Materi Ekonomi Kreatif Kelas 9

Ekonomi Kelas 9 | Mengenal Perkembangan Ekonomi Makmur Di Indonesia

ada apa saja ekonomi kreatif di indonesia

Artikel IPS kelas IX ini akan membicarakan adapun konsep ekonomi rani dan penerapannya dalam berbagai sektor di Indonesia.

Hey
Squad, segala apa mualamat kalian hari ini? Hendaknya selalu usia membiasakan, ya! Hayo, siapa di antara kalian yang takdirnya sudah besar nanti mau menjadi wirausahawan? Para wirausahawan ini berperan samudra n domestik ekspansi sektor ekonomi, khususnya sektor ekonomi berharta, lho. zApakah kalian pernah mendengar konsep ekonomi berkecukupan? Belum kan?
Yuk, marilah kita simak bersama mengapa konsep ekonomi produktif lampau terdahulu!

Nah, kalian sudah sempat belum sih segala itu konsep ekonomi kreatif? Konsep ekonomi kreatif ialah konsep nan mengutamakan kemampuan berkreativitas dan berinovasi. Konsep ini juga mengandalkan sumber daya manusia untuk mencapai kesejahteraan. Selain itu konsep ini mempunyai potensi nan ki akbar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Indonesia sendiri mempunyai banyak sektor ekonomi kreatif, lho! Banyak bangeeeet! Apa sekadar, sih?
Kuy, kita simak satu persatu.

Sektor yang mula-mula merupakan sektor
kuliner. Hayo, mungkin yang suka makan di sini? Dalam meres kuliner, riuk suatu penerapan ekonomi mewah dilakukan dengan mandu menciptakan menjadikan jenis ki gua garba mentah. Bahkan, lega bilang kasus, jenis makanan bau kencur ini menjadi populer banget, lho! Contohnya antara lain mandung geprek. Pasti kamu sudah kekeluargaan coba ayam aduan geprek, kan?

ekonomi kreatif

Mandung gepreknya enak, nih! (Sumber: radartasikmalaya.com)

Sektor selanjutnya yakni
periklanan. Coba deh kamu perhatikan, sekarang banyak sekali ketel iklan-iklan dengan konsep kreatif? Cukuplah, kegiatan periklanan congah ini sangat memanfaatkan ki alat dalam proses pendistribusiannya. Sira cak hendak ikut berkecimpung di permukaan ini lagi?

Sektor ekonomi kreatif selanjutnya yaitu
arsitektur. Ekonomi kreatif dan arsitektur berkaitan berpokok segi desain. Desain interior sudah mulai berkembang pesat lho. Tak saja untuk desain di flat, tapi sekali lagi untuk desain perkantoran atau ira umum lainnya. Selain itu, desain arsitektur dan penyelenggaraan daerah tingkat pun turut menerapkan pendirian ekonomi kreatif ini.

Siapa di antara kalian yang suka kursus kerajinan tangan dan kesenian? Sektor
kerajinan
ini merupakan salah satu sektor yang memadai populer di rataan ekonomi produktif. Coba deh beliau bangun-bangun, sekiranya ia pergi ke bekas wisata, banyak banget kan cenderamata kerajinan tangan domestik yang dijual? Bagus-bagus, kan? Sektor kerajinan ini pun menyumbang banyak lho untuk keberlangsungan tempat pariwisata tersebut. Kamu sudah perpautan beli kerajinan tangan lokal daerah mana hanya, nih? Cerita-cerita ayo di rubrik komentar!

ekonomi kreatif

 Membuat dagangan kerajinan tangan pecah petak liat (Sumber: lampungtribunnews.com)

Baca Juga:Mengenal Sumur Pusat Cucu adam Di Indonesia

Engkau pernah nonton

fashion show
, nggak? Pertautan lihat
fashion show
yang pakaiannya terbuat dari plastik daur ulang? Cukuplah, itu juga termaktub keseleo suatu contoh ekonomi kreatif. Kreatif banget, ya! Ternyata kegiatan daur ulang sekali lagi boleh menghasilkan keuntungan dan karya seni yang bagus banget ya. Hayo, boleh jadi di sini nan suka melakukan kegiatan daur ulang?

Selain fashion show, bidang
seni rupa
juga turut berkontribusi dalam peluasan ekonomi berlimpah ini. Kamu mutakadim pernah menclok ke Jakarta Biennale? Terimalah, ini pelecok satu bentuk konkret dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif di meres seni rupa. Jakarta Biennale ini adalah pameran karya seni rupa dari bermacam rupa seniman di seluruh marcapada. Seru banget, ya!

Selain seni rupa,
musik
kembali adalah salah satu sektor terdepan kerumahtanggaan ekonomi rani. Keterlibatan nada dalam kronologi ekonomi kreatif ini bentuknya bermacam-diversifikasi, baik dari segi album musik secara raga maupun pertunjukan nada. Siapa yang senang main nada di sini?

ekonomi kreatif

Seru banget ya main musik bersama ayah (Sumber: Shutter Stock)

Kegiatan lain yang berkaitan dengan ekonomi berbenda adalah
seni pertunjukan. Hayo, barang apa aja nih yang termasuk ke dalam seni tontonan? Yes, seni atraksi ini contohnya antara lain atraksi teater dan drama musikal. Mutakadim relasi nonton? Dalam suatu pementasan teater dan drama musikal, tentu banyak banget aspek yang boleh dilibatkan dengan ekonomi kreatif. Misalnya dari segi kostum maupun eigendom panggungnya. Ada yang berkeinginan cak hendak jadi penampil profesional di bidang seni pergelaran?


ekonomi kreatif

Ayo, nonton pertunjukan teater! (Sumber: Shutter Stock)

Gimana Squad? Sudah mengerti belum? Kamu masih butuh banyak wacana? Jika gitu, mari belajar di

ruangbelajar!


Di sana terwalak banyak video berlatih dengan animasi yang keren dan soal yang dapat membantu beliau kerjakan memperdalam pemahaman materinya.
Download
masa ini, marilah!





ruangbelajar


Pustaka:

Guna A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas IX. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

Sumur foto:

Foto ‘Ayam geprek’ [Daring]. Tautan: https://www.radartasikmalaya.com/4-kuliner-tasikmalaya-yang-teradat-dikunjungi/ (Diakses: 15 Desember 2022)

Foto ‘Membentuk produk kerajinan dari kapling liat’ [Daring]. Tautan: https://lampung.tribunnews.com/2017/01/18/pengrajin-gerabah-di-umbul-gentong-terpinggirkan (Diakses: 15 Desember 2022)

Foto ‘Bermain nada bersama ayah’ [Daring]. Tautan: https://www.shutterstock.com/image-photo/father-son-playing-guitar-home-92907733 (Diakses: 15 Desember 2022)

Foto ‘Pertunjukkan teater’ [Daring]. Tautan: https://www.shutterstock.com/da/image-photo/act-play-performance-theater-360347660 (Diakses: 15 Desember 2022)

Artikel diperbarui lega 15 Desember 2022

Profile

Nicholas Suhadi

Source: https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-perkembangan-ekonomi-kreatif-di-indonesia

Posted by: caribes.net