Naskah Drama Singkat 2 Orang

Pernah enggak sih kalian waktu sekolah main drama gitu ? Mungkin sekiranya di ingat-ingat absurd juga yah. Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai plural macam naskah drama. Mulai dari tulisan tangan sandiwara komedi, naskah drama persahabatan, naskah ketoprak pendidikan, naskah drama roh sehari-masa, skenario drama cerita rakyat, naskah drama bahasa jawa, dan naskah drama di sekolah.

Sebelum kita ke arketipe referensi dagelan. Sebaiknya kita harus memaklumi terlebih tinggal apa itu teks drama. Nah berikut ini akan akan mulai mengulas dari konotasi drama, jenis-jenis drama, elemen-unsur dagelan, ciri-ciri drama.


Pengertian Drama


Naskah Drama Pendek
500px.com

Drama yaitu sebuah karya sastra yang ditulis dalam rangka percakapan, obrolan, dialog, dan nantinya akan dipentaskan atau akan dipertunjukkan di depan orang banyak. Drama juga biasa disebut dengan teater.

Jadi singkatnya, sandiwara radio adalah kisahan nan disajikan dalam bentuk percakapan dan manuver yang akan dipentaskan di atas panggung alias di lokasi-lokasi tertentu.



Variasi Jenis Drama


Naskah Drama
500px.com

Cak semau beberapa jenis sandiwara radio yang biasa digunakan, tergantung dari dasar nan digunakannya. Dalam bagan pembagian drama, biasanya digunakan 3 radiks, yakni berdasarkan penyajian kisah sandiwara radio, berdasarkan kesediaan naskah sandiwara tradisional tersebut dan bersendikan sarana.

Berdasarkan penyajian narasi, dagelan dibedakan menjadi 8 diversifikasi, yakni :

  1. Drama tragedi : Sandiwara bangsawan yang membualkan keprihatinan
  2. Sandiwara boneka komedi : Sandiwara boneka yang menceritakan kelucuan
  3. Drama Tragekomedi : Perpaduan antara drama komedi dan sandiwara radio tragedi
  4. Sandiwara radio opera : Drama yang dialognya dinyanyikan dan diiringi dengan musik
  5. Drama melodrama : Drama yang dialognya ducapkan dan diiringi dengan musik
  6. Drama farce : Drama nan menyerupai dagelan, akan semata-mata tidak sepenuhnya drama tersebut seperti mana sandiwara bangsawan
  7. Sandiwara tradisional tablo : Jenis drama yang lebih menonjolkan gerak, para pemainnya tidak menyabdakan suatu dialogpun, namun dengan melakukan berbagai persuasi.
  8. Drama sendratari : Gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Berdasarkan berpunca kendaraan pementasannya, sandiwara boneka dibagi menjadi 6 jenis yaitu :

  1. Sandiwara radio arena : Drama yang sepenuhnya dimainkan di atas panggung.
  2. Drama radio : Sandiwara radio ini tidak bisa dilihat, akan tetapi namun dapat di dengarkan maka dari itu penikmatnya saja dengan melangkaui radio.
  3. Sandiwara tradisional televisi : Drama ini dimainkan diatas palagan, akan tetapi karena kita hanya bisa menyaksikannya melintasi televisi, maka tidak dapat diraba.
  4. Drama bioskop : Sandiwara tradisional film memperalat media layar bogok dan biasanya dipertunjukkan di sinema.
  5. Drama wayang : Drama ini di iringi maka dari itu pagelaran wayang patung.

Berdasarkan ada alias bukan adanya naskah dagelan, drama dapat dibedakan menjadi 2 diversifikasi, yaitu :

  1. Drama modern : Sandiwara yang menunggangi skrip
  2. Drama tradisional : Drama yang tidak menggunakan skrip


Unsur Partikel Dagelan


Naskah Drama Singkat
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan mengenai atom-anasir sandiwara tradisional :

  • Tema adalah ide daya alias sebuah gagasan utama yang terdapat dalam cerita drama.
  • Alur, yakni jalannya cerita sandiwara radio berasal pertunjukkan dimulai sebatas radu.
  • Pelopor drama terdiri atas tokoh utama dan dedengkot kepercayaan.
  • Watak adalah perilaku nan diperankan maka dari itu induk bala drama. Terdiri bermula watak bandingan dan watak protagonis.
  • Latar merupakan paparan arena, waktu, serta kondisi nan terjadi di intern kisah drama yang sedang berlangsung.
  • Pesiaran, yaitu pesan nan disampaikan dari pengarang kepada seluruh penonton. Amanat dalam sandiwara boneka disampaikan dengan melalui peran tokoh di dalam drama tersebut.


Ciri Ciri Teks Sandiwara bangsawan


Naskah Drama Komedi
500px.com

Berikut ini adalah penjelasan tentang ciri ciri pustaka drama :

  1. Seluruh cerita drama berbentuk dialog, entah itu tokoh dan pun naratornya. Inilah ciri terdahulu dalam skrip dialog, semua ucapan harus ditulis privat bentuk teks.
  2. Dialog dalam drama tidak memperalat sonder petik. Hal ini dikarenakan dialog sandiwara boneka bukan sebuah kalimat langsung. Oleh karena itu, skenario drama sendiri seharusnya lain menggunakan tanda petik.
  3. Skenario drama dilengkapi dengan sebuah nubuat nan harus dilakukan pada tokoh pemeran nan bersangkutan. Petunjuk tersebut boleh ditulis internal tanda kurung alias boleh juga dengan menggunakan spesies leter yang berbeda dengan huruf yang lainnya.
  4. Naskah drama terwalak diatas dialog atau disamping dialog.


Eksemplar Tulisan tangan Sandiwara boneka Pendek Dimainkan 6 Orang



Skenario

N domestik skrip sandiwara boneka ini pemainnya berjumlah 6 khalayak. Sandiwara tradisional ini membualkan setumpuk bujang nan dari dari anak bini nan suntuk kaya yang tidak mementingkan perasaan orang tak dan besar perut menganggap materi ialah apa-galanya. Berikut ini merupakan alur dari skenario drama tersebut :


Tema

Khasiat mulai sejak Sebuah Atma


Ritme

1. Eksposisi :

  • Tommy
  • Brandon
  • Anna
  • Elsa
  • Helen
  • Ivan

2. Permasalahan

Brandon, Anna, Tommy, dan Ivan menyingkirkan Elsa dengan sekehendaknya bersumber gadis tersebut jatuh miskin.

3. Komplikasi

Elsa berencana buat binasakan diri karena basyar tuanya bangkrut dan teman-temannya meninggalkan dirinya begitu namun.

4. Catatan 1

Anna dan Ivan sering sekali menyakiti hati Elsa dengan perkataan mereka.

5. Karangan 2

Helen, adalah kakak papan bawah Elsa, berbangga bagi memaafkan mereka dan itu membuat mereka menyadari atas kesalahan yang mereka perbuat.


Karakter

  • Brandon (Antitesis)
  • Helen (Prontagonis)
  • Ivan (Antiwirawan)
  • Elsa (Tritagonis)
  • Tommy (Tritagonis)
  • Anna (Tritagonis)


Permukaan

  • Palagan : Cafe dan rumah sakit
  • Hari : Siang masa


Contoh Naskah Sandiwara radio Komedi Dimainkan 5 Individu


Sandiwara radio biasanya diambil berbunga peristiwa yang lampau mungkin terjadi di dalam hayat sehari-perian. Drama tidak berkarakter fiksi sama dengan cerita-cerita yang terdapat dalam novel dan sebagainya. Nah, sebelum kita ke skrip dramanya, kita akan menjelaskan terlebih silam mengenai beberapa tokoh yang terlibat di dalam drama ini. Diantaranya adalah perumpamaan berikut :

    • Rio      : Banyak akal, pandai mengeles , dan pembohong level akut.
    • Asep    : Sangar, tegas, dan emosional
    • Renata : Kepo, pembahas, cerewet, dan puitis yang dipaksakan.
    • Renal   : Semuanya di radiks standar
    • Ririn    : Berisi, loyalitas, majuh, dan baik hati


Model Naskah Dagelan Pertemanan Dimainkan 6  Orang


Berikut ini kita akan memberikan teladan skenario drama persahabatan nan dimainkan maka dari itu 7 khalayak. Sebelum kita melihat teksnya, malar-malar dahulu kita akan menjelaskan tentang partikel intrinsiknya.


Tema

Persahabatan


Judul

Musuh Menjadi Sahabat


Alur

Silsilah nan digunakan adalah alur maju


Meres Arena

Latar panggung yang digunakan cafe, warung kopi kampus, kelas, dan ruangan bibliotek.


Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan pagi, siang, dan sore.


Kabar

Amanat yang terkandung di dalam drama ini yaitu kadang kala seseorang nan mengamalkan perbuatan yang tidak baik bisa dibalas dengan perbuatan nan baik. Hal itu dikarenakan semua perbuatan yang virulen akan menjadi pelajaran bakal dirinya sendiri bagi nan melakukannya.

    • Rika : Baik , Pendiem , Kampiun beladiri ( Mita )
    • Eca : Jutek dan Jail ( Resa )
    • Kara : Jail  dan Cuek , Tomboy ( Zahra )
    • Mario : Jail  dan Asik  . ( Fahri )
    • Amanda : Demap dan Baik ( Aulidia )
    • Roy : Baik dan Gegares . ( Aji )
    • Jony : Jahat ,  Jail dan Pintar . ( Sony )


Transendental Naskah Drama Singkat Perkawanan Dimainkan 7 Sosok


Dalam proses pembuatan skenario drama membutuhkan ketelitian privat memberikan cerita yang jelas dan boleh mudah dipahami maka itu setiap manusia yang melihatnya. Selain itu juga membutuhkan ilmu tentang cara lakukan mengungkapkannya. Kiranya nantinya menjadi sebuah drama nan utuh dan legit untuk dibaca dan ditonton ketika dipentaskan lakukan dilihat oleh banyak manusia.

Kali ini kita akan memberikan contoh naskah drama singkat tentang persahabatan yang dimainkan oleh 7 orang anak tonsil. Tokoh intern sandiwara radio ini memiliki budi yang berbeda-beda dan memiliki peran tertentu yang membangun narasi ini secara keseluruhan yang utuh. Selain itu drama ini sekali lagi merupakan narasi seorang wanita yang berusaha keras bekerja bakal boleh membantu ibunya yang sedang terlilit hutan di sebuah bank di desanya.

Sebelum kita meluluk naskah dramanya, kita akan menguraikan terlebih lampau akan halnya skenario dramanya. Berikut ini adalah ulasannya :


Tema

Nilai Perjuangan


Ritma

1. Eksposisi

  • Nona
  • Rista
  • Gilang
  • Sinta
  • Intan
  • Rudi
  • Bayu

2. Permasalahan

Amoi berusaha berkanjang untuk pindah pekerjaan nan memberikan gaji yang lebih besar bagi kondusif ibunya yang sedang kelilit hutang di bank desanya.

3. Komplikasi

Gilang ingin pemudi tetap menjadi karyawan di tokonya sepatutnya ia tidak keteteran bikin mencarikaryawan baru yang tidak serajin Gadis.

4. Catatan 1

Gilang meminta uluran tangan kepada Bayu bakal membuat Upik kesulitan mencari pekerjaan yang baru.

5. Catatan 2

Rista ingin membantu Perempuan cak bagi segera mendapatkan pekerjaan nan bau kencur dengan gaji yang lebih besar.

6. Kesimpulan

Gadis berjuang gentur yang sreg kesudahannya ia mendapatkan sebuah pekerjaan yang bisa mendukung untuk melunaskan hutang-hutang ibunya.


Karakter

  • Tokoh utama : Upik
  • Antagonis : Gilang
  • Tritagonis : Rista
  • Figuran : Sinta, Intan, Bayu, Rudi


Meres

Drama ini menggunakan bidang tempat di kondominium Rista dan waktunya di burit tahun.



Paradigma Tulisan tangan Drama Lucu




Contoh Naskah Drama Kisah Rakyat



Contoh Skrip Sandiwara Bahasa Jawa


Konseptual Skenario Drama Romantis

Plong satu siang di taman sekolah Reno dan Reni sedang duduk bercerai.

Reno   : “Reni, jangan terlalu lama duduk di kursi itu, pindah kesini cuma dekat saya”

Reni    : “Memangnya kenapa?”

Reno   : “Mengalir perlahan-lahan beliau dikerubutin semut, soalnya kamu manis… Kamu itu seperti spatula.”

Reni    : “Kok bisa?”

Reno   : “Karena dia terus mengacau-aduk perasaanku. Maaf ya, belakangan ini tanganku agak kasar.”

Reni    : “Gak apa apa kok. Memangnya kenapa?”

Reno   : “Soalnya tiap pulang sekolah aku jadi buruh kasar.”

Reni    : “Yang benar? Dimana?”

Reno   : “Di lever kamu Ren, aku menengah membangun istana majuh kita berdua. Oiya Ren, kenapa kita cuma bisa ngelihat pelangi secebis doang?”

Reni    : “Bukan tau. Kenapa emang?”

Reno   : “Soalnya setengahnya lagi ada di indra penglihatan kamu. Eh Ren, aku dapat pinjam flashdisk kamu gak?”

Reni    : “Boleh boleh. Ingin kerjakan apa?”

Reno   : “Bikin transfer hatiku ke hatimu.”

Kemudian giring-giring jenama masuk inferior berbunyi

Reni    : “Lho, mau kemana?”

Reno   : “Udahan dulu ya. Bel timbrung telah bunyi.”

Reni    : “Ok.”

Contoh Skenario Drama Teater

Dialog antara koteng ibu dan anak gadisnya pada satu senja hari

Anak Gadis : “Bu, aku harap Ibu tidak kisahan apa-apa pun tentang ayah.”

Ibu                : “Memangnya kenapa, Sayang?”

Anak Gadis : “Karena ayah lain pernah datang. Dan sepertinya memang lain akan gabungan nomplok.”

Ibu                : “Ayahmu sudah berjanji akan datang saat senja”

Anak Dayang : “Sudah lalu tak terhitung total burit nan kita lalui Bu. Di sini, di ajang ini. Dari suntuk sejak aku masih dalam rezeki hinggi kini, namun ayah enggak datang kembali.”

Ibu                : “Ayahmu hamba allah yang baik. Ia pasti akan nomplok lakukan menepati janjinya.”

Anak Amoi : “Terus kenapa ayah berikrar akan cak bertengger saat senja? Kenapa tidak pagi hari maupun siang?”

Ibu                : “Karena senja bukanlah intiha. Ia merupakan purwa sebuah perian.”

Anak Pemudi : “Ahhh, sudahlah. Aku tidak memafhumi maksud congor Ibu.”

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian sandiwara tradisional, jenis-spesies sandiwara boneka, anasir-unsur drama dan contoh naskah ketoprak.

  • Naskah sandiwara bangsawan singkat
  • Naskah drama kelucuan
  • Skrip drama 5 individu
  • Naskah drama 6 makhluk
  • Naskah sandiwara pertemanan
  • Naskah drama lucu
  • Skenario drama sumir
  • Naskah drama narasi rakyat
  • Naskah sandiwara bangsawan bahasa jawa
  • Skrip sandiwara boneka 7 insan
  • Naskah drama 4 orang

Source: https://sahabatnesia.com/contoh-teks-naskah-drama/