Mengapa Tuhan Menerima Persembahan Habel

(By : Dessy Ariadna – Tim Penulis Stand To Jesus)

Situasi 4:4-5 (IMB) Habel sendiri sekali lagi menyembahkan nan sulung dan yang tambun dari kawanan dombanya. YAHWEH berkenan kepada Habel dan persembahannya. Kepada Kain dan persembahannya YAHWEH lain berkenan, maka Kain menjadi lewat gusar dan wajahnya menjadi muram.

Seringkali menjadi soal mengapa Tuhan menyepakati upeti Habel sementara persembahan Kain lain masin lidah. Banyak yang mengatakan Tuhan pilih kasih n domestik situasi ini, karena Dia lebih memilih upeti Habel daripada persembahan Kain. Tapi benarkah Sang pencipta memperbedakan kasih?

Ayo kita baca ayat berikut ini, Kejadian 4:7 (IMB) Jika engkau melakukan yang baik, apakah beliau tidak masin lidah? Tetapi seandainya engkau bukan mengamalkan nan baik, dosa dan keinginannya sudah meluluk di depan pintu, tetapi engkau harus menguasainya.”

1 Yohanes 3:12 (IMB) Tidak sama dengan Kain yang bersumber dari nan keji, nan mutakadim mendebah saudaranya. Dan segala sebabnya ia membunuhnya? Sebab perbuatan-perbuatannya jahat, sedangkan perbuatan-ragam saudaranya benar.

Perhatikan segala apa yang Sang pencipta katakan kepada Kain dan sebab kenapa persembahannya tidak dikenan oleh Halikuljabbar. Tidak karena Tuhan pilih pemberian. Tetapi Cemping lah nan enggak pernah melakukan apa yang baik sehingga Tuhan berkata sebagaimana itu kepadanya. Dan apakah Kejai mendengarkan perkataan Almalik yang telah menegurnya? Tidak sama sekali, justru Kain malah semakin menjadi-kaprikornus dan membunuh Habel. Motivasi Kain kerumahtanggaan memberitakan persembahan pula tidak baik, karena itulah Tuhan enggak berkenan kepada persembahannya.

Source: https://standtojesus.me/home/menjawab-pertanyaan-seputar-mengapa-tuhan-menerima-persembahan-habel-sementara-persembahan-kain-tidak/