Okulasi Adalah Pembibitan Dengan Cara

Pembibitan atau pembuatan ekstrak lengkeng dapat dilakukan dengan 2 cara merupakan pembibitan secara vegetatif seperti cangkok, grafting dan okulasi, dan juga pembibitan secara generatif adalah menunggangi biji.

Sreg artikel siapa ini akan kita ulas mengenai cara pembibitan kelengkeng secara generatif atau berasal angka.

Bibit kelengkeng hasil pembibitan dari biji ini biasanya makanya para pembudidaya digunakan sebagai batang bawah intern pembibitan tumbuhan secara vegetatif seperti grafting/hubung pucuk dan okulasi. Alasannya karena jika sari hasil persemaian angka langsung ditanam tanpa perlakuan grafting atau okulasi memiliki sejumlah kekurangan diantaranya ialah waktu berhasil yang layak lama, pohon tumbuh tahapan dan kualitas dan total biji kemaluan nan dihasilkan bisa melayang berpokok pohon induknya.

Tentang cara pembibitan kelengkeng berpunca skor selengkapnya adalah sebagai berikut.

TAHAP Langkah BENIH

Awalan pertama siapkan benih berupa ponten leci yang boleh ia dapatkan dari biji pelir yang ia beli di pasar, pisahkan biji dari daging buahnya. Kemudian bersihkan biji pecah cirit-sisa daging biji zakar dengan cara mencucinya.

Rendam nilai kelengkeng ke internal larutan ZPT alami yaitu aktual hancuran bawang sirah selama beberapa momen, caranya yaitu dengan menyenggol bawang ahmar dan mencampurkannya dengan air. Fungsi ZPT alami bawang merah ini yakni bikin merangsang tumbuhnya akar dan perkecambahan biji kelengkeng.

TAHAP PERSIAPAN MEDIA PERSEMAIAN

Alat angkut persemaian biji kelengkeng seimbang dengan wahana persemaian benih pada umumnya merupakan nyata campuran tanah, serat kandang/pupuk hijau dan arang sekam dengan proporsi 1:1:1 kemudian campurkan hingga merata. Masukkan media tersebut ke dalam polybag atau pot dan siram sebatas sopan-etis basah.

TAHAP PENYEMAIAN BIJI

Tanam angka ke dalam polybag dengan posisi kencong atau bagian kalis nan melekat dengan daging biji zakar berada di samping, kemudian tutup dengan tanah lumat tipis sekadar, letakkan persemaian pada tempat teduh.

Agar pertumbuhan biji boleh maksimal, tutup maupun sungkup pot/polybag persemaian menggunakan plastik. Senyatanya walaupun sonder disungkup biji akan loyal dapat tumbuh, akan tetapi persemaian nan disungkup pertumbuhan bibitnya lebih optimal.

Sehabis persemaian berumur 2 minggu biasanya benih sudah bertaruk dan mengeluarkan beberapa helai daun.

Letakkan bibit yang telah tumbuh dari hasil persemaian tersebut pada tempat yang terkena sinar syamsu pagi agar pertumbuhan batang dan cagak kian optimal dan  lebih kuat.

Demikian ulasan mengenai Cara Pembibitan Lengkeng yang bisa engkau praktekkan koteng, semoga artikel ini dapat membusut wawasan dan berarti untuk anda.

Andi Dwi Sartika, S.ST (PPL Kab. Bone)

Source: http://www.cybex.pertanian.go.id/artikel/92626/cara-pembibitan-kelengkeng/

Posted by: caribes.net