Pelajaran Bahasa Arab Kelas 5

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur hanya properti Allah SWT yang mutakadim menganugerahkan hidayah, taufiq dan inayah sehingga proses penulisan pusat bacaan kursus PAI dan bahasa Arab pada madrasah ini dapat diselesaikan. Shalawat serta salam semoga tercurah keharibaan Rasulullah SAW. Amin.
Seiring dengan terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2022 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab puas Madrasah, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan buku teks pelajaran. Buku teks tutorial PAI dan Bahasa Arab pada madrasah terdiri dari; al-Qur’an Hadis, Akidah Budi pekerti, Fikih, SKI dan Bahasa Arab cak bagi jenjang Laksa, MTs dan MA/ MAK semua peminatan. Keperluan bikin MA Peminatan Keyakinan diterbitkan gerendel Tafsir, Sabda, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadit, Ushul Fikih, Ilmu tauhid, Tata krama Tasawuf dan Bahasa Arab beradat Indonesia, padahal bikin peminatan keagamaan khusus pada MA Program Keagamaan (MAPK) diterbitkan dengan memperalat Bahasa Arab.
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan komuniskasi di era global mengalami pertukaran yang lampau cepat dan sulit diprediksi. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah harus bisa mengantisipasi cepatnya pertukaran tersebut di samping menjalankan mandat mewariskan budaya-karakter bangsa dan skor-nilai kesusilaan puas peserta didik. Dengan demikian, generasi taruna akan memiliki kepribadian, berwatak awet dan bukan tercerabut berpangkal akar budaya bangsa namun tetap bisa menjadi aktor di zamannya.
Pengembangan kiat teks ain pelajaran pada madrasah tersebut di atas diarahkan untuk bukan sekedar membekali pemahaman keagamaan yang komprehensif dan moderat, semata-mata juga mendahului proses internalisasi nilai keagamaan pada petatar didik. Buku mata tuntunan PAI dan Bahasa Arab ini diharapkan mampu menjadi acuan cara berfikir, bersikap dan main-main dalam roh sehari-tahun, yang selanjutnya berlambak ditrasnformasikan pada spirit sosial-masyarakat dalam konteks berbangsa dan bernegara.
Pemahaman Selam yang moderat dan penerapan ponten-nilai keagamaan dalam kurikulum PAI di madrasah bukan boleh izin berpunca konteks hayat berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila, berkonstitusi UUD 1945 dalam kerangka memperkokoh Negara Keesaan Republik Indonesia yang Bhinneka Spesial Eka. Guru andai ujung tombak implementasi kurikulum harus makmur mengejawanantahkan prinsip tersebut dalam proses pembelajaran dan interaksi pendidikan di mileu madrasah.
Kurikulum dan buku teks pelajaran merupakan tembusan hidup. Sebagai manuskrip hidup memiliki fleksibilitas, memungkinkan disempurnakan sesuai permohonan zaman dan imlementasinya akan terus berkembang menerobos kreatifitas dan inovasi para temperatur. Jika ditemukan kekurangan maka harus diklarifikasi kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI c.q. Direktorat Kurikulum Media Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) kerjakan disempurnakan.
Daya referensi pelajaran PAI dan Bahasa Arab nan diterbitkan Kementerian Agama merupakan buku wajib kerjakan petatar didik dan pendidik dalam melaksanakan penataran di Madrasah. Mudahmudahan ilmu berkah dan manfaat perlu kerelaan internal proses penelaahan, kekeluargaan guru dengan murid didik dibangun dengan pemberian belalah dalam nikah mahabbah fillah, diorientasikan buat kebaikan marcapada serempak di akhirat kelak.
Jadinya mulut syukur disampaikan kepada semua pihak nan terlibat kerumahtanggaan penyusunan atau penerbitan pokok ini. Mudahmudahan Allah SWT memberikan fahala yang enggak akan terputus, dan hendaknya pokok ini tekun berkah-kemujaraban bikin Agama, Nusa dan Nasion. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.
Jakarta, Desember 2022
Diretur Jenderal Pendidikan Islam


Kamaruddin Amin

Source: https://sikurma.kemenag.go.id/portal/Buku/detail/cXppNGFrQ21KZEExdUZMQ2ptUGpodz09OmJUUmtjalJ6TkdoaU1YTTBaREJ1T1E9PQ