Meja Belajar Duduk Di Lantai

MAMUJU, KOMPAS.com
– Bangunan SD Inpres Tommo II di Desa Tommo, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat kondisinya memprihatinkan. Struktur bangunan sekolah yang berdiri sejak tahun 1986 tampak repas.

Dinding, langit-langit dan atapnya terlihat bocor di sana sini. Saat diguyur hujan deras, pelajar dan guru tertekan harus menepi ke sudut ruangan mudahmudahan bukan kebasahan.

Lebih-lebih kurangnya kenap dan kursi untuk siswa mewujudkan kegiatan belajar dilakukan dengan duduk di keramik.  Sementara jumlah siswa yang mendaftar setiap perian terus bertambah.

Kedudukan dan meja yang cak semau kembali banyak nan sudah lapuk karena dimakan usia.

Kondisi ini membuat kegiatan belajar mengajar kurang nyaman bagi sejumlah pesuluh. Selain tidak afiat, berlatih di lantai membuat siswa cepat penat dan sulit bertapa.

Baca juga: BERITA FOTO: Melihat SDN 3 Sadahayu, 14 Tahun Tak Direnovasi, Gedung Nyaris Jatuh sebatas Belajar di Posyandu

Tenaga pengajar SD Inpres Tommo II, Hadijah mengatakan, ada dua rubrik yang tidak memiliki kursi merupakan kelas 5 dan 6.

Kamu mengatakan kesuntukan kursi dan meja ini membuat proses pendedahan siswa kelas 1 dan kelas 2 dipararelkan.

“Kolom dan kursinya enggak pas, terdesak hanya inferior 1 sampai 4 nan belajar menggunakan kursi dan meja. Sedangkan kelas 5 dan 6 mengalah. Mereka belajar berbarengan melantai setiap hari,”  jelas Hadijah.

Pihak dinas pendidikan mamuju telah meninjau langsung kondisi sekolah. Rencananya, akan dilakukan restorasi tahun 2023 mendatang.

Kepala Sekolah SD Inpres Tommo II, I made mestra mengatakan, salah satunya nan dibutuhkan adalah pembangunan gedung sekolah nan memadai.

Dia mengatakan gedung sekolah ini kondisinya mutakadim tinggal memprihatinkan. Menurutnya, kerusakan mutakadim dulu parah karena ada di semua ki perspektif gedung sekolah.

“Mudah-mudahan sesegera suka-suka pembangunan alat angkut dan prasarana sekolah karena kondisi gedung sekolah momen ini sudah lalu memprihatinkan. Lapuk dan bocor di sana sini,” katanya.

Besaran pelajar di SD Inpres Tommo II tercatat terserah 115 pesuluh didik. Sementara staf pengajar (temperatur) yang berstatus PNS ada 6 orang dan 4 orang lainnya honorer.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap musim dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Engkau harus install aplikasi Telegram terlebih adv amat di ponsel.

Source: https://regional.kompas.com/read/2022/07/26/094636778/kisah-sd-inpres-tommo-ii-yang-siswanya-belajar-di-lantai-bangunannya