Makanan Untuk Acara Tedak Siten

Celaan.com –
Intern budaya Jawa, kalau anak asuh nan baru boleh berjalan, akan dilaksanakan tradisi Tedak Siten. Hingga kini, tali peranti Tedak Siten pun masih dilakukan maka dari itu banyak batih.

Namun siapa sangka, sebuah anak bini mengadakan tradisi Tedak Siten dengan pendirian nan mengejutkan. Hal ini dibagikan menerobos akun TikTok
@riomaryono.

Prosesi menginjakkan kaki pertama bisa jadi di kapling ini rupanya bukan dilakukan oleh anak makhluk melainkan anak kucing. Anak kucing yang diberi merek Baby Cat Devon itu awal tampak ditempatkan pada sebuah bantal mungil.

Terlihat pula beberapa individu yang menggunakan baju tradisional Jawa seperti jarik dan menggambar. Baby Cat Devon lantas ditaruh di dekat makanan-rahim yang disediakan untuk tali peranti ini.

Baca Pula:
6 Fakta Tentang Ekor Kucing nan Selit belit Diketahui, Keseleo Satunya Makara Cara Berkomunikasi

Harapan Tedak Siten ini dilaksanakan merupakan agar Devon mampu melangkaui semua fase hidup dengan bagus dan lampias. Berbagai ragam menu lambung pun disajikan bagi prosesi ini.

Tedak siten kucing (TikTok @riomaryono)
Tedak siten meong (TikTok @riomaryono)

Mulai bersumber wajik ketan wajik, nasi gurih dengan lauk ayam jantan rendang, sambal goreng ati, mihun, buah, hingga kudapan pasar, semua suka-suka pada upacara Tedak Siten ini.

Seremoni yang dilakukan salah satunya adalah menginjakkan tungkai ke gemblong kalis dan wajik biram. Devon sekali lagi dimasukkan ke dalam kandang nan dihias dan ditaruh uang, makanan kucing, vitamin, dan beraneka ragam mainan. Ternyata, Devon kemudian memilih uang.

Pemilik Devon kemudian mempersunting doa agar kucing kesayangannya ini sehat demap, cepat segara, cacar, penurut dan berusia tingkatan.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Heterogen komentar menyempurnakan unggahan ini.

Baca Juga:
Idap Keburukan Berat, Kucing Ini Jadi Terlihat Murung Setiap Saat

“Saat orang kreatif gabut,”
komentar sendiri warganet.

Warganet lainnya ikut berkomentar.
“Devon kucing yamtuan beruntung. Sehat-bugar terus Devon,”
ujar warganet ini.

“Bisa dibayangkan kalau masnya punya kanak-kanak anyir beneran tentu banyak banget acaranya,”
tulis warganet lainnya di ruangan komentar.

Sementara itu, kurang dari 24 jam setelah diunggah, video ini telah ditonton sebanyak lebih dari 500 ribu kali di TikTok.


Buat menonton video seutuhnya, klik di sini!

Source: https://www.suara.com/lifestyle/2022/02/06/194653/gelar-acara-tedak-siten-untuk-kucing-dengan-menu-makanan-lengkap-warganet-ketika-orang-kaya-gabut

Posted by: caribes.net