Makna Hijrah Pada Masa Kini

Jemaah  gerakan dakwah kreatif komunitas Pemuda Hijrah (SHIFT) saat mengikuti kajian  di Masjid Trans Studio Bandung, 21 Maret 2022.  (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Ilustrasi. Hijrah ialah upaya manusia untuk mencapai sesuatu nan lebih baik dari sebelumnya, secara spiritual ataupun material. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia
— Sepanjang wulan


Bulan rahmat 2022,



CNNIndonesia.com


menghadirkan pertanyaan jawab seputar Islam. Kali ini,


tanya jawab

 berbicara soal makna

hijrah

yang sebenarnya dalam

Islam.

Tanya

Apa makna perpindahan yang sepatutnya ada dalam Selam?

Jawab

Narasumber: Wakil Superior Rancangan Perkumpulan Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pemindahan menjadi istilah nan akhir-akhir ini banyak dibicarakan bermacam ragam kalangan. Secara harfiah, ‘pemindahan’ berarti ‘pindah maupun bersirkulasi pecah satu lokasi ke lokasi lainnya’.

Dalam sejarah Islam, hijrah merujuk pada tradisi dan praktik Rasulullah SAW nan mengerjakan perpindahan berpunca Mekkah ke Madinah. Perpindahan Rasulullah SAW semenjak Mekkah ke Madinah itu dilatarbelakangi makanya keinginan untuk mendapatkan tempat dakwah yang baru serta hal yang lebih menjanjikan daripada sebelumnya.

Bagaimana makna eksodus dalam adat istiadat Rasulullah SAW dikontekstualisasikan privat semangat maju ketika ini?

Beberapa kalangan, terutama anak asuh mulai dewasa yang memiliki kesadaran baru tentang Islam, menyedang mempromosikan gerakan perpindahan.

Hijrah laksana sebuah kampanye secara fisik sangat berkaitan dengan propaganda yang berperilaku spiritual. Artinya, keberhasilan berhijrah tidak semata-ain ditentukan oleh pengungsian tubuh, tapi juga ditentukan oleh kehendak berpokok seseorang bagi berbuat perpindahan.

Dalam konteks beradab saat ini, hijrah dipahami sebagai upaya untuk memungkirkan perilaku dan mental dengan nyawa ke-Islam-an yang baru.

Sudah barang karuan, dalam roh sehari-tahun kita juga melakukan perpindahan. Berkreasi merupakan pemindahan, berburu nafkah yakni evakuasi. Keduanya adalah upaya kita bagi melakukan perubahan atas nasib kita di musim ini cak bagi menjadi bertambah baik di musim lain.

Karena itu, perpindahan merupakan hal yang dilakukan oleh semua individu yang punya itikad baik dalam memandang vitalitas. Karena pada dasarnya, hijrah yakni upaya kita untuk meraih pencapaian dan penampilan, baik spiritual maupun material nan lebih baik dari sebelumnya.

Dengan singkat saya katakan bahwa hijrah adalah bagaimana kita meniadakan diri kita momen ini menjadi diri kita yang makin baik di masa mendatang.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)





Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200424124009-289-496878/apa-makna-hijrah-yang-sebenarnya-dalam-islam

Posted by: caribes.net