Perilaku Biaya (Cost Behavior): Pengertian, Cara Menotal, dan Sifatnya

Lega dasarnya, cost behavior atau perilaku biaya adalah pelecok satu adegan semenjak akuntansi biaya. Bilang bersumber Sira mungkin masih belum mengarifi secara lebih jelas tentang karakteristik dari perilaku biaya dan bahkan mungkin masih kesulitan cak bagi membebaskan beban dan biaya.

Oleh karena itu, tujuan terbit adanya perilaku biaya ini silam penting buat menganalisa kegiatan taksiran pada biaya tersebut, agar nantinya bukan memberikan dampak yang negatif untuk kegiatan operasional perusahaan.

Sebagai pebisnis, khususnya bisnis manufaktur, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana perubahan perilaku biaya yang ada dalam firma. Sehingga, pengaruh tersebut akan adv amat penting bakal dijadikan sebagai model dalam mencoket keputusan, mengestimasi biaya di periode depan, dan sekali lagi berbuat evaluasi.

Bintang sartan, perilaku biaya adalah suatu gambaran atas kegiatan perusahaan, nan mana kegiatan di dalamnya harus menunjukan satu kegiatan naik alias turunnya suatu kondisi operasional perusahaan.


Signifikasi Perilaku Biaya

Perilaku biaya adalah suatu hubungan antara total dengan persilihan volume aktivitas pada suatu perusahaan. Umumnya, perilaku ini punya 3 jenis pergantian volume kegiatan biaya, seperti biaya teguh, biaya tunas-variabel, dan juga biaya elastis.

Dalam perencanaan dan pengendaliannya, terdapat 3 spesies perilaku biaya, maka biaya tetap dan lagi biaya plastis terbagi lagi menjadi dua golongan, yaitu:

  • Biaya tegar yang terbagi menjadi dua, adalah committed fixed costs, dan lagi Discretionary Fixed Costs.
  • Biaya variabel nan juga terbagi menjadi dua, ialah Discretionary Variable Costs dan Engineered Variable Costs

Baca lagi: Lump Sum Adalah: Ini Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya N domestik Metode Pembayaran


Jenis-Jenis Perilaku Biaya

1. Perilaku Biaya Tetap (Fixed Cost)

Biaya tetap yaitu suatu biaya nan mempunyai besaran total secara tunak meskipun terdapat persilihan debit dari suatu kegiatan tertentu. Tapi, puas biaya tetap sendirisendiri satuan akan berubah karena terdapat pergantian bersumber sisi volume aktivitas.

Biasanya, besaran biaya tetap ini akan dipengaruhi oleh tujuan perilaku biaya yang nantinya akan memengaruhi firma dalam kurun tahun yang lama, teknologi perusahaan, serta ketatanegaraan pengelolaan dan metode di dalamnya.

Untuk itu, biaya tunak dibagi lagi menjadi dua keberagaman, yaitu:


  • Committed Fixed Costs

Committed fixed cost ialah sebagian samudra biaya tetap yang terjadi dari kepemilikan perusahaan, organisasi taktik, dan juga peralatan di dalamnya.

Dalam perilaku biaya committed fixed cost, seluruh biaya tetap akan dikeluarkan dan tidak dapat dikurangi atau diminimalisasi, sehingga akan mampu mempertahan perusahaan kerumahtanggaan kejadian memenuhi tujuan perilaku biaya dalam kurun hari nan lama. Contohnya adalah biaya depresiasi, dan bangunan pajak perponding gedung atau PBB, sewa, gaji, serta asuransi.


  • Discretionary Fixed Costs

Discretionary fixed costs atau nan biasa disebut dengan managed atau programmed cost merupakan biaya yang terjadi dari keputusan pengemasan rekapitulasi secara ajek atau biasanya dilakukan secara tahunan, yang mana di dalamnya akan mencerminkan kebijakan manajemen puncak secara langsung terkait jumlah dan maksimal biaya.

Perilaku biaya ini akan menggambarkan adanya hubungan yang maksimal dari biaya keluaran ataupun biaya masukan, tapi tetap dapat diukur dengan volume penjualan, jasa atau produk. Contohnya ialah biaya pengembangan dan riset, biaya iklan, biaya pelatihan pegawai, biaya konsultan, dan biaya promosi penjualan.


2. Perilaku Biaya Variabel (Variable Costing)

Laur costing atau biaya laur adalah suatu biaya yang seluruh total nilainya bisa berubah, tapi proporsional dengan adanya perubahan debit kegiatan perusahaan, seperti biaya bahan baku. Sehingga akan terbagi lagi menjadi dua penggalan, ialah:


  • Engineered Variable Costs

Engineered cost variable adalah satu biaya yang berkaitan dengan adanya hubungan bodi tertentu atas suatu penilaian kegiatan. Umumnya, seluruh biaya variabel ini termaktub engineered cost, sehingga biaya ini harus berubah sesuai nilai masukan ataupun pengeluarannya, seperti mana eksploitasi objek baku.


  • Discretionary Variable Costs

Sebelumnya kita telah jelaskan bahwa seluruh biaya variabel adalah termasuk engineered cost, tapi suka-suka bilang biaya variabel yang juga tergolong discretionary variable costs.

Hadirnya discretionary variable cost ini tergantung bersumber keputusan pihak manajemen firma, sehingga kebijakan antara pembayaran dan pengeluarannya mempunyai hubungan nan lewat sanding. Saat biaya pengeluaran di dalamnya berubah, maka biaya pemasukan kembali tentunya akan berubah, contoh sederhananya adalah biaya iklan.


3. Biaya Recup Fleksibel

Biaya taruk variabel merupakan suatu biaya yang memiliki unsur konstan dan juga plastis, yang mana dalam biaya semi luwes ini terdapat biaya setia nan tergolong sebagai jumlah biaya minimal lakukan pengemasan jasa. Selain itu, biaya variabel juga akan memengaruhi perubahan tagihan kegiatan.

Bagaimana Menentukan Aturan-Sifat Teladan Perilaku Biaya?

Internal hal ini, terletak tiga faktor utama yang memengaruhi kebiasaan perilaku biaya dan didalamnya harus dapat dipertimbangkan. Ke tiga faktor utama tersebut adalah seumpama berikut.

  1. Menyeleksi seluruh biaya dan kembali memeriksa model perilaku di dalamnya, sehingga biaya ini akan bisa dikatakan misal variabel nan tidak bebas dan akan dinyatakan dengan tanda baca leter y.
  2. Mengidas dan juga menyeleksi biaya bebas yang bisa menyebabkan biaya di dalamnya menjadi lebih berfluktuasi. Sehingga puas kepentingan pernyataannya akan dinyatakan dengan y = f(x).
  3. memilih dan juga menyeleksi kegiatan yang dianggap relevan. Dimana biaya variabel bebas dan tidak bebas di dalamnya akan dinyatakan pada fungsi biaya nan berlaku, rumus dalam biaya tersebut akan dinyatakan dengan y = a + bx.

Bagaimana Metode Perilaku Biaya dan Cara Menghitungnya?

Dalam metode biaya, bisa diketahui bahwa terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan untuk menghitung perilaku biaya, merupakan dengan menggunakan metode bintik tertinggi dan terendah, metode biaya tanggang, dan metode kuadrat terkecil. Berikut ini adalah penjelasan berusul ketiga metode tersebut:


  • Metode Titik Tertinggi dan Terendah

untuk bisa mengumpamakan fungsi biaya, maka analisa biaya di dalamnya harus bisa dilakukan dengan cara tingkat kegiatan nan paling jenjang nilainya, yang mana cara tersebut akan membandingkan tingkat kegiatan terendah di masa lampau. Makanya karena itu, beda yang ada pada biaya ini akan termasuk ke internal suatu biaya lentur.


  • Metode Biaya Berjaga

metode nan dilakukan dalam hal ini akan memanfaatkan antisipasi pada biaya yang teguh harus dikeluarkan, meskipun perusahaan tutup bagi sementara waktu, namun produknya harus disamakan dengan nol maupun tidak ada adakalanya.


  • Metode Kuadrat Terkecil

Kerjakan menggunakan metode ini, diperlukan hubungan antara biaya dengan volume aktivitas. N domestik hal ini lagi akan terbentuk garis literal dengan adanya persamaan garis regresi y = a+bx. Sehingga, pada abc ya akan diartikan sebagai variabel tidak netral yang perubahan di dalamnya akan ditentukan makanya perubahan laur x, yakni lentur bebas.

Bentuk penaksiran berpangkal contoh soal biaya ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan perhitungan taksiran plong angka interval, nan mana plong perhitungan ini akan memperkirakan biaya yang sepantasnya.

Baca pun: Wanprestasi Adalah: Signifikasi, Faktor, dan Unsur Di Dalamnya


Akhir

Demikianlah penjelasan komplet adapun perilaku biaya n domestik dunia akuntansi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa cost behavior atau perilaku biaya merupakan salah satu bagian bermula akuntansi biaya. Selain itu, perilaku biaya juga ialah satu koneksi antara total dengan perubahan volume aktivitas pada suatu perusahaan. Rata-rata, perilaku ini mempunyai 3 jenis perubahan volume kegiatan biaya, seperti biaya tetap, biaya tunas-lentur, dan kembali biaya luwes.

Dengan memaklumi adanya perilaku biaya diatas, maka diharapkan setiap pebisnis ataupun akuntan bisa membuat perkiraan potensi segala nan akan terjadi pada pergantian biaya perusahaan di masa depan.

Namun, jika Kamu kesulitan dalam menentukan biaya pengeluaran pada bisnis atau enggak bisa mengontrol keuangan serta pembukuan yang baik, maka disarankan mudah-mudahan Anda memperalat software akuntansi dari Accurate Online.

Maka dari itu misal langkah baik dalam menjalankan bisnis Sira, serta memiliki kesulitan dalam menotal biaya pengeluaran sreg bisnis atau sampai-sampai Beliau tidak bisa mengontrol moneter serta kodifikasi.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud nan berkecukupan kondusif Anda dalam mengelola moneter secara lebih mudah dan praktis. Accurate online juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai proklamasi keuangan firma, lebih-lebih oleh Anda nan tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara prodeo sepanjang 30 hari melalui tautan pada rencana di sumber akar ini:

accurate1