Malaikat Yang Dijuluki Namus Adalah

Apa sahaja gelar nan diberikan kerjakan malaikat roh kudus? Malaikat Jibril adalah malaikat yang bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad Saw.

Malaikat Rohulkudus memiliki beberapa gelar seumpama bentuk jalal terhadapnya. Lampau apa sekadar gelar yang diberikan untuk malaikat rohulkudus?

Apa saja gelar yang diberikan buat malaikat jibril?

N domestik permasalahan agama kita harus merujuk kepada dalil al-Alquran dan sabda beserta penjelasan para ulama mengenainya.

Berdasarkan informasi al-Quran dan hadis, sedikitnya ada tiga julukan atau gelar yang dimiliki oleh malaikat Jibril. Di antara gelar atau julukan malaikat jibril ini merupakan: 1) Ruhul Amin, 2) Ruhul Qudus dan 3) Namus.

Mengenai gelar dan julukan yang diberikan kepada malaikat jibril ini kita bisa melihatnya dalam 2 ayat Al-Qur’an yang menamakan julukan atau gelar malaikat Jibril ini, di antaranya yaitu surat asy-Syu’ara ayat 193 dan tembusan an-Nahl ayat 102.

Dalam tembusan asy-Syu’ara ayat 193, roh kudus memiliki julukan atau disebut dengan etiket ar-Ruh al-Amin dan kerumahtanggaan surat an-Nahl ayat 102 Rohulkudus disebut sebagai Ruhul Qudus. Internal hadis Jibril juga disebut dengan gelar Namus yang akan kita bahas satu persatu pada penggalan ini.

1. Ruhul Amin

Ruh berarti orang mulia yang diciptakan dengan tanpa sebab resmi atas absolusi Allah Swt. Sementara itu amin berarti yang dipercaya. Berlandaskan kabar ini, gelar ar-Ruh al-Amin yang dimiliki oleh malaikat Roh kudus berarti malaikat Roh kudus adalah mahkhluk mulia yang memiliki sifat dapat dipercaya.

Nama atau gelar Ruhul Amin semenjak Malaikat Jibril disebutkan dalam Surat Asy-Syua’ara’ ayat ke 193 yang berbunyi:

نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ

yang artinya “ia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Rohulkudus)”.

2. Ruhul Qudus

Julukan tak Malaikat Jibril ialah ruhul Qudus yang artinya adalah Ruh yang Suci. Situasi ini merepresentasi bahwa malaikat Jibril merupakan bani adam nan mulia lagi zakiah.

Gelar Ruhul Qudus nan dimiliki oleh Malaikat Roh kudus ini sebagaimana dalam Surat An-Nahl ayat ke 102 yang berbunyi:

قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Katakanlah: “Ruhul Qudus (Malaikat Jibril) menurunkan Al Alquran itu dari Tuhanmu dengan sopan, bakal meneguhkan (hati) orang-turunan yang mutakadim beriman, dan menjadi wangsit serta kabar gembira bagi orang-insan yang berserah diri (kepada Allah)”.

3. Namus al-Akbar

Julukan ataupun gelar lain bagi malaikat jibril adalah Namus al-Akbar. Julukan ini diucapkan makanya Waraqah bin Naufal ketika mengabarkan kepada Rasul Muhammad saw bahwa apa yang ia masin lidah sama dengan apa yang diterima oleh Musa as.

Dalam sabda disebutkan bahwa Waraqah mengatakan kepada Rasul saw:

والذي نفسي بيده إنك لنبي هذه الأمة. ولقدجاءك الناموس الأكبرالذي جاءموسى. ولتكذبن ولتؤذين ولتخرجن ولتقاتلن، ولئن أناأدركت ذلك اليوم لأنصرن الله نصرايعلمه.

“Demi Kamu nan menyandang hidupku. Engkau (Muhammad) merupakan Nabi atas umat ini. Engkau mutakadim mengakui Namus al-Akbar seperti nan relasi disampaikan kepada Musa. Pastilah kau akan didustakan orang, akan disiksa, akan diusir, dan akan diperangi. Jikalau sebatas pada perian itu aku masih umur, pasti aku akan membela yang di pihak Almalik dengan pembelaan yang sudah diketahui-Nya pula.”

Suka-suka yang menyebutkan bahwa Namus ini berasal semenjak bahasa Yunani yang berarti hukum, ruh dan kehormatan. Ada sekali lagi yang menyebutkan bahwa Namus ini sepadan dengan arti Ruhul Qudus.

Kesimpulan Tentang Gelar dan Julukan Malaikat Jibril

Bintang sartan, beralaskan dalil yang terdapat di dalam Al-Qur’an bahwa Malaikat Rohulkudus itu memiliki julukan yaitu Rul Al Amin (Ar-Ruh Al-Amin), Ruh al Qudus (Ruhul Qudus) dan Namus al-Akbar.

Julukan dan gelar malaikat Jibril ini menunjukkan keutamaan dan kemuliaan sosok malaikat penyampai wahyu kepada para utusan tuhan termasuk kepada nabi Muhammad Saw.


Syariat dan Syarat Sato Kurban

Kamis, 16 Juni 2022 | 14:15 WIB

Kemujaraban Roh kudus menurut bahasa Suryani adalah Abdullah (hamba Allah). Bani Abbas mengatakan bahwa sesungguhnya kata Roh kudus ataupun Jabrail itu intern bahasa Arabnya sama dengan introduksi Abdullah (hamba Sang pencipta) dan Abdur Rahman (hamba Halikuljabbar Yang Maha Pemu­rah). Menurut pendapat lain, jabra artinya hamba, sedangkan il ar­tinya Sang pencipta.

Malaikat Jibril kembali memiliki keunggulan lain yakni
Ruhul Qudus.

قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ

Katakanlah:”Ruhul Qudus (Roh kudus) menurunkan al-Quran itu dari Rabbmu dengan benar, untuk meneguhkan (lever) orang-orang yang telah beriktikad, dan menjadi petunjuk serta embaran gembira bagi orang-hamba allah yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. An Nahl:102).

Selain itu,
Ruhul Amin

نَزَلَ بِهِ الرُّوْحُ الْاَمِيْنُۙ

Artinya: Beliau dibawa ambruk oleh Ar-Ruh Al-Amin (Rohulkudus). (QS. ASy Syuara: 193)

Nama Tak Jibril adalah
Ar Rukh.

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya buat mengatur segala urusan. (QS. Al Qadr: 4)

Malaikat Jibril ialah komandan para malaikat. Intern sebuah hadits disebutkan. Mulai sejak Thalhah bin Ubaidillah bin Kariz bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bukan sehari pun setan terlihat lebih boncel, bertambah buruk, lebih hina, dan kian marah kecuali pada masa Arafah. Hal itu karena beliau mengawasi turunnya rahmat Sang pencipta dan terhapusnya dosa-dosa osean kecuali apa yang diperlihatkan sreg waktu Badar.” Ada nan bertanya, “Segala yang setan lihat pada periode Badar, Duhai Rasulullah?” beliau menjawab: “Beliau sudah mengawasi Jibril sedang menata tentara para Malaikat.” (HR. Malik) No. 840 / No. 982 Versi Dar Marifah Libanon.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Kata sandang:

Jakarta

Ada banyak malaikat yang diciptakan Allah SWT untuk mengatur berbagai urusan. Salah satunya yang disebut
Ruhul Amin. Siapakah malaikat tersebut?

Malaikat yakni turunan ciptaan Allah SWT yang bersih semenjak dosa. Malaikat diciptakan kerjakan beribadah kepada Tuhan SWT. Dia tidak punya hawa nafsu seperti hamba allah.

Ruhul Amin (Ar-Ruh Al-Amin) merupakan etiket lain dari malaikat Roh kudus. Nama ini disebutkan dalam Al Quran pada surat Asy Syu’kiara ayat 192-193 sebagai berikut:

وَإِنَّهُۥ لَتَنزِيلُ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ (192) نَزَلَ بِهِ ٱلرُّوحُ ٱلْأَمِينُ (193)

Arab latin: wa innahụ latanzīlu rabbil-‘ālamīn nazala bihir-rụḥul-amīn

Artinya:”Dan sepantasnya Al Quran ini mendalam diturunkan makanya Tuhan seberinda alam, dia dibawa jatuh oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril).”

Selain
Ruhul Amin, Jibril lagi dijuluki Ruhul Qudus (Ruh al Qudus) dan Ar Rukh. Etiket-nama tersebut disebutkan dalam Al Quran pada surat An Nahl ayat 102,

قُلْ نَزَّلَهُۥ رُوحُ ٱلْقُدُسِ مِن رَّبِّكَ بِٱلْحَقِّ لِيُثَبِّتَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

Arab latin: qul nazzalahụ rụḥul-qudusi mir rabbika bil-ḥaqqi liyuṡabbitallażīna āmanụ wa hudaw wa busyrā lil-muslimīn

Artinya: Katakanlah: “Ruhul Qudus (Rohulkudus) menurunkan Al Alquran itu dari Tuhanmu dengan benar, bakal meneguhkan (hati) turunan-orang yang telah beriman, dan menjadi tajali serta pemberitahuan gembira bagi khalayak-cucu adam nan berserah diri (kepada Almalik).”

Julukan juga ditemukan dalam surat Al Qadr ayat 4,

تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

Arab latin: tanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr

Artinya: “Lega malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya cak bagi mengeset segala apa urusan.”

Dikutip berusul buku 500 Rahasia Islami Pencerah Hayat maka itu Syamsul Rijal Hamid, malaikat Jibril mengemban tugas sebagai superior seluruh malaikat. Privat sebuah hadits riwayat nan semenjak berpunca Thalhah bin Ubaidillah kacang Kariz diceritakan bahwa setan persaudaraan menyibuk malaikat Jibril tengah mengatur barisan para malaikat ketika hari Badar.

Bermula Thalhah bin Ubaidillah bin Kariz bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidak sehari lagi setan kelihatan bertambah kerdil, makin buruk, lebih hina, dan lebih murka kecuali lega hari Arafah. Hal itu karena dia melihat turunnya anugerah Allah dan terhapusnya dosa-dosa raksasa kecuali segala yang diperlihatkan lega musim Badar.” Ada yang bertanya, “Apa yang setan lihat plong hari Badar, Wahai Rasulullah?” kamu menjawab: “Beliau telah melihat Rohulkudus semenjana mengatak barisan para Malaikat.” (HR Malik).

Jibril bertugas untuk menganjurkan wahyu kepada nabi Muhammad SAW. Tugas ini sebagaimana dijelaskan kerumahtanggaan QS. Al Baqarah ayat 97-98 sebagai berikut:

قُلْ مَن كَانَ عَدُوًّا لِّجِبْرِيلَ فَإِنَّهُۥ نَزَّلَهُۥ عَلَىٰ قَلْبِكَ بِإِذْنِ ٱللَّهِ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ (97) مَن كَانَ عَدُوًّا لِّلَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ (98) وَرُسُلِهِۦ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَىٰلَ فَإِنَّ ٱللَّهَ عَدُوٌّ لِّلْكَٰفِرِينَ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), ‘Barangsiapa menjadi n partner Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah memangkalkan (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan menjadi ilham serta kabar baik bagi sosok-turunan beriman’. Katakanlah (Muhammad), ‘Barangsiapa menjadi musuh Rohulkudus, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan izin Tuhan, membenarkan apa (kitab-kitab) yang penting, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi khalayak-orang beriman.

Selain Rohul Amin ataupun Jibril, tiap orang islam galibnya mengenal sembilan malaikat lain. Para malaikat ini adalah Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan. Penciptaan disebutkan dalam Al Quran surat Al Fathir ayat 1,

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ جَاعِلِ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ رُسُلًا أُو۟لِىٓ أَجْنِحَةٍ مَّثْنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَ ۚ يَزِيدُ فِى ٱلْخَلْقِ مَا يَشَآءُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Segala puji bagi Sang pencipta Pencipta langit dan marcapada, Yang menjadikan malaikat umpama utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan catur. Yang mahakuasa menambahkan lega ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala apa sesuat.”

Sahabat hikmah, itulah malaikat Jibril, pemilik nama
Ruhul Amin. Malaikat Jibril pun memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki makanya malaikat enggak.

Simak Video “Silaturahmi Senior Golkar Usai Peresmian Masjid Bau kencur di Markas Partai

[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Source: https://memenangkan.com/jibril-adalah-malaikat-yang-diberi-gelar-oleh-allah

Posted by: caribes.net