Contoh Naskah Sandiwara bakal 6 cucu adam – Ketika kita akan dihadapkan pada sebuah pergelaran sandiwara baik itu di pentas drama di lingkungan sekolah, kampus atau tidak sebagainya pasti ada hal yang pertama mungkin harus di persiapkan agar sebuah sandiwara bangsawan bisa berjalan dengan lancar serta pesan moral nan akan kita sampaikan bisa dituruti dengan baik oleh audiens yaitu sebuah naskah drama. Maka dari itu karena itu, di perlukan adanya naskah drama sepatutnya kalimat demi kalimat n kepunyaan alur yang jelas sehingga pesan yang akan disampaikan dapat diterima oleh khalayak terutama pemeran agar memperoleh penjiwaan.

Lazimnya n domestik menciptakan menjadikan tulisan tangan dagelan, kita membutuhkan referensi yang sesuai terampai dari berapa pemeran yang akan terlibat. Misalnya model naskah drama 6 insan. Privat sebuah sandiwara radio pementasan biasanya para pemeran yang berkujut tidak terlalu banyak tergantung ada berapa pemeran yang dibutuhkan. Berikut adalah pola naskah ketoprak 6 hamba allah. Akan halnya drama boleh jadi ini mengisahkan mengenai satu kejadian yang mana dalam hal tersebut ampuh mengenai seorang pelajar nan majuh datang terbelakang ke sekolah. Nah, berikut adalah alur skenario drama tersebut.

Skenario Sandiwara boneka:

  1. Tema Sandiwara: Kedisiplinan
  2. Ritma Kisahan Drama:

I) Exposisi: – Reza

  • – Dodit
  • – Sampul satpam
  • – Bayu
  • – Riska
  • – Sinta

Permasalahan

Reza keteter datang ke sekolah karena pada malam harinya bergadang sampai paruh malam.

II) Komplikasi

Dodit teman sama reza yang sekali lagi cak bertengger tertinggal mengajaknya bolos masuk jam pelajaran pertama

III) Karangan I

Reza dan Dodit kepergok oleh Bu Riska saat akan pergi ke kantin untuk absen

IV) Catatan II

Bu Riska mengangkut mereka ke hawa matematika merupakan Bu Sinta, dan mereka pula memberikan hukuman push up kepada Reza dan Dodit sebaiknya cak semau efek jera

V) Penali

Reza dan Dodit menyadari kesalahannya dan berjanji bukan akan mengulangi perbuatannya lagi

3. Budi

  • Protagonis: Reza
  • Antagonis: Dodit
  • Tritagonis: Bu Rizka (hawa BP)
  • Figuran: Bayu, Pak Satpam, Sinta

4. Latar

  • a. Wadah/Depan warung kopi, depan kelas
  • b. Waktu/ Kejadian pagi hari
  • c. Sosial

Reza datang ke sekolah tersisa karena kemarin bermain game online hingga sagu betawi malam.

Skrip Drama 6 Makhluk

Disuatu pagi waktu sekitar jam 07.30. Suasana sekolah sudah mulai hening karena semua siswa sudah lalu ikut inferior, pintu gerbang sekolah lagi damping di tutup.

Reza  : paket satpam tunggu (sahut reza sambil berlari berorientasi gapura gerbang)

Pak satpam : kamu? Jam berapa ini, jam segini bau kencur dateng

Reza  : maaf Pak, saya kesiangan, tolong bukakan pintu nya buntelan, please!!!!

Tiba-tiba datang temen sekelas reza yaitu dodit yang sreg pagi itu lagi cak bertengger terlambat

Dodit  : tunggu…..(melambaikan tangan kearah pak satpam simultan berlari)

Pak satpam : sira juga hinggap terlambat, ngga mempunyai jam segala apa di apartemen

Dodit  : maaf pak, ijinin kami masuk pak, sekali ini aja, please!!!

Reza dan dodit pun terbatas memelas hendaknya bisa di beri ijin masuk maka itu pak satpam

Pak satpam : ya udah, masuk, tapi awas jangan di ulangi pula, tubin saya di tegur penasihat sekolah
Siap pak…(sahut mereka berdua)

Di tengah avontur masuk papan bawah nan terletak di keramik dua, mereka berdua sedikit mengamalkan pembicaraan, Dodit kontan berjalan leha-leha sedangkan reza sedikit tergesa-gesa refleks berjalan cepat, tiba-start Dodit merencanakan sesuatu hendaknya tidak ikut papan bawah jam purwa.

Dodit  : santai aja kelihatannya za….buru-buru amat

Reza  : yah, lu….udah telat masih bisa bilang santai

Dodit  : memang sekarang jam berapa?

Reza  : 07. 45 menit, mana tuntunan matematika lagi

Dodit  : waduh, hampir telat 1 jam nih kita

Reza  : itu lu tau Dit…

Dodit  : gw punya ide nih…gimana kalo kita bolos jam pelajaran purwa

Reza  : ah….gila lu, ngga mau gw

Dodit  : yaelah lu, kaku amat, emang lu mau kena siksa sama Bu Sinta guru matematika kita? emang lu cak hendak sekali lagi di sorakin sama temen-temen gara-gara kita di strap di depan kelas?

Reza  : hmmmm….iya pun sih, kaga mau lah gw

Dodit  : ya udah, mendingan lu ikut gw aja ke bar, sambil nunggu kursus lebih jauh ngopi-ngopi aja tinggal kita….hehe

Reza  : ok deh….gw pula belum sarapan soalnya, tapi lu yang traktir ya….

Dodit  : iya deh…

Akhirnya mereka berdua lagi lebih melembarkan buat menyingkir ke kantin ketimbang harus memasuki kelas. sambil mengendap-ngendap, mereka pun melanglang menuju arah kantin. Dan detik sudah hampir sampai di depan restoran, tiba-tiba ke pergok Bu Riska (guru BP) di depan tinggi. Kebetulan lokasi kantin bersebelahan dengan strata cenderung keramik atas.

Bu Riska : ehmm….mau kemana kalian, ko sreg gendong tas?

Dodit  : eh..ibu, anu Bu, kita cak hendak ke toilet (sambil berlagak damping)

Reza  : iya..Bu…hehe

Bu riska  : emang ke toilet harus panggul tas ya..? jangan bohong kalian, saya tau kalian mau mangkir masuk kelas kan?

Reza  : lu sih dit….(suara lapangan sambil merebeh fisik dodit dengan bahu)

Bu riska  : kenapa ngga serta merta timbrung?

Reza  : kami telat Bu?

Bu riska  : udah tau telat, terus kalian mau pada absen menyingkir ke kantin gitu?

Bu riska  : mata pelajaran segala engkau waktu ini?

Dodit  : ilmu hitung Bu? Habisnya gurunya galak…

Bu riska  : udah tau merenyam, kenapa kalian bakal gara-gara?

Dodit  : Kami kan telat ngga disengaja bu….cuman bangunnya aja kesiangan

Bu riska  : yang lain aja bisa siuman pagi, tahun kalian ngg bisa?

Reza  : bisa sih bu, cuman semalem saya ke asikan main game online jadi tidurnya larut malem

Dodit  : bener bu….saya lagi sama

Bu Riska : ya udah, ibu anter kalian masuk kelas

Dodit  : yah… Bu, esok saya di hukum

Bu Riska : ya itu sih resiko anda…..maka itu harus tau musim, bilamana waktunya belajar, kapan waktunya main game, kapan waktunya tidur…

Reza  : iya bu…pembebasan

Akhirnya, mereka pun di anter maka itu Bu Riska bikin menirukan pelajaran ilmu hitung. Sehabis sampai dan berada di depan pintu kelas tok…tok…tok….(mengetuk pintu).
Masuk…(sahut Bu Sinta)

Bu Riska : Bu, ini saya memergoki anak pelihara ibu yang kepingin mencoba pergi ke bar, ingin sreg bolos kelihatannya.

Bu Sinta : hmm….kalian, buat gara-gara aja

Reza  : pembebasan bu…ide dodit nih

Dodit  : ah..lu

Bu Riska : ya udah Bu, saya permisi dulu ada urusan, cak semau ibu mereka empat mata mau di apain (sambil bergurau)

Bu Sinta : ya udah Ibu ijinin kalian ikut, tapi kalian ibu syariat dulu

Reza  : yah…Bu ( sambil memelas)

Bu Sinta : push up 20 kali

Dodit  : ngga kebanyakan Bu?

Bu Sinta : cepetan…lakukan

Dengan sorakan dari antiwirawan-teman, akhirnya mereka pun menjalankan konsekuensi azab nan di berikan Bu Sinta karena kesalahan yang mereka buat. Dan merekapun tersadar bahwa ketidakdisiplinan akan merugikan diri mereka seorang. Kesannya mereka berdua di perbolehkan masuk kerjakan mengikuti kursus.

Bu Sinta : enak teko datang terlambat? Silahkan kalian masuk

Makasih Bu….(sahut mereka berdua)

Bayu  : kaga umumnya lu za nomplok telat

Reza  : kesiangan gw, gara-gara maen game sampe malem

Bayu  : lagian lu ngga tau waktu

Reza  : iya….gw ingat

Acuan Skrip Dagelan 6 Orang

Contoh kedua yaitu arketipe teks skrip drama untuk 6 orang 5 laki junjungan dan 1 upik pendek tentang pendidikan dan perkawanan nan berjudul generasi emas

Atom Intrinsik :

Penokohan

  • Ababal      : Koteng perjaka, anak petani dan pekerja berkanjang.
  • Jatmiko     : Sendiri pemuda, anak sendiri guru.
  • Nurul        : Pemuda dan pekerja keras
  • Sukatman  : Sendiri guru dan baik hati.
  • Purnomo   : Hawa yang tegas.
  • Indri          : Daun muda dan Taat lega Orang Renta.

Sreg suatu hari di sebuah kelas bawah

(Di dalam kelas petatar madya mendengarkan penjelasan dari guru)

Jatmiko    : (Berbisik ke kuping Ababal) Bal! Bangun, Bal! Jangan tidur.

Ababal     : (menggeliat. Menundukkan kepala)

Jatmiko    : (Menggandeng lengan Ababal) Bangun. Nanti Pak Pur murka.

Nurul        : Jat… (Ucapan Nurul terhenti)

Purnomo  : Hei kalian! Kenapa ribut seorang? (Menunjuk ke arah ketiganya).

Indri         : Makanya jangan bertelingkah terus. (tetap melihat ke depan).

Ababal     : Iya, Buntelan. Ada apa, Kelongsong? (Mengucek alat penglihatan. Menoleh ke sisi Jatmiko dan Nurul).

Jatmiko   : Habislah kita.

Purnomo  : Kalian bertiga! Bertamadun ke sini!

(Jatmiko dan Ababal melangkah perlahan ke arah Purnomo)

Purnomo  : Kamu juga! (Menunjuk Nurul)

Nurul       : Cak kenapa saya,…

Indri         : Cepat maju. Biar tidak tambah parah.

Nurul       : (Melangkah terburu-buru menyusul Jatmiko dan Ababal)

Purnomo  : Kalian ini bersinggungan hanya. Lain membidas penjelasan saya. Kalian ngerti segala yang saya jelaskan tadi?

(Ababal, Jarmiko, dan Nurul terdiam)

Purnomo  : Kalian bertiga keluar! Jangan timbrung kelas saya!

Nurul       : Tapi, Buntelan….

Purnomo  : Lain usah tapi. Keluar!

(Set medan berubah menjadi haram)

(Tampak tiga jejaka sedang berbincang-bincang di luar papan bawah)

Ababal      : Maaf ya. Gara gara aku (bungkam melihat Jatmiko) kalian (melihat Nurul) jadi ikutan dihukum.

Jatmiko     : Gak papa, Jeh. Cuma kebetulan nahas aja. (Menepuk pundak Ababal)

Nurul        : Yang paling apes aku. Gak rame juga diusir. Tapi gak miskin benar. Kita kan fren!

Jatmiko    : Kau tak tidur kah semalam?

Ababal      : Aku tidur menjelang subuh.

Nurul        : Ngapain?

Ababal      : Jaga

diesel. Bantu bapak ngairi sawah.

Jatmiko     : Baguuuuusss… (menyorongkan kedua jempolnya ke cahaya muka Ababal)

Nurul         : Jangan bogas bagus aja. Gimana pelajaran Pak Purno ini.

Ababal      : Hus jangan disingkat. Namanya paket Purnomo bukan Porno.

Jatmiko     : Tenang aja, nanti kita pinjam catatannya Indri.

Nurul         : Nah itu Indri. (Menunjuk ke jihat Indri)

Ababal      : Ayu ya dia.

Jatmiko     : Bal! Fokus, Bal.

Indri          : (Menghampiri Ababal, Nurul dan Jatmiko) Ini coretan berlebih tugasnya Pak Pur.

Nurul         : Weh Indri konotasi banget.

Indri          : Minggu depan dikumpulkan.

Ababal      : Indri pun baik.

Indri          : Jika mutakadim kalian tulis taajul kembalikan (menyodorkan buku pada Jatmiko)

Jatmiko     : (Memufakati buku Indri) Makasih ya…

Indri          : (Melangkah menjauhi) Ingat segera kembalikan!

(semua tutup mulut. Indri menoleh ke belakang dan terbuntang)

Ababal, Nurul, Jatmiko : siap! (memberikan hormat kepada Indri)

(Panggung gelap. Set panggung berubah. Di dekat tempat parkir)

Sukatman   : Kalian tadi untuk ki aib apa?

Ababal       : Ngapunten, Pak. Masalah apa?

Sukatman   : Tadi di papan bawah. Jamnya Buntelan Pur.

Nurul         : Oh… Nan tadi, Rek. Pak Purnomo nan salah teka, Kemasan.

Jatmiko      : Iya, Pak. Tadi Ababal nan ketiduran. Saya bangunkan. Kami dituduh bergesekan di kelas.

Sukatman   : oh sejenis itu. (Menoleh ke Ababal) Kenapa anda tidur kelas, Le?

Ababal       : Saya kurang tidur, Kelongsong. Sudah dua lilin lebah saya mendukung buya mengairi sawah. Musim kering sawah garapan bapak meringkai.

Sukatman  : Marahnya Pak Pur itu karena dia sayang pada kalian. Kalian memang harus tolong orang tua. Tapi kalian juga harus kehidupan membiasakan. Jangan tidur terus di inferior.

(Ababal, Nurul, Jatmiko takzim mendengarkan tanpa berani bercakap)

Sukatman  : Kalian adalah generasi emas. Nan harus diasah agar terus berkilau. Signifikan dan sekses. Ayo! Sekarang turut saya. (Melangkah segera. Diikuti Ababal, Nurul, dan Jatmiko).

Nurul      : Mau ke mana, Cangkang?

Sukatman : Ini sudah siang. Kita ke sajadah lampau. Sangat makan bakso.

Nurul       : Alhamdulillah.

(Ababal dan Jatmiko mengucapkan Alhamdulillah sonder kritik sederum menengadahkan tangab)

(Ajang gelap. Cerita bubar)

Arketipe Naskah Sandiwara 6 Orang

Konseptual Ketiga merupakan paradigma naskah drama komedi lucu 6 orang pendek singkat untuk 3 laki laki 3 perempuan beserta unsur intrinsiknya

Penculikan

Otak:

  • Bi Siti
  • Ibu kiki
  • Penculik
  • petugas keamanan 1
  • polisi 2
  • Dian

Narasi:

Di sebuah rumah mewah dengan perabotan yang mahal, tampak mulai sejak pangsa tanggungan seorang pembantu yang tengah memasak di ketuhar. Tiba-tiba telepon berdering (kring…kring…). Dia sambil bergegas ke urat kayu tengah untuk menggotong telepon sambil menjawat anak batu di tangannya.

Bi’ Siti     : (Mengangkat telepon) Halo…

Penculik   : Apa benar ini kediaman Ibu Kiki?

Bi’ Siti     : Ya, sopan. Ini mungkin ya? Penculik : Saya penculik.

Bi’ Siti     : Oh…tunggu sekeceng ya! Bu terserah telepon berusul penculik! Eh…tunggu lalu, yang nelpon

tadi… penculik…??? (Pingsan tahu-tahu)

Ibu Kiki   : (Datang menghampiri Bi’ Siti) Ada apa sih Bi’? Ya ampun Bi’! Kok tidur disini sih?! (Langsung menutup gagang telepon)

Tiba-tiba telepon berdering (kring…kring…). Ibu Kiki

bersama-sama duduk dan menyanggang ulekan. Anda menduga ulekan itu adalah telepon

Ibu Kiki    : (Menggotong ulekan) Halo…halo…Aduh pembebasan ya, suaranya kurangi jelas nih…(Melihat ulek-ulek yang dipegangnya) Oh iya salah…

(Kemudian mengangkat gagang telepon) Halo…

Penculik   : Ini dengan Ibu Kiki? Ibu Kiki : Ya dengan saya seorang. Ini kali ya? Penculik : Saya penculik!

Ibu Kiki    : Pe…pe…penculik?!

Penculiki  : Ya, saya telah berbuntut menculik anak ibu. Kalau ingin anak ibu pun, ibu harus membayar uang tebusan sebesar Rp 1 Milyar!

Ibu Kiki    : Segala apa! 1 Milyar?!

Penculik   : Ya! Dan siuman, jangan laporkan keadaan ini plong penjaga keamanan!

Ibu Kiki    : I…iya…ya…ya…Dimana saya memberikan uang tebusan itu?

Penculiki   : Di rumah nol, Gg. Sukabangkrut. Saya tunggu setakat jam 03.00 senja. (Menutup telepon)

Bi’ Siti     : (Tiba-tiba ingat) Laporin aja ke polisi bu! 1 Milyar itu kan banyak bu!

Ibu Kiki   : Lho? Mengapa ia dengar sih? Kamu tidur atau nguping?

Bi’ Siti     : Mmm…dua-duanya bu…(Sambil menggaruk bos) Tapi, pokoknya laporin aja deh bu!

Ibu Kiki   : Mmm…gimana ya? Ya udah deh…

(Menelepon petugas keamanan) Halo, ini Kantor Polisi? (Terdiam sejemang)Tolong saya bu! Anak saya diculik. (Terkelu sejenak) Saya Ibu Kiki. Rumah saya di Jl. Sukasepi no. 4. Ya, Sambut kasih ya bu. (Mengerudungi telepon)

(Beberapa detik kemudian, Ibu Kiki telah berbenda di depan rumah kosong yang dimaksud si penculik, bersama 2 khalayak polisi)

Polisi I   : Ibu masuk dulu, kami akan mengawasi dari sini.

Polisi II  :Ya. Kami akan mengintai dari sini. Jadi ibu nggak wajib khawatir.

Ibu Kiki : Iya…iya…( Masuk ke dalam rumah kosong itu).

#Kemudian si penculik itu keluar sambil membawa momongan Ibu Kiki nan diculiknya

Penculik  : Anda Ibu Kiki?

Ibu Kiki   : Iya benar, saya Ibu Kiki.

Penculik  : Anda membawa uang jasa tebusannya?

Ibu Kiki   : Ya, saya membawanya. Kembalikan anak saya!

Penculik  : Enak aja! Duitnya dahulu dong! Baru anaknya saya kembalikan.

Ibu Kiki   : Nih! (Memberikan kantong plastik yang dibawanya pada penculik)

Penculik  : Ini isinya duit?!

Ibu Kiki   : Ya iyalah…dah tau nanya!

Penculik  : Nggak bermodal banget sih! Pake koper kek! Mana isinya duit uang logam lagi! (Refleks menggoyang-goyangkan kantong plastik itu).

Ibu Kiki   : Eh! Emang beli koper nggak pake duit apa?! Lagian kan yang berharga isinya duit!

Penculik  : Huh, ya udah deh nggak apa-apa. (Menyibakkan saku plastik itu) Hmm…niat banget nih

ibu-ibu ngasih gue duit…(Wicara dalam hati).

Ibu Kiki   : Ya iyalah…secara gitu loh…anak adam berlambak…(Bicara dalam lever).

Penculik  : Nih! Anak ibu saya kembalikan! (Serempak memerosokkan Dian, anak asuh Ibu Kiki ke sebelah Ibu Kiki).

Dian         : Mama! (Sambil memeluk Ibu Kiki). makasih telah menyelamatkan Dian bu

Ibu Kiki   : Ya ampun Dian! Mama resah banget setolok kamu pelahap! Eh, ini dibuka lampau ya. (Sambil kuak plastik yang menutupi kepala Dian) Ha…! Lho cak kenapa…anak saya jadi jelek kayak

gini sih, ini bukan anak saya!

Penculik  : Lho?! Jadi ini enggak anak ibu?

Ibu Kiki  : Ya…kayaknya sih beliau emang anak saya, tapi dulu sira itu cakap. Nggak kayak gini! Ya udah deh, dia saya ikhlasin aja cak bagi kamu! (Serentak mendorong Loleng ke arah penculik).

Penculik : Ogah ah! Anggap sekadar momongan ini yakni kenang-kenangan dari saya kerjakan ibu dan uang ini perumpamaan kenang-kenangan dari ibu untuk saya. (Spontan mendorong Dian ke arah Ibu Kiki)

(Tahu-tahu semata-mata polisi muncul dengan mendobrak pintu)

Petugas keamanan I     : Sanggang tangan! (Sambil membidikkan mauz).

Polisi II   : Eh! Itu…(Sewaktu menunjuk ke sebelah mauz itu).

Polisi I    : Oh iya, amnesti!

Polisi II   : Sanggang tangan!

Penculik  : Iya, dari tadi juga dah angkat tangan kok!

Polisi I     : Kalian empat mata ditangkap!

Ibu Kiki   : Lho! Kok saya pun ditangkap sih?! Kan yang nyulik anak asuh saya itu dia! (Refleks menunjuk si penculik) Saya ini kan ibunya! (Sambil menunjuk Dian)

Polisi II   : Dia ditangkap karena menculik anak ibu dan ibu ditangkap karena menunda momongan ibu sendiri.

Ibu Kiki  : Segala apa?! Tapi kan…

Penjaga keamanan I    : Sudah! Menjelaskannya nanti saja di Kantor Polisi!

Jadinya penjaga keamanan mengangkut Ibu Kiki dan si penculik ke Dinas Penjaga keamanan. Tentatif itu, Dian di pulangkan ke rumahnya.

Wanti-wanti kesopansantunan dari cerita ini yakni:

“Jangan pernah menyia-nyiakan sesuatu ataupun orang yang sepanjang ini kita miliki.”

Contoh Naskah Drama 6 Orang

Kamil anak bungsu yakni arketipe referensi naskah dagelan singkat tentang pendidikan lucu bakal 6 orang yang berjudul sekolahku perjuanganku

Tokoh:

  • Bagas
  • Kemal
  • Rian
  • Renal
  • Rena
  • Rehan

Plong suatu hari, di suatu inferior terdapat 4 murid yang sedang berbuat tugas keramaian di rumah temannya. Tugas apakah yang sedang mereka cak bagi?. Apakah tugas mereka terselesaikan?. Kita sedarun doang ke KTP!, eh!. TKP.

Bagas   : Kalian juga ngapain sih?

Kemal  : Kan kita lagi ngerjain tugas kelompok di kondominium lo

Bagas   : Tapikan gue ga sekelompok sama kalian

Kemal  : Bener juga sih

Rian     : Tapi lo ga masalahkan apartemen lo dipenjem dulu bentar

Bagas   : Iya juga sih

Rian     : Lagian kitanya kembali bentar lagi cak hendak pulang

Bagas   : Tapi kenapa kalian diem aja?. Katanya kerja keramaian

Rian     : Kita ga lagi diem kita sekali lagi kerja kelompok. Tugas kita bantuin lampau do’a

Bagas   : Jadi yang ngerjainnya?

Rian     : Gerin yang ngerjain di rumahnya

Bagas   : Suntuk kenapa kalian ada disini

Rian     : Kan kerja keramaian

Rehan   : Wih jam tanganlu keren sekali lagi Tabun

Bagas  : Iya dong

Renal   : Berapa belinya?

Bagas   : Ga tau, embok gue beliin

Rena    : ooooh

Bagas   : Udah-udah kenapa malah ngebahas jam

Renal   : Tapi asap, disinikan ada jam dinding kenapa lo pake jam tangan

Bagas   : Oh iyayah ( menyimpan jam tangan )

Kemal  : Udah ah. Gue ingin pulan, Gue dah bosen dirumahlu

Bagas   : Boleh jadi juga yang nyuruh lo kesini

Keesokan harinya mereka ber-5 bertemu lagi ke sekolah lega pagi masa. Tapi hari ini lain semenyenangkan sama dengan periode semalam. Terdapat perbedaan antara hari ini dan kemarin kemarin hari paru-paru dan waktu ini hari kamis. Dan terserah sebuah kejadin yang terjadi.

Bagas   : Oy!( Menghampiri Rian, Renal, Rehan, Kemal, dan Gerin )

Renal   : Ada segala?

Bagas   : Gue ingin bicara silam sama Gerin sejemang

Kemal  : Boleh aja, mau bicara disini atau dibawa pulang

Bagas   : Disini aja, eh di telaga aja. Ayo Ger ( Bepergian menjarang bersama Gerin )

Gerin    : Jadi lo kepingin ngomong segala Tabun?

Bagas    : Jadi gini Rin. Tapi lo jangan bilang kesiapa-siapayah. Bahwa sebenarnya kemarin!

Kemal   : Kedengeran woy!

Bagas    : Oh iya amnesti. Jadi gini kemarin pas mereka ber-4 ke apartemen gue mulai-tiba aja jam tangan Gue ilang

Gerin    : Ow, ah!. Gawat, Gue lupa dukung suhu MTK

Bagas   : Oy!, Lu dengeri Gue ga sih?

Gerin    : Iya-iya, Gue denger kok. Tadi Gue cuman becanda saja. Jadi Lo mau Gue selidikin mistery ini?

Bagas   : Ya gitu

Keesokan harinya setelah Bagas menceri takan semua kejadian secara mendetail Gerin telah mengkonfirmasi siapa pelakunya dan mempersunting Bagas ulem Rian, Renal, Rehan, dan Kemal ke rumah Bagas.

Renal    : Ada apanih?. Kok ngedadak gini?

Gerin    : Minus basa-basi. Sebenarnya arloji Bagas sudah hilang dan pelakunya sekarang berada disini, dan tanpa basa-basi Saya akan sewaktu membongkar kedok sipelaku. Alasan Saya

mengumpulkan kalian kesini enggak lain dan enggak enggak adalah bikin mengjahar si pelaku

Renal   : Kaprikornus siapa pelakunya?

Rian     : Haah?. Emangnya lo bisa?

Kemal  : Jangan-jangan

Rehan  : Arloji yang bagus itukan?

Gerin   : Absolusi Saya bukan akan menjawab semua pertanyaan itu bikin mempersingkat waktu

Renal   : Jadi siapa pelakunya

Gerin   : Pelakunya adalah…. Bagas!

Bagas  : Haah?!. Kok Gue. Guekan yang punya jam tanganya

Gerin   : Tapi elo nan ngehilangin jam tangan Lo koteng ”

Bagas  : Maksudny

Gerin   : Arloji Lo ada di atas meja, arloji Lo yang inikan! ( Nunjukin jam tangannya )

Bagas   : Ta-tapi

Gerin   : Jangan banyak dalih, marilah sekalian semata-mata kita hajar!

Balasannya Bagas yang mempunyai pemikiran buruk atau buruk sangkat terhadap dagi-temannya mendapatkan azab yang sebanding. Pesan adab nan bisa diambil darisini yaitu jangan berburuk sangkat terhadap orang lain