makharijul huruf



makincerdas –
Dalam melafadzkan bacaan Al-Quran seseorang harus memperhatikan bunyi lafadnya. Tapi tahukan kamu bahwa kancah keluarnya huruf hijaiyah itu beragam?

Dalam guna-guna tajwid memang terdapat perbedaan ajang keluarnya kuruf. Tempat keluarnya aksara hijaiyah itu ada 17 kancah, dan bila diringkas cak semau 5 bekas, yatu;

  1. Al-Jauf(lubang /rongga mulut)
  2. Al-Halqu(pembuluh / kerongkongan)
  3. Al-Lisanu(indra perasa)
  4. Asy-Syafatain(dua bibir)
  5. Al-Khoisyum (janur hidung)

Penjelasan semenjak masing-masingmakhorijul abctersebut ialah sebagai berikut :

makharijul huruf

Al-Jauf (الجوف), artinya sinus mulut dan rongga tenggorokan

Yaitu tempat keluarnya aksara hijaiyah yang terletak pada rongga mulut dan sinus tenggorokan. Bunyi huruf yang keluar semenjak sinus perkataan dan rongga tenggorokan ada tiga macam, yaitu ; alif ( ا ), wawu sirep ( وْ ) dan ya’ sunyi ( يْ ) dengan penjelasan sebagai berikut :

  • Alif dan sebelumnya ada abc yang difathah Ideal : مَالَا غَوَى
  • Wawu hening dan sebelumnya ada huruf nan didhommah Contoh :قُوْلُوْا
  • Ya’ mati dan sebelumnya ada huruf yang dikasrah Contoh :حَامِدِيْنَ

Al-Halqu (الحلق), artinya tenggorokan / kerongkongan

Yaitu tempat keluar obstulen abc hijaiyah nan terletak pada kerongkongan / kerongkongan. Dan berdasarkan perbedaan teknis pelafalannya, lambang bunyi-abchalqiyah(huruf-lambang bunyi nan keluar dari tenggorokan) dibagi menjadi tiga bagian yaitu ;

  • Aqshal halqiy(pangkal tenggorokan), yaitu hurufhamzah( ء )danha’( ه )
  • Wasthul halqiy(pertengahan tenggorokan), yaitu lambang bunyiha’ ( ح ) dan’ain( ع )
  • Adnal halqiy(ujung tenggorokan), adalah leterghoin( غ ) dankho’( خ )

Al-Lisan (اللسان), artinya lidah

Obstulen leter hijaiyah dengan tempat keluarnya dari lidah cak semau 18 leter, yaitu : Berdasarkan okta- belas aksara itu bisa dikelompokkan menjadi 10 makhraj, yakni sebagai berikut :

  • Pangkal lidah dan pagu mulut bagian pantat, ialah hurufQof(ق).Maksudnya bunyi abjadqofini keluar semenjak pangkal lidah dekat dengan kerongkongan yang dihimpitkan ke langit-langit mulut bagian belakang.
  • Pangkal lidah bagian perdua dan plafon mulut bagian perdua, yaitu hurufKaf(ك).Maksudnya bunyi abckafini keluar dari asal lidah di depan makhraj fonemqof,yang dihimpitkan ke langit-langit bagian mulut fragmen tengah.“Dua huruf tersebut ( ق ) dan ( ك ), lazimnya disebut huruf LAHAWIYAH ( لهويّة ), artinya huruf-huruf sejenis anak mulut maupun sebangsa telak alat perasa.”
  • Perdua-tengah lidah, yaitu leterJim( ج ),Syin( ش ) danYa’( ي ).Maksudnya obstulen lambang bunyi-huruf tersebut keluar dari tengah-tengah lidah tepat, serta menepati langit-langit congor yang tepat di atasnya.“Tiga huruf ini kebanyakan disebut huruf SYAJARIYAH ( شجريّة ), artinya fonem-fonem sejenis tengah lidah.”
  • Pangkat comberan lidah, ialah leterDlod( ض ). Maksudnya obstulen aksaraDlod( ض ) keluar dari tepi lidah (boleh tepi lidah kanan maupun kiri) setakat sambung dengan makhrojnya aksara lam, serta menepati graham.“Leter Dlod ( ض ) ini lazimnya disebut aksara JAMBIYAH (حنبيّة), artinya huruf sebangsa tepi lidah.”
  • Ujung got pengecap, yaitu hurufLam(ل). Maksudnya bunyi hurufLam(ل) keluar dari tepi lidah (jihat kidal/kanan) hingga penghabisan ujung lidah, serta menyempurnakan dengan langit-langit perkataan atas.
  • Ujung lidah, ialah hurufNun(ن). Maksudnya bunyi abjadNun(ن) keluar dari ujung indra perasa (sehabis makhrojnyaLam(ل), lebih masuk sedikit ke radiks alat perasa berasal padaLam(ل)), serta menepati dengan langit-langit mulut atas.
  • Ujung lidah tepat, merupakan hurufRo’(ر). Maksudnya bunyi hurufRo’(ر) keluar dari ujung alat perasa tepat (selepas makhrojnyaNundan lebih masuk ke dasar lidah dari pdaNun), serta memenuhi dengan langit-langit congor atas.“Tiga abc tersebut di atas (Lam, Nun dan Ro’), lazimnya disebut lambang bunyi DZALQIYAH (ذلقية), artinya huruf-abc sebangsa ujung lidah.”
  • Kulit gusi atas, yaituDal(د),Ta’(ت) danTho’(ط). Maksudnya bunyi abjad-leter tersebut keluar dari ujung lidah, serta menepat i dengan pangkal dua gigi kilap yang atas.“Tiga huruf tersebut lazimnya disebut NATH’IYAH (نطغية), artinya aksara-lambang bunyi sebangsa indra peraba gusi atas.
  • Runcing lidah, yaitu lambang bunyiShod(ص),Sin(س) danZa’(ز). Maksudnya bunyi huruf-huruf tersebut keluar dari ujung lidah, serta menetapi ujung dua gigi seri yang bawah.“Tiga huruf tersebut lazimnya disebut huruf ASALIYAH (أسلية), artinya huruf-leter seikhwan runcing indra perasa.”
  • Isit, yakni leterDho’(ظ),Tsa’(ث) danDzal(ذ). Maksudnya aksara-huruf tersebut keluar dari ujung lidah, serta menetapi dengan ujung dua transmisi seri yang atas.“Tiga abjad ini galibnya disebut leter LITSAWIYAH (لثوية), artinyahuruf sebangsa gusi.”

Al-Syafatain, artinya dua bibir

Yakni tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada kedua labium.Yang termasuk huruf-abc syafatain ialahwawu(و), fa’(ف), mim(م) danba’(ب) dengan ancangan sebagai berikut :

  • Fa’(ف) keluar dari dalamnya bibir yang bawah, serta menepati dengan ujung dua persneling seri nan atas.
  • Wawu, Ba, Mim(و , ب , م) keluar dari antara dua bibir (antara bibir atas dan bawah). Hanya saja untukWawubibir membuka, sedangkan untukBadan Mim bibir membungkam.

“Catur huruf tersebut di atas biasanya disebut huruf SYAFAWIYAH, artinya fonem-fonem sebangsa bibir.”

Al-Khaisyum, artinya asal alat pencium

Ialah tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak puas janur cingur. Dan jika kita menudungi cingur detik membunyikan huruf tersebut, maka tidak dapat terdengar. Adapun fonem-hurufnya ialah huruf-fonem ghunnahmimdannundengan bilangan sebagai berikut:

  • Nunbertasydid (نّ)
  • Mimbertasydid (مّ)
  • Nun sukunyang dibacaidghom bigunnah, iqlab dan ikhfa’ haqiqiy
  • Mim sukunyang bercocokmim(م) atauba(ب)

Itulah penjelasan singkat adapun Makharijul Huruf, mudahmudahan bisa bermanfaat.