tingkat nasional, regional dan bumi.

Kompetisi Antarbangsa Sofbol paling bergengsi saat ini adalah Perlombaan Sofbol Dunia (World Cup of Softball) nan diselenggarakan maka itu Amateur Softball Association di bawah naungan International Softball Federation. Negara-negara anggota ISF yang memasuki babak kualifikasi tiap tahun mengangkut kontingennya untuk bertanding. Setalah lolos kualifikasi, sejumalah 6 negara akan bertanding suatu sama tak (5 pertandingan). Dan 2 tim terbaik akan bertanding untuk memperebutkan posisi juara one-game-winner-take-all championship.

Juara terdepan:

  • 2005- Jepang 3 Amerika Serikat 1
  • 2006- Amerika Serikat dagang 5 Jepang 2
  • 2007- Amerika Serikat 3 Jepang 0

Pada musim 2007, Indonesia berdampak menorehkan memori lolos ke World Cup of Softball pertama kalinya. Indonesia bertanding dengan negara-negara lainnya di Oklahoma City dalam World Cup of Softball pasca- berhasil memasuki peringkat 3 dalam kualifikasi antar negara Asia.

Sofbol di IndonesiaSunting

Sebelum perang kebebasan sofbol sudah cak semau yang memainkan di Indonesia, cuma sifatnya masih silam terbatas. Yaitu hanya dimainkan di sekolah-sekolah tertentu belaka. Pada tadinya terserah anggapan bahwa permainan sport sofbol hanya pantas dimainkan maka itu golongan wanita saja. Hal ini terus berlangsung sampai periode 1966. Oleh karenanya sampai hari itu, sofbol hanya dimainkan maka dari itu puteri. Ketika Asian Games Bangkok, terbukalah alat penglihatan kita bahwa sepantasnya olahraga sofbol itu dapat dimainkan baik oleh puteri maupun putera. Sreg waktu itu putera-putera kita, masih menyenangi olahraga bisbol.

Meluluk perkembangan sofbol sebegitu cepatnya dan adanya kompetisi antara negara setiap tahunnya. Timbul perhatian kita terhadap simpang olahraga ini secara sungguh-sungguh. Mulanya sofbol hanya berkembang di Jakarta, Bandung, Palembang, Semarang dan Surabaya. Tetapi kini telah menjadi salah satu simpang olahraga yang sangat digemari masyarakat, terutama para murid dan mahasiswa. Bakal merendam kegiatan-kegiatan sofbol di Indonesia, diperlukan suatu bodi nan mengaturnya, maka dibentuklah Organisasi Induk dengan jenama PERBASASI (Perhimpunan Baseball & Sofbol Amatir Seluruh Indonesia). Dengan adanya gelanggang PB. PERBASASI ini mulailah diadakan kompetisi sofbol tingkat nasional. Pertandingan Kebangsaan I diselenggarakan tahun 1967 di Jakarta. Di samping itu sejak PON VII di Surabaya, sofbol menjadi keseleo satu cagak olahraga yang dipertandingkan.

Liga Sofbol Indonesia (LSI)Sunting

Dalam upaya lebih memasyarakatkan olahraga sofbol di landasan masyarakat, PB Perbasasi membentuk Liga Sofbol Indonesia.

LSI diselenggarakan pertama siapa pada tahun 2004. Putaran pertama diadakan di Jakarta pada wulan Mei 2004, sementara itu putaran kedua berlangsung di Bandung, Juli 2004. Penggalan ketiga liga yang diikuti heksa- klub berlangsung di Surabaya, sungkap 26-27 November 2004. Seluruh klub peserta liga saat ini masih minus beberapa klub. Mereka adalah Citra Muda, Prambors, Garuda, Rebels (Jakarta), Gorgeous, NISP, Mayapada Asri (Bandung), Sriti (Surabaya), Smanda (Lampung), dan Pirates (Kaltim)

Untuk halangan sofbol, Liga Sofbol Indonesia atau LSI ialah pertandingan memesona menjurus semipro. Selain pemain Indonesia, klub-klub peserta LSI boleh menggunakan pemain asing dalam timnya. Waktu ini peraturan mengenai anak komidi asing membolehkan Kuantitas maksimal pemain luar nan boleh memperkukuh sebuah klub adalah panca atlet. Hanya hanya tiga pemain yang dapat menjadi pemain inti, sedangkan dua pemain lain yang menjadi pasokan hanya bisa menggantikan pemain asing.

Pranala luarSunting

  • (Inggris)
    Adapun Federasi Sofbol Intenasional
  • (Inggris)
    Situs web resmi Gayutan Sofbol Amatir Amerika Serikat
  • (Inggris)
    Situs web resmi Sofbol Amerika
  • (Inggris)
    Situs web resmi Jalinan Sofbol Australia Diarsipkan 2007-08-29 di Wayback Machine.
  • (Inggris)
    Memori sofbol
  • (Inggris)
    Sejarah sofbol Diarsipkan 2007-05-27 di Wayback Machine.
  • (Indonesia)
    Indonesian softball team blogspot

Diperoleh berpokok “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Sofbol&oldid=19425973”

Source: https://idkuu.com/lama-permainan-softball-ditentukan-selama-inning-5-6-7-8-9

Posted by: caribes.net