Membuat Kompor Dari Barang Bekas

kompor dari kaleng bekas
Keran dari Tin Ajang

Ketika berkemah atau camping salah suatu aktifitas yang kita lakukan yaitu memasak, untuk memantek kita memerlukan kompor. Sudahlah kali ini kita akan membicarakan bagaimana cara mewujudkan kompor berbahan bakar spritus dengan menggunakan tin bekas. Bahan dan alat-alat yang diperlukan yaitu :

  • dua buah kaleng eks
  • sebuah pakis ukuran 5mm
  • sebuah drei
  • sebuah spidol
  • pukul
  • pisau atau cutter
  • incaran bakar spritus

Setelah bahan dan alat siap sekarang kita praktekkan bagaimana cara membuat pemanas dari kaleng lulusan. Berikut saya jelaskan langkah – langkahnya:

Langkah Mula-mula

kaleng bekas untuk membuat kompor
Kaleng Jebolan untuk Membuat Kompor

Langkah pertama nan dilakukan adalah menyukat kaleng bekas yang disiapkan. Ukuran panjang belek maksimal 4cm seharusnya lain terlalu tinggi. Cara mengukurnya pecah bagian bawah ke putaran tengah kaleng karena yang di pergunakan tubin merupakan bagian bawah sampai babak perdua kalengnya saja. Selepas diukur kemudian siapkan siasat separas ukuran tersebut bagi menaruh sepidol dibuku, fungsinya jemah moga garis nan dihasilkan melingkar segeh pada kaleng. Bakal lebih jelas bisa tatap di rang, di bawah ini.

Tandai kaleng bekas
Tandai Kangsa Bekas

Langkah Kedua

Lakukan pemotongan di bagian yang di tandai tadi dengan pisau alias cutter, hunjam dengan perlahan agar beres. Hati – lever detik melakukan pemotongan karena adegan kangsa yang teriris akan menjadi tajam boleh melukai alat peraba bila terkena gores. Lakukan debirokratisasi bakal kedua kaleng yang telah di ukur tadi.

potong kaleng bekas
Tusuk Gangsa Bekas

Langkah Ketiga

Setelah radu melakukan anju ketiga atau selesai melakukan pemotongan untuk kedua kaleng. Persiapan selanjutnya menyatukan kedua kuningan yang di potong dengan cara kaleng A di satukan dengan tin B dengan lever – hati karena kaleng gampang rusak jika bilamana disatukan di tekan dengan keras. Kaprikornus lakukan secara perlahan agar belek bukan tembelang.

cara satukan kalang bekas
Cara Satukan Kangsa Bekas
satukan kaleng bekas
Satukan Kaleng Bekas

Persiapan Keempat

Lebih lanjut pilih bagian kaleng nan akan digunakan bakal ditempatkan di bawah yang berfungsi sebagai penyimpanan bahan bakar spritus nanti dan satu sebelah sebagai atasannya cak bagi dilobangi pinggirannya dan tengahnya. Putaran terpinggirkan yang berlobang nanti bakal tempat keluar apinya dan babak lobang tengah nanti untuk memasukkan bahan bakar spritus.

lubang pinggir kaleng bekas
Korok Pinggir Kaleng Bekas

Selepas menentukan kedua bagian tersebut berbarengan semata-mata lobangi adegan pinggir kaleng nan nantinya sebagai atasan anglo dengan paku katai matra 5mm. Total lubang pinggiran terserah cak hendak dilubangi berapa saja boleh taksir-kira lubang nan bagus itu 20-30 lubang cukup.

lubang tengah kaleng bekas
Lubang Tengah Kaleng Bekas

Kemudian lobangi penggalan nan paruh dengan obeng mudah-mudahan ukuran lubang lebih besar. Buat melubangi penggalan perdua kaleng tidak perlu banyak-banyak cukup 1 biji zakar terowongan saja nan penting ada 1 lubang yang disediakan cak bagi mengisi sasaran bakar spritus tubin. setelah di lubangi tutup lubangnya dengan paku payung maupun paku pines.

Anju Kelima

tambahkan spritus pada kompor kaleng bekas
Tambahkan Spritus Pada Pendiangan Belek Bekas

Setelah selesai melakukan langkah melubangi kaleng pendiangan diisi alamat bakar spritus berpangkal lubang tengah yang paling segara. Ketuhar semenjak kuningan bekas berbahan bakar spritus siap bagi di gunakan. Pemanas bermula perunggu mantan bukan hanya boleh digunakan bagi memantek pada saat camping ataupun kemah bisa juga digunakan plong ketika menanjak, memancing dan aktifitas outdoor lainnya.

nyalakan kompor kaleng bekas
Nyalakan Kompor Kuningan Jebolan

Perbaraan sudah menyala bisa dipakai untuk memasak saat camping, berkemah, memancing atau naik gunung. Takdirnya kepingin mencarter peralatan camping maupun bivak dapat mencarter di goldenavatar-outdoor.com menyewakan berbagai diversifikasi organ camping  ataupun tenda di bali.

Source: https://www.goldenavatar-outdoor.com/2017/04/membuat-kompor-dari-kaleng-bekas.html