Menu Load Sprite Berguna Untuk

  • BINA NUSANTARA
  • BINUS UNIVERSITY
  • BINUS UNIVERSITY MALANG | Seleksian Universitas Terbaik di Malang



Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pengenalan tentang program Scratch. Selanjutnya pada  bagian ini akan dijelaskan parasan kerja dan berbagai macam kurnia serta kegunaan menu yang disediakan oleh Scratch. Detik membeberkan program Scratch pertama kali kita akan melihat sebuah meong sebagai contoh objek pada parasan kerja nan disebut Sprite, dan sreg bagian arah kiri terdapat kenop nan memvisualisasikan pemrograman cak bagi aplikasi ini. Scratch menyenggangkan akses lebih pecah 100 blok. Blok tersebut disusun ke intern delapan ikon nan terletak pada menu blok. Delapan ikon dari Scratch Blocks tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Motion. Icon cak bagi mengontrol peletakan sprite, arah, perputaran, dan eksodus sprite
  2. Looks. Icon mengenai sprite, tampilan background, dan memberikan kemampuan bakal menampilkan wacana atau tulisan
  3. Sound. Icon yang mengontrol playback, tagihan irama, dan file audio
  4. Pen. Icon yang dapat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan warna dan ukuran pena yang berlainan
  5. Control. Icon yang menggerakkan eksekusi script berdasarkan perihal nan didefinisikan sebelumnya, pengulangan pemrograman logika dengan loops, dan menampilkan logika kondisional
  6. Sensing. Icon yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi semenjak pointer mouse, jaraknya terhadap sprite lain dan apakah sprite bersentuhan dengan sprite lainnya
  7. Numbers. Icon yang memajukan proporsi ilmu mantik, pembulatan, dan operasi ilmu hitung lainnya
  8. Variables. Icon yang dapat digunakan untuk membuat variabel dan menaruh data pada aplikasi detik dieksekusi.

Gambar 1.
Menu-Menu dalam Pemrograman Scratch


Published at :

Source: https://binus.ac.id/malang/2021/11/menu-menu-pada-pemrograman-scratch-dan-fungsinya/