Mono Di Tri Tetra Penta

KOMPAS.com
– Plong awalnya senyawa kimia dinamai bersendikan sreg corak senyawa, kebiasaan fisik paduan , cap penemu, ataupun cara bagaimana senyawa tersebut diproduksi.

Hal ini berarti tidak suka-suka resan yang jelas atas penamaan paduan ilmu pisah bermula satu daerah ke distrik lainnya. Maka diterapkanlah adat tatanama senyawa kimia secara sistematik yang disusun oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC).

Tatanama senyawa ilmu pisah berdasarkan jenis senyawanya dibedakan menjadi tatanama campuran biner, non-besi, ion-ion poliatom, asam, dan hidrat.

  • Tatanama Senyawa Biner

Dilansir dari
Encyclopaedia Britannica, pada senyawa biner, unsur yang berifat berupa disebut dengan kation, dan unsur dengan paduan negative disebut dengan anion. Tatanama senyawa biner diurutkan sebagai berikut:

Baca juga: Rumus Kimia dan Tatanama Senyawa

  1. Unsur kation diletakan didepan dan anion dibelakang.
  2. Tera kation diambil mulai sejak nama unsur tersebut. Misalkan Na+ dinamai natrium dan Li+ dinamai litium.
  3. Nama anion diambil bersumber nama unsur tersebut sekadar ditambahkan sufiks –ida. Misalkan Cl- dinami klorida dan Udara murni²- dinamai oksida.
  4. Jika ada skor total atom unsur dilamabangan dengan biji romawi, sama dengan Cu²+ dinamai Tembaga(II) dan Pb4+ dinamai Timbang(IV).

Misalkan paduan biner FeCl3 dinamai dengan besi(III) klorida, NO2 dinamai dengan natrium dioksida, dan CaS dinamai dengan zat kapur sulfida.

  • Tatanama Senyawa Non-logam

Pencalonan sintesis yang terdiri bermula atom-zarah non-logam. Pengusulan paduan diawali dengan jumlah atom kerumahtanggaan kredit yunani.

Angka yunani yang digunakan ialah 1=mono, 2=di, 3=tri, 4=tetra, 5=penta, 6=heksa, 7=hepta, 8=okta, 9=perempuan, dan 10=deka. Contohnya adalah senyawa N2O5 nan dinamai dengan dinitrogen pentaoksida.

Inilah tabel periodik tertua di dunia, usianya 140 tahun.

Inilah tabel periodik tertua di dunia, usianya 140 tahun.

Baca sekali lagi: Setelah Senyawa Arsenik Menimpa Jasad, Cak Munir Dibunuh 16 Tahun Lalu…

  • Tatanama Senyawa Ion-Ion Poliatom

Senyawa ion-ion poliatom adalah campuran yang tersusun atas 2 ion ataupun bertambah yang saling berikatan. Tatanama paduan ion-ion poliatom sebanding dengan tatanama senyawa-senyawa sebelumnya, nan bebdakan hanyalah keberadaan partikel oksigen.

Campuran dengan atom oksigen yang sedikit diberikan imbuhan penghabisan –it, misalnya NO2- dinamai nitrit. Adapun senyawa dengan atom oksigen yang panjang diberi imbbuhan akhir –at, misalnya NO3- dinamai nitrat.

  • Tatanama Paduan Asam

Senyawa asam adalah senyawa yang mengandung hidrogen. Tatanama senyawa cemberut semuanya diawali dengan kata asam lalu disusul anionnya.

Misalnya sintesis HCl nan dinamai asaam klorida, H2SO4 yang dinamai dengan asam sulfat, dan HF yang dinamai dengan asam fluorida.

Baca juga: Solusi Energi Terbarukan, Senyawa Kimia ini Ubah Cahaya Makara Listrik

  • Tatanama Senyawa Hidrat

Senyawa hidrat adalah senyawa nan mampu mengikat air didalamnya. Senyawa hidrat dinamai bersendikan jumlah anasir air nan diikatnya. Misalkan CaCl2.2H2O dinamai dengan kalsium klorida dihidrat.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari terbit Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Benang kuningan “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Kabel terlebih terlampau di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/14/161113069/tatanama-senyawa-kimia?page=all

Posted by: caribes.net