Manfaat Sig Dalam Bidang Pertanian

Guna SIG sudah lalu banyak dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan. Bagaimana pemakaian Sistem Pemberitaan Geografis dikalangan praktisis atau peneliti?

Ada banyak
kurnia SIG
dalam kehidupan. SIG dimanfaatkan bikin memetakan, mengukur, memantau dan memodelkan kondisi dan fenomena lingkungan intern berbagai bidang meliputi bidang pemetaan, pengelolaan sumberdaya alam, kehutanan, kebencanaan, pembangunan area, sosial budaya, ekonomi dan niaga, transportasi, telekomunikasi, dan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bermacam ragam bentuk pemanfaatan SIG dalam berbagai permukaan beserta eksemplar dan penjelasannya.

Arti Sistem Embaran Geografis (SIG)

Sistem Informasi Geografis (SIG) alias juga dikenal sebagai GIS memiliki banyak fungsi dan kelebihan. Keunggulan-cap SIG ini kemudian dapat dimanfaatkan lakukan membantu memecahkan permasalahan berbasis lokasi.

Hasil analisis dan pemodelan SIG juga boleh digunakan laksana dasar pengambilan keputusan dan perencanaan politik.

Berikut ini bermacam-macam rang pemanfaatan SIG dalam berbagai parasan:

  • Satah pemetaan
  • Pengelolaan SDA
  • Kebencanaan
  • Kehutanan
  • Pertanian dan perladangan
  • Hidrologi dan manajemen air
  • Kelautan dan perikanan
  • Ekologi dan konservasi

Pemanfaatan SIG nan paling banyak ditemui yaitu dalam hal pemetaan. SIG dulu erat dengan proses pembuatan atlas dan kartografi. Pembuatan, reproduksi dan revolusi denah mengalami peningkatan pesat sejak adanya SIG.

Penggunaan SIG intern penyajian data pada peta dilakukan dengan bermacam ragam proses tiba berusul proses generalisasi, desain simbol, layout atlas, sampai produksi peta baik secara cetak maupun seumpama produk digital.

1. Infrastruktur data spasial

Banyaknya jenis data dan instansi pengelola membuat infrastruktur data spasial penting. Banyak negara mengatak penggunaan data spasial melalui database spasial nasional. Keadaan itu juga menjadi pangkal standardisasi dalam eksploitasi data spasial. Di Indonesia, misalnya, dijalankan melangkaui Kebijakan Satu Atlas.

2.Pemetaan dasar

Manfaat SIG di parasan pemetaan seterusnya yaitu buat pemetaan pangkal. Pemetaan radiks seperti mana pembuatan peta topografi dilakukan menggunakan SIG. Di Indonesia, atlas dasar meliputi Denah Rupa Bumi Indonesia (RBI), Atlas Lingkungan Laut Nasional dan Kar Lingkungan Pantai Indonesia.

3. Pemetaan batimetri

Pengolahan data hasil survey dan pemetaan batimetri ataupun kedalaman laut dapat dilakukan dengan SIG. SIG digunakan buat berbuat interpolasi puas area yang lain disurvey dan bakal visualisasi datanya. (Berikut contohnya: Ocean Bathymetry)

4. Pemetaan tematik

SIG digunakan untuk pembuatan peta tematik, yaitu peta yang menunjukkan satu tema atau topik tertentu misal guyur hujan alias kepadatan pemukim. Dewasa ini, penggunaan peta tematik semakin banyak digunakan maka dari itu majemuk lembaga dan organisasi.

Bidang Pengelolaan Sumber Rahasia Alam

SIG banyak dimanfaatkan dalam usaha-persuasi pengelolaan dan pelestarian sumur kancing kalimantang (SDA). Pemanfaatan SIG dalam permukaan sumber daya duaja dapat menentukan sebaran substansial atau potensi sumber sosi yang ada pada suatu kewedanan. Selanjutnya, data ini bisa digunakan buat pendaftaran, pengelolaan dan kajian dampak lingkungan.

5. Manfaat SIG Untuk Inventarisasi SDA

Dalam situasi pendaftaran sumberdaya umbul-umbul, SIG dimanfaatkan kerjakan memaklumi persebaran dan kelimpahan perigi pusat standard seperti khazanah biodiversitas, kewedanan bernilai konservasi tinggi (NKT), kekayaan mineral dan sebagainya.

6. Pengolahan Data Kekayaan Sumber Daya Alam

Data-data substansi sumberdaya umbul-umbul hasil inventarisasi kemudian dikelola menggunakan SIG, meliputi membantu pengelolaan kawasan konservasi alias mengukur pembatasan penyergapan suatu spesies lauk.

7. Kajian dampak lingkungan

SIG digunakan bakal mengukur dampak yang mungkin dapat terjadi kepada lingkungan pada sebuah perencanaan pembangunan, di Indonesia biasanya dilakukan melangkaui AMDAL.

Kebaikan SIG di Bidang Kebencanaan

Sistem GIS yang efisien boleh digunakan lakukan membantu proses manajemen risiko dan bencana.

8. Runding dan pemodelan area rawan bencana dan rentan bisikan

Pemerintah menunggangi data GIS buat memetakan daerah berisiko bencana (perumpamaan longsor, tsunami, banjir) dan boleh menggunakan informasi tersebut buat mengoordinasikan perencanaan mitigasi bencana plong setiap area.

9. Perencanaan jalur pemindahan

Melangkaui daerah rawan dan area berisiko alai-belai, SIG dapat digunakan bikin melakukan perencanaan sagur evakuasi. Analisis jaringan (network analysis) menggunakan SIG kerap digunakan bikin kegiatan ini.

10. Pemetaan dan pengukuran luas wilayah terdampak petaka

Ketika bencana terjadi, dibutuhkan respon cepat. Di sini kebanyakan data penginderaan jauh menggunakan analisis SIG digunakan cak bagi mengerjakan pemetaan dan pengukuran cepat area terdampak bujukan.

Kenyataan ini lebih jauh dapat dimanfaatkan untuk memperkiraan besaran pengungsi dan kebutuhan logistiknya.

11. Membantu proses pemulihan provokasi

SIG dapat digunakan cak bagi membantu intern penyusunan buram-rencana pembangunan sekali lagi kewedanan terdampak bencana.

Bidang Pertanian dan Pertanian

Aplikasi sig dalam bidang pertanian antara tidak SIG dapat membantu menciptakan teknik perladangan yang bertambah efisien, akurat dan cepat. Melintasi hal ini, pertambahan produksi wana dan pengurangan resiko kerugian bisa didapatkan.

12. Manajemen Irigasi

Kesiapan air secara langsung mempengaruhi produksi pokok kayu di satu wilayah. SIG dapat dimanfaatkan bakal membentuk perencaan saluran irigasi dan mengurus sistem irigasi tersebut.

13. Perkebunan Presisi

Istilah pertanian kecermatan atau precision agriculture mutakadim bukan hal asing lagi. Dalam sistem ini, SIG bisa dimanfaatkan buat takhlik perhitungan-perkiraan dan evaluasi teknik tertentu dengan harapan, misalnya mendapatkan hasil panen yang lebih banyak, sementara menghabiskan makin minus bagi pupuk.

14. Pengendalian hama dan problem

SIG dan penginderaan jauh digunakan bakal berbuat deteksi dini puas daerah yang dijalari hama alias distrik yang berpotensi kena hama penyakit. Data ini dapat digunakan bikin kondusif efisiensi intervensi pengendalian hama melalui penargetan provinsi reseptif.

15. Perhitungan produktivitas

SIG dimanfaatkan bakal melakukan perincian atau perkiraan produktivitas lahan pertanian. Prediksi ini boleh dibangun menggunakan data-data jasad sama dengan persil dan kelerengan, serta curah hujan abu.

Selanjutnya, sampel perhitungan diambil bakal dihitung tingkat produktivitasnya, biasanya dalam satuan ton/ha/ musim. Bermula spesimen dan data satuan lahan, estimasi produktivitas lakukan keseluruhan area didapatkan.

Pendayagunaan SIG di Meres Kehutanan

Dengan pertolongan informasi dan amatan GIS, hutan boleh dipelihara dan dikelola secara memadai.

16. Pendayagunaan SIG buat inventarisasi hutan

Inventarisasi Rimba meruapakan sebuah koneksi kegiatan penumpukan data untuk mengerti situasi dan potensi sumber daya alas serta lingkungannya secara lengkap. Dalam situasi ini, inventarisasi hutan dilakukan dengan pendekatan penginderaan jauh dan survey lapangan. SIG dimanfaatkan bagi menyimpan dan mengolah data-data tersebut.

17. Kebakaran wana dan tanah

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah ancaman faktual kerjakan hutan, terutama di lahan gambut. SIG juga bermanfaat dalam mendeteksi peristiwa karhutla. Data penginderaan jauh MODIS VIRMS suntuk seremonial digunakan cak bagi melihat tutul-titik jago merah (hotspot).

Titik-titik ini lebih lanjut dapat diolah dan dimodelkan menggunakan SIG lakukan membantu melakukan manajemen dan mitigasi bisikan.

Sebutkan manfaat SIG
Bintik api di alas Amazon, Brasil. Sumber: Global Forest Watch

18. SIG untuk Pemantauan Deforestasi

Memperalat data peta tutupan lahan pada dua hari alias dua tahun yang berlainan, SIG dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi dan memantau perubahan tutupan rimba ataupun deforestasi. Pelecok satu pemanfaatan SIG yang paling banyak digunakan ini tetap relevan sampai sekarang.

Pengkhususan ini sampai-sampai memperalat data penginderaan jauh dengan SIG bagi mendeteksi deforestasi akibat kebakaran di intim di seluruh bidang bumi.

Meres Hidrologi dan Manajemen Air

Cak semau banyak keefektifan SIG dalam bidang hidrologi dan penyelenggaraan air. Berikut ini beberapa di antaranya.

19. SIG bikin Pengelolaan Kawasan Aliran Sungai (DAS)

SIG bisa dimanfaatkan bakal kondusif pengelolaan DAS, dimulai dengan melakukan deliniasi DAS, hingga pemodelan berbasis DAS. Telah banyak tools dan kebaikan dalam SIG yang bisa digunakan bikin analisis dan pemodelan berbasis DAS, misalnya ArcSWAT.

20. Pemodelan tingkat erosi dan sedimentasi menggunakan SIG

Pemodelan tingkat erosi dan sedimentasi dilakukan dengan memanfaatkan SIG lakukan melihat sebaran dan pola spasialnya. Untuk keperluan ini, pemodelan seperti RUSLE dan ANSWER banyak digunakan maka itu pegiat maupun penyelidik.

21. Kajian Potensi dan Ketersediaan air kapling

Air petak yakni babak penting dari kehidupan manusia. Menggunakan data fisik seperti lereng, data tanah, dan penggunaan persil, disertai dengan SIG menunggangi metode overlay, potensi air tanah suatu wilayah dapat dimodelkan.

22. SIG buat Pemodelan dan Pemilihan Lokasi Bendungan

SIG juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemodelan lokasi pembuatan tambak lakukan mencegah banjir, ataupun lakukan pengaturan irigasi. Situasi ini bisa dicapai dengan memperalat pendekatan analisis kesesuaian persil dan site selection.

Eksploitasi SIG di Bidang Kelautan dan Perikanan

Rataan kelautan dan perikanan lagi memanfaatkan SIG lakukan menubruk kegiatan-kegiatannya.

23. Keefektifan SIG internal Konservasi Terumbu Karang

Purwa, pemetaan dan identifikasi terumbu karang dilakukan menggunakan data penginderaan jauh disertai dengan survey tanah lapang. Data tutupan terumbu karang multi perian kemudian dapat digunakan bikin melihat percepatan kehancuran dan pemodelan untuk mematamatai kondisi terumbu karang di masa depan.

Bertambah lanjut, hasilnya boleh ditumpangsusunkan dengan data zonasi area perawatan perairan. Data-data sebagai halnya ini akan sangat membantu dalam upaya-upaya konservasi terumbu karang.

24. Pemakaian SIG cak bagi Deteksi Polusi Maritim

SIG dapat digunakan bakal mengintai sumber polusi laut, bagaikan dengan menggunakan pendekatan ridge to reef, bagaikan melihat dampak kebinasaan yang terjadi di area darat pada negeri laut. Lengkap lainnya, misalnya adalah dengan melakukan pemetaan curahan patra di laut.

25. Penentuan Zona Potensi Penangkapan Iwak (ZPPI)

Informasi adapun zona potensi penangkapan ikan (ZPPI) sangat di butuhkan pengail cak bagi memudahkan dalam operasi penangkapan ikan dan meningkatkan hasil tangkapan ikan. Proses SIG dan penginderaan jauh seperti MODIS dimanfaatkan cak bagi mendapatkaan ZPPI.

Bidang Ilmu lingkungan, Lingkungan dan konservasi dabat gelap

Meres ekologi, lingkungan dan konservasi satwa gelap juga lain luput untuk mendapatkan banyak fungsi SIG.

26. Guna SIG dalam Pemodelan Kesesuaian habitat

SIG banyak dimanfaatkan kerjakan pemodelan kesesuaian habitat macam tertentu. Pendekatan yang minimal awam digunakan adalah dengan berbuat pemodelan perangkaan tertentu sebagaimana Generalized Linear Model (GLM) dengan menimang-nimang tutul persuaan dan variabel lingkungan nan berwibawa. Hasil pemodelan ini seterusnya secara eksplisit dispasialkan menggunakan SIG.

Tools atau software yang minimum sering digunakan lakukan pemodelan kesesuaian habitat merupakan Maxent yang menggunakan pendekatan perhitungan maximum entropy.

27. Distribusi, okupansi dan kepadatan spesies

Pemodelan buat melihat distribusi, okupansi dan kerapatan spesies dapat ditempuh dengan berbagai cara. SIG boleh digunakan buat takhlik layer raster kovariat lingkungan yang digunakan privat pemodelan. SIG pun digunakan untuk mengembalikan hasil pemodelan ke dalam ukuran data spasial raster.

Peneliti-penyelidik dan konservasionis biasa melakukan pemodelan seperti ini menggunakan script pada lingkungan bahasa R.

28. GPS Tracking lakukan memahami perilaku satwa

Dengan tenang dan tenteram, peneliti dan pekerja memasang GPS tag atau GPS collar pada hewan nan ditelitinya. Lebih jauh, SIG dimanfaatkan untuk mengerti rayapan satwa. Melampaui pendekatan ini, tebaran, pola dan jadwal rayapan satwa atau kelompok satwa dapat di amati dengan detil.

Pemahaman terhadap perilaku satwa, terutama sreg satwa sukar yang terancam akan lewat membantu melakukan evaluasi dan perencanaan kegiatan pemeliharaan.

jelaskan manfaat sig dalam bidang
Pergerakan kelompok gajah afrika yang terekam maka itu GPS collar. Perigi: The Guardian

29. Tingkat bisikan aktivitas turunan puas sebuah landscape

SIG dimanfaatkan buat memodelkan tingkat provokasi habitat oleh aktivitas manusia dengan menggunakan pendekatan sebagaimana lereng dan elevasi, sebaran pemukiman dan lahan pertanian, serta kerelaan jalan. Data ini sangat bermanfaat bagi perencanaan konservasi hidupan haram.

30. Pemanfaatan SIG dalam Pemetaan NKT/ HCV

Identifikasi dan pemetaan area bernilai pemeliharaan tangga (NKT) atau high conservation value (HCV) pada sebuah lanskap sangat penting untuk membantu para koordinator hutan dalam manuver-manuver peningkatan keberlanjutan sosial dan mileu spirit.

Privat praktiknya, SIG digunakan buat melakukan analisis dan pemetaan NKT/HCV.

Penutup

Kata sandang ini menunjukkan banyak kurnia SIG. Penggunaan SIG telah banyak dilakukan dalam bineka bidang.

Takdirnya suka-suka pertanyaan atau sumbang saran lebih jauh, silahkan tulis di ruangan komentar.

Jumlah contoh dan penjelasan manfaat SIG ini akan diupdate secara berkala.

Bakal melanjutkan proses belajar, silahkan juga pelajari:

  • Komponen Sistem Informasi Geografis
  • Nama dan kelemahan SIG

Source: https://geospasialis.com/manfaat-sig/

Posted by: caribes.net