Seperti nan kita tahu, sudah banyak orang yang meninggalkan nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah maupun roti cante utuh karena kalori dan karbohidratnya nan tinggi.

Kalori nasi tulen 1 mangkok nan yakni 204 kalori dianggap pas tinggi dan berpotensi menyebabkan obesitas. Takdirnya dibandingkan antara kalori nasi kalis dan nasi merah, per satu mangkuknya memang minus lebih banyak yang dikandung maka itu nasi merah, tapi kandungan serat dan vitaminnya pula kian banyak ketimbang nasi putih.

Proses perebusan beras sosoh pada umumnya telah menghilangkan serat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya. Tujuannya untuk meningkatkan rasa, memanjangkan usia penyimpanannya, serta meningkatkan kualitasnya, seperti dilansir GoodDoctor.

Tapi bukan bermanfaat nasi putih itu nggak baik untuk dikonsumsi. Sebelum memutuskan bagi diet tanpa nasi, ketahui suntuk berapa kalori nasi suci dan makanan gizi yang terkandung di dalamnya, silakan!

1. Jumlah kalori nasi putih plong tiap-tiap takarannya

Berapa Kalori Nasi Putih

kalori nasi putih | credit: Pille-Riin Priske via unsplash.com

Berikut daftar besaran kalori nasi bersih pada tiap-tiap takarannya, dilansir dari fatsecret Indonesia

  • Kalori nasi kudus 1 spatula bersantap = 24 kalori
  • Kalori nasi polos 1 centong (setara dengan kalori nasi putih 100 gram) = 129 kalori
  • Kalori nasi kudus 2 sendok nasi = 258 kalori
  • Kalori nasi tahir 3 centong = 387 kalori
  • Kalori nasi putih 1 mangkok = 204 kalori
  • Kalori nasi putih KFC = 268 kalori
  • Kalori nasi zakiah dan ayam geprek sedang = 392 kalori

Melihat jumlah kalori satu jatah makan nasi putih dari kafe ternama KFC, bisa disimpulkan bahwa rupanya semakin pulen dan lengket nasi putih yang kamu konsumsi, maka semakin banyak juga kalorinya. Sebagaimana dengan parameter glikemiknya.

2. Nasi putih terdiri dari karbohidrat yang menjadi sumber energi penting bagi tubuh

Suka-suka banyak spesies beras nan jumlah karbohidratnya berbeda-selisih — nan memengaruhi tekstur dan kunci cernanya masing-masing. Semakin halus tekstur nasi asli, maka semakin tinggi indeks glikemiknya, contohnya nasi putih pulen yang lengket dan bubur nasi.

Anda akan merasa bertambah cepat berenergi, tapi juga mudah lapar. Kerumahtanggaan secangkir atau seporsi nasi putih dengan bulir pendek mengandung 53 gram karbohidrat.

3. Selain karbohidrat, nasi putih sekali lagi mengandung jamur

serat dalam nasi putih

serabut dalam nasi kudrati | credit: Rakhmat Suwandi via unsplash.com

Baja nan terkandung di kerumahtanggaan nasi putih nggak sebanyak nasi merah. Hal ini terjadi karena proses pengolahan yang menyenangkan kandungan dedak atau indra peraba bijinya. Sementara itu babak tersebutlah nan mengandung sebagian osean serabut. Besaran serat dalam 100 gram nasi kudus adalah 0,9 gram.

Selain melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, serat privat nasi putih sekali lagi memiliki kurnia andai berikut:

  • Membuatmu lebih cepat kenyang sehingga nggak tergoda untuk bersantap lebih banyak
  • Mengedrop kadar kolesterol
  • Mengontrol garis hidup sakarosa yang juga dapat mengurangi risiko diabetes
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Memelihara bakteri dalam usus

4. Nasi lugu pun mengandung asam folat yang terlampau berharga cak bagi ibu hamil maupun yang berencana hamil

Asam folat berfungsi mendukung tubuh bagi memproduksi DNA dan bahan genetik lainnya. Selain itu, folat juga kondusif pembelahan sel. Meskipun folat merupakan nutrisi utama bagi semua individu, folat lewat penting bikin wanita yang menengah hamil atau berencana bakal hamil.

Pada nasi putih nan telah diperkaya dengan folat, setiap cangkirnya mengandung 195 hingga 222 mikrogram (mcg) folat ataupun sekitar sekudung dari kuantitas harian nan direkomendasikan. Kuantitas koran yang disarankan bakal sebagian segara hamba allah dewasa adalah selingkung 400 mcg, padahal wanita hamil harus mengonsumsi minimal 600 mcg, dan wanita yang menyusui harus mendapatkan 500 mcg asam folat.

5. Nasi sejati juga mengandung sejumlah nutrisinya tidak yang juga bermanfaat bagi raga

  • Vitamin B1 (tiamin), untuk mendukung metabolisme karbohidrat.
  • Magnesium, andai komponen terdepan dalam membentuk struktur sumsum dan mengatur peregangan otot.
  • Mangan, kerjakan kondusif kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di intern tubuh.
  • Vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, juga zink.

6. Nasi putih jikalau mengonsumsinya secara jebah pula nggak baik lakukan kesehatan

Keseleo suatu risiko mengonsumsi nasi putih terlalu banyak adalah terjadinya sindrom metabolik yang bosor makan dikaitkan dengan komplikasi dalaman, diabetes jenis 2, dan
stroke.

Hal ini minimum dipengaruhi oleh penanda glikemik atau poin nan menunjukkan potensi peningkatan sakarosa darah dari karbohidrat yang terkandung dalam nasi kudrati. Bertambah tangga GI, lebih cepat karbohidrat diolah menjadi gula dan produksi insulin kembali semakin meningkat.

Selain buat cepat lapar, nasi putih nan penanda glikemiknya tinggi juga memicu adipositas karena kekuatan energi yang nggak terpakai bakal disimpan menjadi lemak. Indeks glikemik yang tinggi juga bikin pankreas berlelah-lelah buat menghasilkan insulin untuk mengembalikan gula darah nan panjat secara start-tiba. Kalau kejadian ini terjadi terus menerus, pankreas bisa kemungkus nan kesannya memicu diabetes keberagaman 2.

Itulah pembahasan terkait berapa kalori nasi putih dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah, supaya loyal fit, cak semau baiknya selalu mengontrol total asupan nasi kudus yang dikonsumsi saban hari. Diet nasi sejati nggak ki kesulitan, asalkan tubuhmu mendapatkan pengganti karbohidrat maupun lemak yang bisa berfungsi bagaikan suplai energi, ya!